PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 7 Menit 44 Detik

Resolusi Portfolio Data Scientist untuk Tahun Baru 2024

Belajar Data Science di Rumah 29-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-02-2023-12-26-210530_x_Thumbnail800.jpg

Di masa dimana produksi data semakin tinggi, peluang karir Data Scientist sangat besar. Namun, profesi yang satu ini memerlukan skill praktik yang hanya bisa dilakukan dengan kegiatan hands-on atau mengerjakan project secara langsung. Project-project tersebut bisa digunakan sebagai portofolio.


Seiring pergantian tahun, banyak dari kita membuat resolusi untuk memajukan diri dalam berbagai bidang. Bagi para calon Data Scientist, ini adalah waktu yang tepat untuk merenung dan menetapkan resolusi yang dapat membawa karir data science mereka ke tingkat berikutnya.


Dalam artikel ini, kita akan membahas resolusi yang relevan dan memberikan panduan untuk membantu para calon Data Scientist meraih tujuan mereka. Salah satu langkah kunci dalam perjalanan ini adalah mengembangkan Portfolio Data Scientist yang kuat. Mari kita jelajahi lebih lanjut!


1. Menetapkan Resolusi yang Relevan

Pertama-tama, penting untuk menetapkan resolusi yang relevan dengan tujuan karir data science. Misalnya, mungkin resolusi tersebut adalah untuk meningkatkan keterampilan pemrograman Python, memahami konsep machine learning secara mendalam, atau mengembangkan kemampuan visualisasi data. Resolusi yang terfokus akan membantu dalam mengarahkan upaya dan waktu.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Fokus pada Pengembangan Portfolio Data Scientist

Data Scientist

Portfolio Data Scientist adalah alat yang sangat penting dalam menunjukkan kemampuan dan pencapaian kita kepada calon perekrut. Resolusi utama bisa menjadi membangun dan mengembangkan portfolio tersebut. Mulailah dengan proyek-proyek sederhana, seperti analisis data atau pembuatan model sederhana, dan terus tingkatkan kompleksitasnya seiring waktu.


3. Berkembang Melalui Proyek Pribadi

Data Scientist

Tahun baru bisa menjadi awal yang bagus untuk memulai proyek pribadi dalam data science. Pertimbangkan untuk menetapkan resolusi untuk menyelesaikan setidaknya satu proyek pribadi yang relevan dengan minat atau passion kamu. Proyek ini akan tidak hanya memperkaya portofolio, tetapi juga meningkatkan pengalaman dan keterampilan.


4. Pencapaian Akademis dan Sertifikasi

Data Scientist

Jika kamu masih di tahap akademis, pertimbangkan untuk menetapkan resolusi terkait pencapaian akademis. Ini bisa mencakup menyelesaikan kursus atau program belajar data science, mendapatkan sertifikasi, atau bahkan menulis makalah akademis. Pencapaian ini akan memberikan dasar yang kokoh untuk membangun karir data science.


5. Networking dan Berbagi Pengetahuan

Resolusi tidak selalu harus berkaitan dengan kemampuan teknis. Networking dan berbagi pengetahuan dengan komunitas data science juga merupakan langkah penting. Pertimbangkan untuk menetapkan resolusi untuk menghadiri konferensi, seminar, atau bahkan berkontribusi dalam forum online. Ini akan membantu kamu membangun jaringan dan memperluas wawasan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Jika kamu merasa siap untuk mengambil langkah-langkah pertama menuju resolusi data sciencemu, DQLab adalah teman terpercayamu. 


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login