Raih Beasiswa & Jadi Data Analyst untuk Petinggi Perusahaan di Indonesia

Ragam Tugas & Tanggung Jawab Data Scientist 2022

Belajar Data Science di Rumah 20-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f53947de929e4eaeb9a651f4156b643f_x_Thumbnail800.jpg

Istilah data scientist tentunya sudah tidak asing lagi di dalam dunia data. Bahkan saat ini seiring dengan perkembangan teknologi dan era digital profesi data scientist semakin dikenal. Data scientist sering dikenal dengan seseorang yang bertugas menganalisis data. Perlu diketahui pula bahwa tugas data scientist pun sangat beragam tidak hanya menganalisis data saja akan tetapi menyiapkan infrastruktur data, menggunakan bahasa pemrograman, melakukan penelitian, melakukan visualisasi data, dan masih banyak lainnya.


Data scientist kini termasuk ke dalam profesi yang paling banyak dicari. Mungkin sebagian orang masih ada yang belum mengerti terkait profesi ini dikarenakan profesi ini termasuk ke dalam profesi yang bekerja dibalik layar kecanggihan teknologi yang sering kita gunakan dalam keseharian. Gaji dan jenjang karir yang ditawarkan untuk profesi ini juga cukup menjanjikan loh! Namun tugas dan tanggung jawab serta skill yang perlu dikuasai tentunya juga sebanding. Ingin tahu lebih lanjut terkait tugas serta tanggung jawab data scientist? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Menganalisis Data 

Seperti yang telah kita ketahui pada umumnya, tugas penting data scientist adalah menganalisis data. Proses analisis data ini mengubah data yang awalnya belum berarti menjadi sebuah informasi. Hasil analisis data tersebut nantinya akan digunakan sebagai dasar pertimbangan pemilik bisnis untuk membuat keputusan. Hasil analisis data juga dapat menjawab berbagai permasalahan data yang diperlukan. Dalam menganalisis data terdapat berbagai langkah yang dapat diterapkan antara lain mengumpulkan data, menyeleksi data, proses coding dan penyajian data.


Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menyiapkan Infrastruktur Data

Data merupakan salah satu komponen penting dalam keseharian kita. Namun seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini ketersediaan data sangatlah berlimpah sampai muncullah istilah big data. Bahkan data saat ini tidak hanya tersedia secara manual saja melainkan banyak tersedia secara digital. Seiring dengan berkembangnya data serta kebutuhan data yang sangat banyak maka perlu dipersiapkan infrastruktur data yang baik. Dengan menyiapkan infrastruktur yang baik maka akan memudahkan data scientist dalam proses analisis data.


Data Scientist


3. Melakukan Penelitian

Melakukan penelitian merupakan salah satu tugas data scientist yang perlu dilakukan. Saat ini perkembangan ilmu yang ada selalu update sehingga data scientist pun jangan sampai ketinggalan dengan perkembangan data terkait. Semakin hari permasalahan data semakin beragam. Dengan demikian perlu ada penyesuaian diri terhadap permasalahan baru dengan teknik yang ada. Oleh karena itu data scientist perlu melakukan riset dan penelitian agar dapat menentukan solusi dari permasalahan data.


Data Scientist


4. Visualisasi Data

Setelah selesai melakukan proses analisis data, tentunya akan diperoleh kesimpulan hasil analisis. Hasil analisis data tersebut perlu dikemas dengan tampilan yang menarik dan mudah dimengerti. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dengan tidak semua pembaca hasil analisis akan mengerti dengan ‘bahasa data’ yang monoton. Oleh karena itu perlu dilakukan proses visualisasi data, yaitu menampilkan hasil analisis data dengan bentuk visual bisa melalui grafik, diagram, peta, maupun lainnya.


Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Untuk menjadi seorang data scientist diperlukan kemampuan yang sesuai. Beberapa skill data scientist tersebut tentunya akan sangat berguna dalam menjalankan tugas serta tanggung jawab kedepannya. Ingin mencoba belajar menjadi data scientist dari dasar? Langsung saja coba di DQLab yang menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :