PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 5 Menit 51 Detik 

Rekomendasi Roadmap Data Science untuk Berkarir 2022

Belajar Data Science di Rumah 06-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/31f4646b40d54effe03fa34ebc6c2491_x_Thumbnail800.jpg

Beberapa tahun belakangan ini profesi yang berkaitan dalam bidang data cukup menarik perhatian banyak orang. Baik itu data scientist, data engineer, data analyst, data entry, dan lainnya.


Profesi yang berkaitan dalam bidang data ini tentunya memerlukan pendalaman terkait data science. Data science roadmap untuk pemula pun sudah mulai banyak dipelajari oleh orang-orang yang berminat dalam bidang data. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali langkah apa saja yang perlu dilakukan bagi kalian yang berminat dengan profesi ini.


Data science saat ini menjadi profesi yang naik daun dan memang dibutuhkan dalam dunia bisnis. Data science memberikan begitu banyak manfaat seperti membuat pekerjaan lebih efisien, dapat memberikan insight baru terkait perusahaan, dll. Profesi yang berkaitan dengan data ini pun memiliki gaji dan jenjang karir yang cukup menjanjikan.


Selain itu, profesi ini merupakan salah satu profesi yang kekinian loh, dikarenakan profesi ini mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan pasar pada zaman sekarang ini.


1. Mengenali Pengetahuan Dasar

Ketika seseorang ingin menekuni suatu profesi salah satu pondasi utama adalah menguasai kemampuan dasar yang menunjang keberhasilan profesi tersebut. Dalam hal ini profesi data scientist membutuhkan menerapkan data sains di mana data science itu sendiri memiliki beberapa kombinasi ilmu pengetahuan.


Beberapa diantaranya adalah ilmu matematika, statistika, bahasa pemrograman, sistem informasi, manajemen bisnis dan soft skill lainnya. Selain menguasai kemampuan dasar, calon praktisi data juga perlu memiliki soft skill yang baik seperti mampu bekerja sama, komunikasi yang baik, tekun, teliti dan lainnya.

data science


Baca juga: Algoritma Data Science, Cara Efisien untuk Permasalahan Data


2. Memperdalam Ilmu Machine Learning

Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini segala kegiatan keseharian kita menggunakan bantuan internet. Salah satu dampak dari perkembangan teknologi ini adalah berkembanganya teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). AI memiliki beberapa cabang, salah satunya adalah machine learning.


Machine learning ini menjadi ilmu dasar atau skill yang perlu dimiliki oleh praktisi data pula. Algoritma machine learning pun akan mempermudah proses analisis data. Oleh karena itu, salah satu step bagi kalian yang ingin berkarir dalam bidang data adalah dengan menguasai ilmu machine learning.

data science


3. Mengikuti Pelatihan Data Science

Pelatihan data science merupakan salah satu jembatan bagi seseorang yang ingin berkarir dalam bidang data. Profesi yang berkaitan dengan data mungkin sudah sering didengar oleh banyak orang, namun tidak sedikit pula yang masih bingung terkait cara belajar data science dari dasar maupun prosedur apa yang perlu dilalui.


Namun jangan khawatir, saat ini banyak lembaga baik online maupun offline menyediakan program pelatihan data science. So, jangan sampai ketinggalan ya!

data science


4. Tekun Berlatih

Ketika melakukan suatu pekerjaan atau hobi, tekun berlatih merupakan salah satu kunci utama. Dengan tekun berlatih, maka akan semakin menambah pengalaman dan membuat diri terbiasa atau konsisten dengan apa yang dikerjakan.


Dalam hal profesi data ini, calon praktisi data perlu berlatih dengan berbagai macam bentuk data, berbagai bentuk rumusan masalah, dan lainnya. Dengan terbiasa menyelesaikan permasalahan data, maka pengalaman dalam hal analisis data akan semakin luas dan bisa menjadi bekal untuk tantangan data selanjutnya.

data science


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


Perjalanan menjadi seorang data scientist perlu melalui beberapa proses. Roadmap data science untuk pemula memang perlu diketahui sehingga dapat memudahkan para pemula. Salah satu langkahnya adalah kalian semua cukup langsung join DQLab lalu mengerjakan modul-modul yang tersedia dan mulai bangun portofolio data.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :