PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 30 Menit 37 Detik 

Rumus Dasar Microsoft Excel yang Wajib Diketahui Pemula

Belajar Data Science di Rumah 16-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a749f0b8611fcc3c7567d6271b097f52_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan salah satu software dari Microsoft yang sangat membantu kamu untuk mengolah, menganalisis, meringkas data,melakukan perhitungan seperti aritmatika ataupun matematika, membuat catatan keuangan dan anggaran serta banyak manfaat lainnya. Kamu bisa mempermudah pekerjaanmu dalam menggunakan software satu ini dengan menggunakan rumus-rumus didalamnya.


Terlepas dari fungsi atau manfaatnya yang beragam, masih banyak orang yang memahami dan mengerti rumus-rumus dasar yang dapat dan biasa digunakan untuk mengoperasikan Excel. Ada berbagai rumus dasar yang wajib kamu ketahui serta pahami sebagai pemula. 


Kali ini, DQLab telah merangkum 5 rumus dasar Excel yang wajib kamu ketahui dan pahami sebagai pemula. Yuk, pelajari dan ingat rumusnya satu persatu!


1. SUM

Rumus Excel yang pertama adalah SUM. Fungsi dari rumus ini adalah menjumlahkan angka ataupun mencari penjumlahan. Formula rumus SUM adalah =SUM(Sel awal:Sel akhir). Contohnya, saat kamu ingin melakukan penjumlahan terhadap angka-angka yang terdapat pada sel 2 (C2) hingga sell 7 (C7) dalam worksheet, kamu bisa menggunakan rumus SUM yaitu =SUM(C2:C7)


Contoh lainnya dapat kamu lihat melalui gambar dibawah ini,

Kamu bisa menggunakan rumus =SUM(A2:A4,C2:C3), kemudian tekan enter untuk mendapatkan hasil penjumlahan.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. IF

Rumus ini berfungsi untuk membantu kamu membuat perbandingan logis antara

dan perkiraan. Maksudnya apa ya?


Jadi, dengan menggunakan rumus IF, terdapat dua hasil yang jika kondisinya di

cek dapat menghasilkan perbandingan BENAR (TRUE) dan menghasilkan

perbandingan SALAH (FALSE). Contohnya ada pada gambar dibawah ini :


Contoh pertama dengan penggunaan rumus IF sederhana pada gambar diatas adalah

=IF(C2=”Ya”,1,2). Pada contoh diatas, sel D2 mengatakan : IF(C2 = Ya, kembalikan 1, jika tidak kembalikan 2)

Nah, sedangkan pada contoh yang kedua, rumus yang digunakan adalah =IF(C2>B2, “Melebihi Budget”, “Dalam Budget”)


Dalam penggunaanya, IF memiliki beberapa fungsi serta rumus lainnya sesuai dengan kategori atau kelompok angka yang akan diuji.


3. AVERAGE

AVERAGE merupakan rumus dasar Excel yang berfungsi untuk mencari atau menghitung rata-rata dari sekelompok nilai argumen yang diberikan pada beberapa sel maupun range data. Formula yang digunakan pada rumus ini adalah =AVERAGE(Sel awal:Sel Akhir). Rentang yang ingin dihitung rata-ratanya dapat kamu tambahkan ke dalam formula rumus maksimum hingga 255.


Berikut adalah contoh penggunaan rumus AVERAGE pada Excel :

Pada contoh diatas, kamu dapat menghitung nilai rata-rata dengan mata pelajaran B.Indonesia menggunakan rumus =AVERAGE(B3:B7). Setelah itu kamu hanya perlu tekan enter untuk mendapatkan hasilnya.


4. MAX

Rumus ini digunakan untuk menentukan nilai tertinggi atau angka maksimum dari sejumlah data. Formula yang digunakan pada rumus satu ini adalah =MAX(Sel awal:Sel Akhir). Agar mempermudah pemahamanmu mengenai rumus MAX, berikut adalah contoh penggunaan rumus ini pada Excel :


Pada gambar diatas, kamu bisa mencari nilai tertinggi dari total nilai yang telah tersedia dengan menggunakan rumus =MAX(B4:B9)


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. MIN

Berlawanan dengan rumus MAX, rumus MIN berfungsi untuk menentukan nilai terendah,terkecil atau angka minimum dari sejumlah data dalam bentuk angka. Formulanya juga sama dengan rumus MAX, hanya saja dibagian awal kata yaitu MAX diubah menjadi MIN seperti ini =MIN(Sel Awal:Sel Akhir). 


Jika menggunakan contoh yang terdapat pada gambar sebelumnya, maka rumus yang digunakan untuk mencari nilai terendah dari total nilai tersebut adalah =MIN(G2:G6)


6. Perdalam Pengetahuanmu Tentang Data Science Bersama DQLab!

Belajar Data Science tidak terbatas untuk mereka yang memiliki background STEM saja loh! Semua orang bisa mempelajari Data Science dengan mudah, praktis dan fun bersama DQLab. Ada modul gratis yang bisa kamu akses dengan cara sign up di DQLab.id seperti “Introduction to Data Science” dan “Introduction Data Science With Python or R”. 

Yuk, tunggu apa lagi? Perdalam pengetahuanmu dan Langsung akses Module Platinum untuk mendapatkan berbagai penawaran eksklusif!




Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!