GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 39 Menit 41 Detik 

Rekomendasi Pelatihan Data Science Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 17-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/94e366e12da5473bfc3bcf53becd5a20_x_Thumbnail800.jpg

Di zaman yang serba modern ini data menjadi suatu variabel yang sangat penting. Bahkan sampai ada yang bilang bahwa “data is the new oil” saking valuable sebuah data di kehidupan kita. Di Indonesia sendiri masih belum banyak pendidikan formal yang dapat memiliki jurusan Data Science. Disebabkan di Indonesia sendiri generasi muda masih belum banyak mengetahui tentang data, bisa jadi karna kurangnya pembelajaran data dari kecil yang membuat sedikitnya ketertarikan untuk meniti karir sebagai ilmuwan data. Oleh karna keadaan tersebut pendidikan non-formal menjadi solusi yang tepat jika Kamu ingin mengembangkan skill Kamu dalam Data Science.


Berdasarkan riset yang dilakukan oleh PriceWaterhouseCoopers (PWC), pada tahun yang akan datang tepatnya pada tahun 2030, diperkirakan sekitar 38% dari semua pekerjaan di Amerika tergantikan oleh Artificial Intelligence. Fakta-fakta ini lah yang membuat semakin pentingnya untuk mempelajari Data Science.


DQLab merupakan salah contoh pendidikan non formal yang bergerak dibidang Data Science. Learning by doing merupakan salah satu metode yang sangat efektif dalam belajar, karna dalam metode ini pelajar di fokuskan untuk lebih giat dalam berinteraksi, berdemonstrasi, bekerja didalam kelompok, dan melakukan kegiatan yang terjadi dilapangan. DQLab juga berbagai pelatihan untuk mengasah skill kamu, antara lain yaitu :


1. Kurikulum yang Sesuai Dengan Lapangan

Kurikulum merupakan salah satu komponen yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum adalah suatu rencana yang dijadikan sebagai pedoman atau pegangan dalam kegiatan proses belajar mengajar. DQlab bekerja sama dengan para praktisi untuk membuat kurikulum yang semirip mungkin saat bekerja di perusahaan seperti :

  • Data Wrangling

    Data wrangling adalah proses membersihkan, penataan, dan memperkaya data mentah ke dalam format yang diinginkan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dan lebih singkat. Data wrangling ini dibutuhkan karna masih banyak perusahaan yang datanya masih berantakan, data kotor, tidak terstruktur, ter duplikat, bahkan ada data yang masih salah.   Data kotor disini maksudnya adalah data yang tidak memiliki format yang sama dan banyak tambahan suffix, affix, dan sebagainya. Data tersebutlah yang membuat data tidak standard dan susah dilakukan analisis otomatis oleh komputer.


  • Data Visualization

    Visualisasi data dipakai untuk mempresentasikan hasil data yang telah dianalisis untuk mempermudah orang awam memahami data tersebut. Tujuan utama dari visualisasi data adalah untuk mengkomunikasikan informasi secara jelas dan efisien kepada pengguna lewat grafik informasi yang dipilih, seperti tabel dan grafik. Visualisasi yang efektif membantu pengguna dalam menganalisis dan penalaran tentang data dan bukti.


  • Matematika dan Statistik

    Sebagai seorang Data Scientist kamu tentunya akan berkutat dengan jutaan data dan yang membuat kemampuan matematika dan statistik sangat diperlukan. Dalam pengolahan data terdapat pengoperasian aljabar, matriks, dan regresi. Jika seorang Data Scientist tidak menguasai ilmu ini pastinya akan menjadi kendala yang sangat besar, karna bukan hanya tidak bisa mengolah data namun kamu juga tidak dapat menginterpretasikan angka ke dalam instrumen data seperti grafik, tabel, dan elemen grafis lainya


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Beragam Jenis Kuis

Dengan adanya kuis ini kamu dapat menerapkan skill yang telah dipelajari selama ini. Kuis juga bisa menjadi metode untuk membuat para pelajar merasa semangat dan juga memberikan tekanan yang mirip dengan kejadian dilapangan saat kamu diberikan tugas oleh atasan. Terdapat beberapa manfaat kuis dalam pembelajaran yaitu :

  • Melatih Berpikir Cepat

    Kemampuan berpikir juga merupakan elemen yang penting dalam dunia pekerjaan. Terkadang kita akan diberikan pilihan yang sulit dengan waktu yang terbatas. Melalui metode ini kuis ini pelajar akan dilatih untuk berpikir cepat.


  • Menumbuhkan Sikap Percaya Diri

    Disaat mengerjakan kuis biasanya dilakukan per individu tentunya Kamu tidak dapat bertukar pendapat dengan temanmu, yang membuat Kamu harus percaya dengan apa yang kamu jawab. Walaupun dalam dunia kerja kita dapat brainstorming dengan rekan kerja tapi Kamu tidak dapat bertukar pendapat kalau Kamu sendiri tidak yakin dengan jawabanmu sendiri. Kuis disini akan melatih para pelajar untuk senantiasa memiliki rasa percaya diri dengan jawaban yang mereka punya yang tentunya memiliki dasar yang kuat.


  • Melatih Berkompetisi Secara Sehat

    Kompetisi merupakan hal yang sangat krusial bagi manusia, karna Kita akan terus mengembangkan diri, namun tentunya kompetisinya pun harus sehat. Dengan adanya kuis ini pelajar akan bersaing untuk mendapatkan nilai yang paling bagus diantara teman-temanya yang tentu akan meningkatkan kualitas dirinya masing-masing.


3. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau sering dikatakan sebagai bahasa komputer, adalah sekumpulan instruksi untuk memerintah komputer agar dapat mengolah data sesuai dengan langkah-langkah penyelesaian yang telah ditentukan oleh programmer. Bahasa pemrograman mempunyai 3 level yaitu :

  • Bahasa Program Tingkat Rendah

    Di dalam bahasa ini berisi instruksi-instruksi menggunakan kode binary yang ditujukan langsung kepada komputer. Kode tersebut langsung diolah oleh komputer tanpa harus melalui proses kompilasi.


  • Bahasa Program Tingkat Menengah

    Di dalam bahasa ini berisi instruksi yang berupa kode mnemonic ADD, SUB, DIV, STOLOD, JMP, dan lain sebagainya. Berbeda dengan dengan level sebelumnya, instruksi ini harus diterjemahkan dahulu kedalam bahasa mesin menggunakan teknik kompilasi.


  • Bahasa Program Tingkat Tinggi

    Berbeda dengan level lainya tingkat ini menggunakan bahasa alamiah yang dimengerti oleh manusia, seperti bahasa inggris atau matematika. Tingkatan ini ada untuk mengatasi kekurangan dari level sebelum-sebelumnya.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Mulai Belajar di DQLab dan Dapatkan Benefit Lainnya!

Mulai belajar bersama DQLab dengan sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif agar kamu siap bersaing di industri nyata.  DQLab siap menemani kamu belajar Data Science secara terstruktur dan sederhana. Bagi kamu yang ingin berkarir sebagai Data Scientist jangan khawatir, karena kamu memiliki kesempatan yang tepat untuk belajar Data Science bersama DQLab.

 

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!