Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Ragam Tugas Data Analyst di Ranah Ekspedisi

Belajar Data Science di Rumah 30-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-03-2024-03-30-101734_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst merupakan profesi yang versatile karena bisa dibawa ke berbagai sektor industri dengan keahlian yang relevan. Kemampuan mereka dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data membuat posisi data analyst sangat dicari di berbagai bidang, tidak terkecuali industri ekspedisi. Menjelang lebaran, tenaga tenaga data analyst di industri ekspedisi cenderung meningkat secara signifikan.


Hal ini disebabkan oleh kompleksitas dan volume besar data yang harus dikelola serta kebutuhan akan analisis yang cepat dan akurat untuk mengambil keputusan strategis dalam menghadapi tantangan musiman seperti lonjakan permintaan menuju Idul Fitri


Data analyst yang berkualitas mampu membantu perusahaan ekspedisi mengidentifikasi pola-pola penting dalam data, memberikan wawasan yang berharga mengenai tren pasar dan kebutuhan pelanggan, serta membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan cepat.


Dengan menerapkan teknik-teknik analisis data yang canggih dan menggunakan alat-alat seperti machine learning dan data visualization, data analyst dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Kali ini, kita akan membahas tentang ragam tugas data analyst di ranah ekspedisi. Simak yuk sahabat DQLab!


1. Analisis Permintaan dan Persediaan

Salah satu tugas utama seorang data analyst dalam industri ekspedisi menjelang Lebaran adalah menganalisis pola permintaan dan persediaan barang. Dengan menggunakan teknik-teknik analisis data seperti time series forecasting dan predictive modeling, data analyst dapat membantu perusahaan ekspedisi untuk mengantisipasi lonjakan permintaan barang tertentu serta menentukan kebutuhan persediaan yang tepat.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Optimalisasi Rute Pengiriman

Mengelola rute pengiriman merupakan aspek penting dalam industri ekspedisi. Data analyst bertanggung jawab untuk menganalisis data geospasial, lalu lintas, dan faktor-faktor lainnya untuk mengidentifikasi rute pengiriman yang paling efisien. Dengan demikian, perusahaan ekspedisi dapat menghemat waktu dan biaya dalam proses pengiriman barang.


3. Prediksi Ketersediaan Tenaga Kerja

Di tengah lonjakan aktivitas ekspedisi menjelang Lebaran, ketersediaan tenaga kerja menjadi faktor krusial. Data analyst dapat memanfaatkan data historis dan algoritma machine learning untuk memprediksi tingkat ketersediaan tenaga kerja pada waktu-waktu tertentu. Informasi ini kemudian dapat digunakan oleh manajemen untuk merencanakan jadwal kerja dengan lebih efektif.


4. Pemantauan Kinerja Operasional

Selain itu, data analyst juga bertugas untuk memantau kinerja operasional secara real-time. Dengan memanfaatkan dashboard dan sistem analitik yang canggih, mereka dapat mengidentifikasi anomali atau masalah potensial dalam proses ekspedisi. Tindakan korektif dapat segera diambil untuk memastikan kelancaran operasional.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Analisis Kepuasan Pelanggan

Aspek terakhir yang tidak kalah penting adalah analisis kepuasan pelanggan. Data analyst mengumpulkan dan menganalisis umpan balik dari pelanggan untuk mengevaluasi kualitas layanan ekspedisi. Informasi ini digunakan untuk menyusun strategi perbaikan dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.


Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran seorang data analyst dalam industri ekspedisi menjelang Lebaran sangatlah vital. Melalui analisis data yang cermat, mereka membantu perusahaan ekspedisi untuk mengoptimalkan operasional mereka, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebagai garda terdepan dalam pemanfaatan teknologi dan analisis data, data analyst memainkan peran kunci dalam memastikan kelancaran arus distribusi barang-barang kebutuhan masyarakat pada momen penting seperti Lebaran.


Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login