PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 4 Menit 2 Detik

Ragam Tugas Data Scientist yang Perlu Dikuasai

Belajar Data Science di Rumah 29-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-02-2024-01-29-161028_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah suatu profesi yang bekerja di bidang data science. Data science ini adalah bidang yang berkaitan dengan pengumpulan, pemrosesan, analisis, dan juga interpretasi data untuk bisa mendapatkan sebuah wawasan dan juga mendukung pengambilan keputusan. Profesi data scientist ini dapat memanfaatkan metode ilmiah, teknik statistik dan juga algoritma machine learning untuk mengeksplorasi data dan juga membuat model prediktif.


Data scientist dapat memberikan wawasan yang memiliki nilai dan juga mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dan juga menggunakan data secara efektif untuk mengoptimalkan bisnis. Maka dari itu, peran dan tanggung jawab data scientist menjadi sangatlah penting. Tanggung jawab data scientist ini memiliki beberapa aspek yang penting, apa sajakah itu? Yuk kita lihat pembahasan di bawah ini!


1. Mengumpulkan dan Memproses Data

Data scientist memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengumpulkan data dari berbagai macam sumber yang relevan dengan tujuan analisis. Seorang data scientist juga harus mampu melakukan pemeriksaan kualitas data untuk bisa memastikan data yang dikumpulkan akurat, lengkap, dan tidak mengandung kesalahan. Pemrosesan data ini melibatkan pembersihan data dari data yang tidak valid, lalu mentransformasikan data tersebut menjadi format yang cocok untuk analisis lebih lanjut.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis Data dan Model

Data scientist biasanya melakukan analisis data menggunakan teknik statistik dan juga matematika. Seorang data scientist juga mengembangkan model prediktif, menerapkan algoritma machine learning dan juga menggunakan teknik data mining untuk bisa mengidentifikasikan pola dan juga tren yang relevan dengan data. Tujuannya adalah untuk bisa mendapatkan informasi baru dan bias mendukung pengambilan keputusan yang informasional.


3. Memiliki Tanggung Jawab Terhadap Data Perusahaan

Data scientist disini memiliki peran untuk mempersiapkan infrastruktur data yang baik dari data konsumen, penjualan, maupun dari statistik website perusahaan. Mereka mampu menyiapkan infrastruktur data perusahaan dengan baik. Perusahaan juga akan mencari seorang data scientist dan data engineer untuk bisa melaksanakan tanggung jawab ini, karena infrastruktur data yang diinginkan pasti dengan struktur data yang lebih baik, dan juga kemudahan akses serta kemudahan dalam melakukan analisis datanya.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Kerjasama Tim

Data scientist ini pasti akan lebih sering bekerja di dalam tim yang terdiri dari berbagai profesional lainnya seperti data analyst dan juga data engineer. Mereka akan berkolaborasi dalam memecahkan masalah yang kompleks dan mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Komunikasi yang efektif dan juga kemampuan berkolaborasi dengan baik adalah salah satu skill yang sangat penting bagi seorang data scientist. 


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Nggak usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login