GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 12 Menit 51 Detik 

Role Big Data dalam Digital Marketing, Apa Saja ya Manfaatnya?

Belajar Data Science di Rumah 10-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/871ec9fd6e4abe3faf1b002db2359ad6_x_Thumbnail800.png

Big Data, pastinya sahabat data DQLab tidak asing bukan mendengar kalimat ini bukan. Dengan adanya dukungan internet, analisis data menjadi proses penting yang dibutuhkan oleh marketer dalam melaksanakan kegiatan pemasaran atau marketing. Sederhananya, Big Data mampu membantu untuk mengetahui pelanggan lebih baik dengan menggunakan tools berbasis digital dibandingkan secara tradisional. Mulai dari mengetahui keinginan mereka sampai metode pembayaran yang sesuai preferensi mereka agar pelanggan akan tetap menggunakan mereka tersebut. 


Role Big Data dalam digital marketing sudah menjadi kunci yang memungkinkan akan kesuksesan berdasarkan hasil analisis data yang fakta. Dengan demikian, artikel DQLab kali ini akan membahas manfaat yang akan didapatkan jika sahabat data DQLab mengaplikasikan peran Big Data ini dalam digital marketing. Penasaran? Yuk, langsung simak pembahasan berikut!



1. Personalisasi Pelanggan

Big Data akhir-akhirnya sangatlah membawa keuntungan dan kelebihan yang sangat besar, terutama dalam menjalankan sebuah bisnis dengan kegiatan marketingnya menggunakan digital. Menerapkan Big Data Analytics dapat memprediksi preferensi pelanggan (user) dengan baik, personalisasi produk yang diinginkan, hingga menawarkan produk yang relevan. Pada kegiatan cross-selling membuka peluang untuk bisa mengetahui preferensi yang diinginkan oleh pelanggan dan mengidentifikasi lebih dalam apa yang diinginkan atau kebutuhan pelanggan secara spesifik dari rekomendasi produk yang ditawarkan.


Sebagai contoh misalnya sahabat data DQLab ingin membeli sebuah produk di Tokopedia, setelah berjam-jam kamu mencari produk tersebut kamu mendapatkan satu produk yang pas dan sesuai kebutuhanmu. Namun, kamu hanya menaruhnya di keranjang saja, dengan bantuan data yang telah terekam dalam kegiatan "surfing" produk maka kamu akan mendapatkan notifikasi secara personalisasi dengan tulisan seperti:


œKa Agnes, belanjaanmu masih di keranjang nih jangan lupa untuk di check-out ya!


Dengan personalisasi tersebut, dapat memungkinkan pelanggan akan bersedia membacanya hingga melakukan transaksi secara langsung. Sumber Big Data biasanya didapatkan dari:

  • Insight dari pembelian

  • Aktivitas di media sosial

  • Mengisi survey yang ada

  • Computer Cookies


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


2. Tingkatkan Akuisisi dan Retensi Pelanggan

Menganalisis data pelanggan menjadi bentuk wawasan yang digunakan oleh marketer untuk bisa meningkatkan atau mengembangkan konten yang sesuai dengan kebutuhannya. Pada dasarnya, pelanggan hanya akan berkontribusi atau ikurserta pada suatu produk atau layanan yang mereka inginkan saja, untuk membantu lebih fokus membuat sebuah konten yang tepat maka marketer dapat mengaplikasikan Big Data. Meneruskan pada poin pertama, dengan personalisasi pelanggan akan berpengaruh pada akuisisi pelanggan dan membangun sebuah hubungan dengan pelanggan lebih lama (loyal). 


3. Targeted Audience

Pada Big Data, telah mengotomatiskan kegiatan penjualan dan membantu marketer menciptakan sebuah model algoritma marketing dalam bisnis. Model ini akan menggunakan pemeriksaan data yang advance dan membangun hubungan dengan pelanggan yang tepat dan berharga. Pendekatan ini dalam membantu marketer juga untuk menetapkan siapa target yang tepat dengan menggunakan analisis pencocokan perilaku pelanggan. Setelah marketer mendapatkan pemahaman secara mendalam dari Big Data Analytics maka data dapat ditindaklanjuti dalam menyusun strategi bagaimana memanfaatkan wawasan yang berguna tersebut dan diaplikasikan kedalam kegiatan digital marketing.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis


4. Era Baru dalam Digital Marketing dengan Big Data

Di masa depan dalam revolusi industri 4.0, Big Data akan menjadi salah satu tools integral dalam bisnis dan suatu komponen esensial untuk digital marketing. Dengan menganalisa data yang telah dikumpulkan hingga menjadi sebuah data yang berguna untuk pengambilan keputusan dengan tepat. Dengan Big Data, marketer membawa merek menjadi lebih dekat dan menjadi pilihan bagi mereka dalam memenuhi kebutuhannya. Hal ini, adanya peningkatan untuk memulai belajar Big Data dalam membantu kegiatan marketing. Jika kamu ingin mulai pembelajarannya, kamu bisa bergabung di DQLab!


Di DQLab, sudah tersedia module yang sesuai dengan real case industry secara fun dan aplikatif. Sahabat data DQLab bisa langsung bergabung dengan melakukan signup di DQLab.id dan ikuti pembelajaran GRATIS dengan module œIntroduction to Data Science with R atau œIntroduction to Data Science with Python.


Selangkah lebih maju dan siap berkompetisi dalam dunia digital dengan belajar Data Science, selamat mencoba sahabat Data DQLab!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :