[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 34 Menit 26 Detik 

Rumus Dasar Excel yang Sering Dibutuhkan dalam Pekerjaan Sehari-Hari

Belajar Data Science di Rumah 30-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e470384a0667c84ab036927d737210ac_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk mengolah data. Software yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1987 untuk versi Windows ini masih menjadi salah satu tools spreadsheet terbaik hingga saat ini. Tentu saja, hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan yang jelas. Banyaknya fitur serta fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah data di Excel menjadi salah satu alasannya.


Dalam pekerjaan sehari-hari para praktisi data, data yang akan diolah sangatlah beragam. Mulai dari yang berbentuk angka, teks, gambar, audio, video, dll. Untuk Excel sendiri, saat ini hanya bisa mengolah teks yang berbentuk angka dan teks saja. Ada beberapa fungsi umum yang bisa dimanfaatkan jika kita bertemu dengan data teks yang belum siap untuk dianalisis, diantaranya adalah fungsi LEFT(), RIGHT(), MID(), dan juga TRIM(). Penasaran dengan cara menggunakan fungsi tersebut? Yuk, simak artikelnya!


1. Fungsi LEFT()

excel

Fungsi LEFT() merupakan salah satu rumus dasar Excel yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk data yang berbentuk string atau teks. Dengan menggunakan fungsi ini, kita bisa mengambil beberapa data yang ada di bagian kiri. Secara umum, rumus dari LEFT() ini adalah:

LEFT(text, [num_char])

Keterangan:

  • LEFT : Fungsi untuk mengambil data dari kiri

  • text : Teks yang ingin diambil sebagian hurufnya

  • num_char : Jumlah karakter yang ingin diambil


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi RIGHT()

excel

Fungsi RIGHT() juga termasuk fungsi yang sering dimanfaatkan dalam pekerjaan sehari-hari yang berhubungan dengan data teks atau string. Bedanya dengan fungsi LEFT(), fungsi RIGHT() ini akan mengambil sebagian huruf yang berada di bagian kanan. Secara umum, rumus dari RIGHT() ini adalah:

RIGHT(text, [num_char])

Keterangan:

  • RIGHT : Fungsi untuk mengambil data dari kanan

  • text : Teks yang ingin diambil sebagian hurufnya

  • num_char : Jumlah karakter yang ingin diambil


3. Fungsi MID()

excel

Hampir mirip dengan fungsi LEFT() dan juga fungsi RIGHT(), fungsi MID() juga digunakan untuk mengambil beberapa huruf yang posisinya berada di tengah dari data teks atau string. Jika dilihat dari rumusnya, fungsi MID() agak sedikit berbeda jika dibandingkan fungsi lainnya, bentu umum dari fungsi MID() adalah:

MID(text, start_num, num_char)

Keterangan:

  • RIGHT : Fungsi untuk mengambil data dari kanan

  • text : Teks yang ingin diambil sebagian hurufnya

  • start_num : urutan huruf yang ingin diambil

  • num_char : Jumlah karakter yang ingin diambil


4. TRIM

excel

Fungsi teks lain yang sering digunakan untuk data berbentuk teks adalah TRIM(). Fungsi ini akan sangat bermanfaat jika data yang kamu miliki terdapat spasi yang lebih dari satu. Perbedaan satu spasi saja bisa membuat data tersebut dianggap sebagai data berbeda dengan data lain yang memiliki maksud sama. Sehingga penghilangan spasi yang double termasuk langkah yang sering dilakukan untuk membersihkan data. Secara umum, bentuk umum dari fungsi TRIM() adalah:

TRIM(text)

Keterangan:

TRIM : fungsi untuk menghilangkan spasi yang lebih dari satu

text : data yang memiliki spasi yang lebih dari satu


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Kerjakan Quiz di DQLab untuk Mengukur Kemampuanmu Yuk!

Menyelesaikan Quiz Excel yang disediakan oleh DQLab bisa menjadi salah satu cara untuk uji kompetensi, lho! Sebagai orang yang masih terus belajar di bidang data, mengukur kemampuan memang sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu kamu bisa fokus untuk memperbaiki kelemahanmu.

Tenang saja, quiz ini gratis kok dan bisa diakses kapan saja. Ada 3 bab yang bisa kamu kerjakan, mulai dari komponen ruang kerja Excel, VLOOKUP, dan grafik. 

Nah, tunggu apalagi? Yuk segera signup di DQLab.id dan mulai belajar Excel sekarang!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!