GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 6 Jam 57 Menit 17 Detik 

Roadmap Data Scientist, Persiapan Kompetensi Jadi Ahli Data

Belajar Data Science di Rumah 24-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c002212d137e1e0558603059045b2a75_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan komponen penting dalam keseharian kita. Segala yang kita lakukan ini dalam keseharian menghasilkan data. Apalagi saat ini kecanggihan internet membuat kita semakin mudah dalam mengakses data sampai muncullah istilah big data. Adanya big data ini juga sebagai salah satu penyebab meningkatnya peminat profesi data scientist. Ya, profesi data scientist ini merupakan profesi yang berkaitan dengan pengolahan data. Bahkan saat ini pun ada roadmap profesi data science. 


Roadmap merupakan suatu jalan atau langkah yang dapat dilakukan untuk menuju suatu tujuan. Hal ini dapat diterapkan juga dalam profesi data scientist maupun profesi lainnya. Dengan adanya roadmap ini dapat membantu seseorang dalam menentukan langkah apa yang perlu dilakukan agar dapat mencapai tujuan tersebut. Sebagaimana data scientist, dengan mengikuti roadmap data scientist seseorang akan lebih mudah dalam mencapai tujuannya menjadi data scientist profesional.


1. Pondasi Ilmu

Ilmu dasar atau ilmu pokok merupakan salah satu pondasi penting dalam sebuah profesi. Profesi apapun itu akan membutuhkan ilmu dasar yang berkaitan dengan apa yang akan menjadi tugas dan tanggung jawabnya nantinya. Bagi seorang data scientist, beberapa pondasi ilmu beberapanya adalah matematika, statistika, sistem informasi, bahasa pemrograman,  visualisasi data, manajemen bisnis, data mining, dan beberapa softskill lainnya seperti komunikasi yang baik, kerjasama tim, dan lain-lain.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Machine Learning

Machine learning merupakan salah satu skill yang diperlukan oleh data scientist. Dengan mempelajari machine learning serta mengerti kegunaannya dalam analisis data tentunya akan sangat terbantu. Machine learning ini memiliki beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan data seperti sistem keamanan, klasifikasi, klastering, prediksi, dan lainnya. Secara umum terdapat beberapa jenis teknik machine learning yaitu teknik supervised learning dan unsupervised learning. 

Data Scientist


3. Mengikuti Kursus atau Pelatihan

Ketika seseorang ingin terus mengasah dan semakin ingin tahu akan suatu ilmu, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan mengikuti kursus atau pelatihan. Dalam hal data science, saat ini tidak susah untuk mencari jasa penyedia kursus maupun pelatihan data science. Saat ini kalian bisa berlatih data science baik secara online maupun offline. Dengan mengikuti kursus data science kita akan belajar secara terstruktur, santai, mendapatkan teori dan praktek serta biasanya akan ada mentor yang mendampingi sebagai tempat bertanya ketika kesulitan.

Data Scientist


4. Tekun Berlatih

Salah satu kunci utama dalam mencapai yang diinginkan adalah dengan terus berlatih. Hal apapun itu jika sering dilatih dengan tekun dan tetap konsisten maka akan nampak hasilnya. Begitu pula dengan data scientist. Bagi data scientist, berlatih dengan menggunakan dataset dan rumusan masalah yang berbeda-beda akan menambah wawasan serta pengalaman dalam menganalisis data. Bahkan seseorang pun bisa berlatih data science dengan cara mengikuti lomba atau kompetisi data science. Selain mendapatkan sesi latihannya, mental dalam menganalisis data juga akan terbentuk loh!

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Seperti yang telah diketahui bahwa data scientist memiliki sebutan profesi "terseksi" di abad ini menghasilkan banyak peminat terhadap profesi tersebut. Namun masih banyak yang mengetahui bagaimanakah roadmap data scientist. Nah, kalian bisa mulai coba di DQLab


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama terkait perekrutan profesi data scientist baik sebagai pekerja tetap atau sebagai informasi magang.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :