SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 15 Jam 20 Menit 10 Detik

Roadmap Jadi Data Analyst Pemula

Belajar Data Science di Rumah 24-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-03-2024-05-24-213108_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst saat ini menjadi profesi yang memiliki peminat yang cukup banyak. Hal ini karena untuk menjadi seorang data analyst tidak perlu memiliki latar belakang tertentu, yang terpenting adalah kalian harus memahami roadmap data analyst. Data analyst ini memiliki tanggung jawab untuk melakukan analisis data dan riset data dengan bantuan berbagai macam tools.


Pada dasarnya, di dalam sebuah perusahaan sosok data analyst ini memiliki tanggung jawab untuk membantu perusahaan untuk riset berbagai macam kepentingan pengembangan produk atau pemasaran dengan melihat aktivitas target pasar di berbagai sumber.


Dalam artikel kita kali ini, kita akan membahas tentang jenjang karir dari seorang data analyst, bagaimana mereka bisa menghadapi sebuah perubahan yang terus menerus dalam industri dan juga memberikan saran praktis tentang bagaimana membangun karir yang kokoh dalam bidang ini. Mari kita lihat langkah-langkah apa saja jika kita ingin terjun ke dalam dunia data analyst. Yuk kita lihat artikel di bawah ini!


1. Memahami Dasar-dasar

Langkah pertama dalam roadmap data analyst adalah memahami dasar-dasar analisis data. Kalian perlu mengenal dunia analisis data dan juga memahami prinsip-prinsip dasarnya. Penting untuk mempelajari teori di balik analisis data agar kalian memiliki pemahaman yang kuat akan konsep-konsep dasar seperti belajar tentang statistik, matematika, dan juga konsep-konsep data seperti mean, median, dan juga modus. Kalian juga harus memahami berbagai jenis analisis data dan teknik-teknik yang relevan seperti analisis regresi, analisis klaster atau analisis deret waktu.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Kuasai Fungsi SQL 

Selanjutnya adalah analisis data dengan menggunakan SQL yaitu bahasa pemrograman khusus untuk manajemen database dengan menggunakan syntax tertentu untuk manipulasi data. Umumnya, SQL ini digunakan untuk mengambil data untuk analisis dari database yang kemudian dikerjakan dengan menggunakan excel atau bantuan bahasa pemrograman seperti Python dan R.


Beberapa fungsi SQL yang harus kalian kuasai yaitu JOIN, Table Operations, UNIONS, GROUP BY, dan juga fungsi ORDER BY.

SQL



3. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman juga menjadi sebuah fundamental yang sangat penting dna tahap awal belajar untuk menjadi seorang data analyst. Bahasa pemrograman merupakan cara programmer untuk berkomunikasi dengan mesin komputer, bahasa ini terdiri dari seperangkat aturan yang memungkinkan string values diubah menjadi ke dalam beberapa hasil kode mesin atau elemen grafis.


Dengan memiliki skill ini, maka akan mempermudah pekerjaan dalam menganalisis data melalui kode. Untuk bahasa pemrograman yang cukup sering dipakai adalah SQL, R, Python, dan juga MATLAB.


Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Terus Belajar dan Beradaptasi

Salah satu hal yang paling utama dari roadmap data analyst adalah mampu untuk terus belajar, berkembang, dan juga beradaptasi dengan setiap perubahan. Hal ini melibatkan partisipasi aktif dalam sebuah pelatihan atau bootcamp, membaca informasi terkini, dan juga paham dengan perkembangan teknologi saat ini. Data analyst berfokus kepada pembelajaran lanjut yang akan mampu mengatasi tantangan baru dan memanfaatkan peluang karir yang muncul. 


Belajar menjadi seorang data analyst adalah langkah yang cerdas dan strategis di era digital ini. Profesi ini tidak hanya menawarkan peluang karir yang luas, tetapi juga peran yang krusial dalam pengambilan keputusan bisnis. Sebagai data analyst, Anda akan memiliki kemampuan untuk mengolah data menjadi informasi yang berharga, yang dapat mengarahkan perusahaan ke arah kesuksesan.


Selain itu, belajar analisis data membuka pintu bagi Anda untuk mengembangkan kemampuan teknis seperti penggunaan SQL, Python, dan alat visualisasi data seperti Tableau dan Power BI. Ini adalah keterampilan yang tidak hanya meningkatkan daya saing Anda di pasar kerja, tetapi juga memberikan kepuasan profesional karena Anda dapat melihat langsung dampak dari pekerjaan Anda.


Jadi, jangan ragu untuk memulai perjalanan Anda menjadi data analyst. Investasikan waktu dan usaha Anda untuk belajar, baik melalui kursus online, pelatihan, maupun sertifikasi. Masa depan cerah menanti Anda dengan keterampilan yang kuat di bidang analisis data. 


Mulailah sekarang, dan jadilah bagian dari revolusi data! Cukup sign up di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData. Dapatkan sertifikat dan hadiah menarik setelah menyelesaikan modulnya, serta akses semua modul premium dengan berlangganan di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login