Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Roadmap Data Engineer dan Skill Pentingnya

Belajar Data Science di Rumah 11-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-04-2024-03-13-133901_x_Thumbnail800.jpg

Mungkin diantara kalian banyak yang berminat ingin menjadi seorang data engineer profesional. Namun, sebelum kalian terjun langsung ke dalam dunia data engineer ini, kalian harus mengetahui roadmap dari seorang data engineer ini. Roadmap ini membantu kalian para pemula untuk merencanakan langkah-langkah yang harus diambil untuk bisa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam peran tersebut. 


Seorang pemula biasanya akan merasa kesusahan dengan banyaknya informasi dan teknologi yang berkaitan dengan data engineering. Dengan adanya roadmap ini, dapat memberikan panduan yang jelas terkait langkah-langkah yang perlu diambil agar tidak membingungkan ke depannya. Nah, kira-kira apa saja sih roadmap data engineer yang perlu kalian ketahui? Mari kita simak artikel di bawah ini!


1. Pemrograman Komputer

Pemahaman dan pengalaman yang baik tentang bahasa pemrograman komputer diperlukan untuk merekayasa data. Selain itu, data engineer juga memiliki tanggung jawab untuk membuat infrastruktur data agar data menjadi lebih memiliki tampilan yang lebih rapi dan mudah diakses.


Maka dari itu, seorang data engineer harus memiliki pemahaman dan pengalaman yang baik tentang bahasa pemrograman. Setidaknya seorang data engineer mampu dalam mengoperasikan bahasa pemrograman Python dan juga SQL. Mengapa Python dan SQL? Hal itu karena, Python memiliki library yang cukup banyak, jadi dapat dipastikan bisa mempermudah pekerjaan mereka, sedangkan SQL dapat membantu data engineer dalam mengatur data dalam skala yang cukup besar.

Data Engineer

Credit by freeCodeCamp


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Matematika dan Statistika Tingkat Lanjut

Data engineer juga harus memiliki pemahaman tentang matematika dan statistika. Kedua bidang keilmuan ini dibutuhkan agar data engineer bisa memahami data yang diolah. karakteristik sebaran data, jenis data yang dibutuhkan, dan juga logika matematika untuk bisa menyelesaikan permasalahan dengan data yang dibutuhkan.


Hal ini bisa membantu seorang data engineer untuk memiliki gambaran tentang data yang akan dibutuhkan oleh timnya. Data engineer juga harus memiliki pemahaman akan statistika yang kuat untuk melihat prediksi, trend, dan juga pemodelan data yang cocok dengan kebutuhan organisasi. 


3. Cloud Computing

Cloud computing juga salah satu hal yang perlu data engineer kuasai. Cloud computing sendiri adalah penyimpanan data dan pemrosesan data dengan menggunakan infrastruktur jaringan internet. Jadi data engineer memiliki kemungkinan untuk menyimpan dan memproses data dalam jumlah besar secara cepat dan lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan sistem lokal.


Sudah ada banyak sekali perusahaan yang menggunakan teknologi cloud computing ini untuk meningkatkan produktivitas dan penyimpanan data dalam jumlah yang besar tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. 

Data Engineer

credit by www.ere.gov.al


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Sistem Database

Sistem database juga penting diketahui oleh seorang data engineer untuk menyimpan, mengatur, dan memastikan data-data tersebut tersimpan dengan aman. Dengan memiliki pemahaman akan sistem database seorang data engineer mampu untuk membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data yang ada di dalam database. Sebagai seorang yang membangun infrastruktur data, mereka harus memiliki pemahaman yang berkaitan database agar arsitektur data yang mereka miliki sudah sesuai dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan. 


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login