DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 17 Menit : 9 Detik

Bermula Sebagai Freelancer Graphics Designer, Raynaldo Mantapkan Diri Beralih Profesi Sebagai Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 19-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5efa9fa3e749fb4c4f3e87f419f25e6c_x_Thumbnail800.jpg

Raynaldo Christian Ratungalo menjadi salah satu orang yang membuktikan bahwa siapa pun bisa berkarir di bidang Data Science, tanpa membutuhkan background pendidikan tertentu. Terlebih, Raynaldo yang semula menjalani profesi sebagai freelancer Graphics Designer, kini beralih profesi sebagai Data Engineer di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang IT, Phincon.


Raynaldo mengungkapkan ketertarikannya dengan Data Science bermula saat ia mengikuti event yang diselenggarakan oleh DQLab. “Karena Event DQLab yang saat itu speakernya Mas Ikhlas sebagai Data Engineer, event itu memotivasi saya untuk semakin yakin berkarir sebagai Data Engineer.” Kata Raynaldo.


Penasaran dengan kisah Raynaldo yang memutuskan beralih profesi sebagai Data Engineer? Yuk, kita simak artikel selengkapnya!


1. Pentingnya Pemahaman SQL bagi Data Engineer

Untuk bisa menjadi seorang Data Engineer yang berkompeten seperti saat ini banyak yang sudah dilalui Raynaldo. Salah satunya adalah memiliki pemahaman mengenai SQL. Menurut Raynaldo, SQL penting dipelajari oleh setiap calon Data Engineer, karena SQL merupakan salah satu pondasi dari proses pengolahan data. Selain SQL, ia juga mengatakan pentingnya untuk menguasai dasar-dasar Query. “Sebagai Data Engineer saya memiliki bekal bagaimana mendapatkan data dan bagaimana membersihkannya.” Ungkapnya.


Baca juga : Mulai Belajar Data Analyst dengan SQL, Yuk!


2. Mengikuti Serangkaian Challenge SQL

Sebelum akhirnya memutuskan diri sebagai Data Engineer, Raynaldo sudah terlebih dulu bergabung bersama DQLab, salah satu platform edukasi Data Science online. Di beberapa waktu tertentu, DQLab sudah beberapa kali mengadakan challenge yang ditujukan kepada para membernya, termasuk salah satunya yang diikuti oleh Raynaldo. “Challenge SQL yang tersedia di DQLab sangat membantu saya, karena saya dapat belajar langsung studi kasus nyata di Industri dan memang sangat berguna sekali bagi saya yang baru berkarir menjadi Data Engineer.” Raynaldo menambahkan.


3. Intip Tips Raynaldo Bagi Kamu yang Ingin berkarir sebagai Data Engineer

Meski kini sudah sukses berkarir sebagai Data Engineer, Raynaldo tak mau jika hanya ia seorang yang bisa meraih kesuksesan. Baginya, semua orang juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa sama-sama menggapai impian berkarir di industri data. Raynaldo memiliki beberapa tips yang mungkin bisa kamu ikuti ya, Sobat Data! 


Pertama, kamu harus memiliki fundamental logic dan critical thinking. Keduanya akan sangat membantu saat kamu saat menemukan masalah dalam bisnis perusahaan. Kedua,  perbanyak latihan real case, seperti yang tersedia di DQLab. Dengan terus perbanyak latihan real case, akan semakin membuat kamu terbiasa dengan apa yang nantinya kemungkinan akan terjadi di lapangan, dan jangan lupa untuk mengikuti challenge yang diadakan DQLab. Terakhir adalah selain menguasai SQL kamu juga perlu untuk mempelajari Python sebagai penunjang tools terkait data cleansing. 


Baca juga : Dongkrak Karir di Era Pandemi, Rizky Halawi Selalu Meningkatkan Kompetensi Data Science-nya!


4. Berniat untuk Alih Profesi seperti Raynaldo? Yuk, Belajar Data Science bersama DQLab!

Terbuktikan kalau Data Science terbuka bagi siapa saja tanpa memandang latar pendidikan kamu? Ayo ikuti jejak langkah Raynaldo kuasai Ilmu Data Science dengan belajar bersama di DQLab. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!