DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 53 Menit 24 Detik 

Rekomendasi Aplikasi Statistik Idaman Peneliti Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 17-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/61a08b88352aed98bc372da6b42b59c2_x_Thumbnail800.jpg

Dalam pengolahan data seringkali kita dikenalkan dengan berbagai jenis aplikasi analisis statistik. Analisis statistik dapat memudahkan mereka dengan memperoleh angka konklusif yang dapat membantu pemasar mengambil keputusan penting. Itulah mengapa statistik penting untuk membuat keputusan bisnis. Namun, mengumpulkan data dan menganalisisnya untuk memperoleh kesimpulan statistik bukanlah tugas yang mudah. Untungnya, ada teknologi untuk memberikan bantuan kepada bisnis masa kini. Ada perangkat lunak yang dapat menganalisis sejumlah besar data untuk hasil akhir. Software analisis statistik merupakan software yang mampu mengintegrasikan, menganalisis, dan menafsirkan sejumlah besar data dalam kerangka kerja statistik. Ini dapat menerapkan beberapa uji statistik dan mengkategorikan data untuk menemukan informasi yang unik. Software statistik dapat membandingkan dua atau lebih tipe data untuk menemukan persamaan atau variasi statistik. Perangkat lunak statistik sebagian besar digunakan dalam penelitian kuantitatif untuk analisis data. Perangkat lunak statistik memiliki fitur untuk memerangi kesalahan statistik umum yang terkait dengan analisis data kategorik. Dengan data kategorik, pemasar mungkin tidak menemukan informasi relevan yang diperlukan untuk mengambil keputusan.


Saat ini, banyak sekali ragam aplikasi yang bisa dijadikan rekomendasi untuk menghasilkan hasil penelitian dari data yang telah kita olah. Inilah yang mungkin menjadi alasan bagi banyak orang kerap lebih memilih untuk menggunakan analisis statistik. Hal ini dikarenakan Untuk menghindari ketidakakuratan data dan menghemat waktu, peneliti biasanya mengandalkan aplikasi yang mampu melakukan analisis statistik sebagai bantuannya Perangkat lunak ini membantu manajer menghemat banyak waktu dan juga membuat prosesnya mudah bagi mereka. Menerapkan statistik ke data membutuhkan pemasar untuk melakukan banyak tes pada data untuk hasil akhir. Bagian penerapan, pemrosesan, dan interpretasi tes ini memerlukan perangkat lunak analisis statistik. Penggunaan aplikasi statistik dinilai memiliki banyak sekali keuntungan dalam hal pengolahan data. Termasuk juga untuk keperluan menganalisis suatu fenomena seperti penggunaan data untuk analisis regresi linier, time series dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun perlu diperhatikan bagi sahabat data yang sedang menentukan aplikasi-aplikasi statistik mana yang lebih cocok, artikel ini tentunya akan menjawab keresahan kamu terkait situasi dan kebutuhan aplikasi statistik dalam penelitian. Mari kita cari tahu lebih dalam. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas lebih dalam terkait rekomendasi aplikasi statistik yang menjadi idaman peneliti di bidang data. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi bagi kalian calon praktisi data, peneliti maupun data enthusiast. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1. SPSS

SPSS adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan analisis statistika tingkat lanjut, analisis data dengan algoritma machine learning, analisis string, serta analisis big data yang dapat diintegrasikan untuk membangun platform data analisis. SPSS adalah kependekan dari Statistical Package for the Social Sciences. SPSS sangat populer di kalangan peneliti dan statistikawan untuk membantu melakukan perhitungan terkait analisis data. SPSS menyediakan library untuk perhitungan statistika dengan antarmuka interaktif yang menjadikannya sebagai software analisis data tingkat lanjut paling populer di berbagai universitas, instansi, dan perusahaan. 


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Eviews

EViews adalah program komputer yang digunakan untuk mengolah data statistik dan data ekonometrika. Program ini tersedia dalam versi MS Windows dan Macintosh. EViews merupakan kelanjutan dari MicroTSP, yang dikeluarkan pada tahun 1981. Aplikasi EViews dibuat pertama kali oleh Quantitative Micro Software (QMS) yang berada di Irvine, California, Amerika Serikat. EViews  terbaru sudah sampai ke versi 9.5. EViews sendiri bisa di download di situs resminya http://eviews.com dalam bentuk komersial maupun versi akademik. Versi akademik harganya lebih murah, namun ada batasannya yaitu hanya mampu 1.000 observasi untuk satu data time-series, dan 10.000 data untuk keseluruhannya / total. Ada juga beberapa analisis yang tidak tersedia di versi akademiknya, antara lain ARCH, FIML, GMM, SURE, TSLS, dan pengolahan dengan cara batch tidak tersedia di versi ini.  EViews dapat kita gunakan untuk menyelesaikan masalah yang berbentuk time-series, cross section, maupun data panel


3. LISREL

Lisrel for Windows adalah suatu aplikasi windows yang diperuntukkan untuk suatu perhitungan pemodelan diantaranya Structural Equation Modeling, Multilevel Structural Equation Modeling, Multilevel Linear and Nonlinear Modeling, Formal Inference-based Recursive Modeling dan Generalized Linear Modeling. Selain itu data yang digunakan oleh LISREL dapat berupa file yang diambil dari data eksternal dengan format data SPSS, SAS, STATA, Statistica, Microsoft Excel, SYSTAT dan lain sebagainya yang disimpan oleh LISREL sebagai PRELIS System File (PSF).


4. R-Studio

R adalah sebuah program komputasi statistika dan grafis. Saat ini R sudah dikenal luas sebagai salah satu powerful software untuk analisis data dan Data Science. Tentu saja selain R masih banyak software lain yang juga sering digunakan untuk analisis data, misalnya Python. R dibuat dengan tujuan awal untuk komputasi statistika dan grafis. Awalnya digunakan oleh para ilmuwan dalam riset mereka dan para akademisi. Namun seiring perkembangan teknologi, cakupan kemampuan R sebagai bahasa pemrograman menjadi jauh lebih luas. Anda dapat membuat dan update report rutin menggunakan R Markdown. Anda juga dapat membuat aplikasi web interaktif atau dashboard dengan package shiny. Karena R didesain untuk analisis data dan perkembangan serta kemampuannya mencakup hampir semua lini dalam analisis data, tidak heran saat ini banyak analis data dan ilmuwan data (data scientist) menggunakan R untuk menyelesaikan berbagai masalah mereka. Karena R adalah open source software, hampir semua package yang ada pun dapat digunakan secara bebas. Package adalah kumpulan suatu script yang umumnya berupa function atau data yang dapat digunakan untuk kebutuhan tertentu


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Statistik Asik dan Menarik Cuma Ada di DQLab!

Statistik memegang peranan yang penting dalam penelitian terutama metode penelitian kuantitatif. Statistik berperan baik dalam penyusunan model, perumusan hipotesis, dalam pengembangan alat dan instrumen pengumpulan data, dalam penyusunan desain penelitian, dalam penentuan sampel dan dalam analisis data. Penentuan metode statistik yang tepat akan menghasilkan ketepatan dan akurasi prediksi yang tepat pula. Mempelajari data science bukan hal yang sulit, tetapi juga tidak bisa disepelekan. Sebab, dalam praktiknya sering kali terjadi trial and error. Oleh sebab itu, mempersiapkan diri sebaik mungkin adalah kunci kesuksesan berkarir sebagai praktisi data. Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id atau bisa klik button di bawah ini yap. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Cobain juga free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten!



Penulis: Reyvan Maulid


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!