PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 7 Menit 1 Detik 

Rumus Excel Dasar bagi Calon Pengolah Data

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4e403ea456928cb28cc25582f4a97ff3_x_Thumbnail800.png

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi software pengolahan data terpopuler yang digunakan oleh kalangan profesi data, seperti Data Analyst dan Data Scientist. Karena Excel digunakan untuk mengolah data, terdapat rumus-rumus fungsi di dalamnya yang digunakan untuk membantu membuat pengolahan data lebih cepat dan efisien, namun dengan hasil yang tetap akurat.


Banyak sekali rumus-rumus fungsi yang terdapat di dalam Excel, contohnya adalah rumus fungsi logika, matematika, statistika, dan masih banyak lagi. Dalam artikel kali ini, DQLab akan memberikan kalian ringkasan mengenai rumus-rumus fungsi Excel yang sering digunakan untuk dunia kerja maupun pekerjaan sehari-hari. Yuk, simak bersama!


1. Rumus Fungsi Logika IF (IF, AND, OR, dan NOT)

Salah satu rumus yang terkenal dan sering digunakan dalam Excel adalah rumus fungsi logika, rumus ini digunakan untuk menguji hasil data menjadi benar atau salah dengan syarat data yang disajikan terpenuhi. Untuk rumus logika yang kali ini akan dibahas ada empat, yaitu IF, AND, OR, dan NOT. Mari kita lihat seperti apa sintaks penulisan masing-masing rumus fungsi.

  • Fungsi IF 

    =(TesLogika; KondisiTerpenuhi; [KondisiTidakTerpenuhi])

  • Fungsi AND

    =AND(Kolom1; [Kolom2]; …)

  • Fungsi OR

    =OR(Logika1; [Logika2]; …)

  • Fungsi NOT

    =NOT(logical)


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus Fungsi Pencarian dan Referensi (LOOKUP dan VLOOKUP)

Pada rumus kedua yang akan dibahas adalah rumus fungsi pencarian dan referensi, rumus ini dapat kalian gunakan untuk mencari data pada spreadsheet atau lembar kerja kalian. Terdapat dua buah rumus yang bisa kalian gunakan, yaitu LOOKUP dan VLOOKUP. Berikut sintaks penulisan masing-masing rumus.


  • Fungsi LOOKUP

    =LOOKUP(Lookup_value; Lookup_vector; [Result_vector])

  • Fungsi VLOOKUP

    =VLOOKUP(NilaiYangDicari; TabelReferensi; NomorKolom; [RangeLookup])


3. Rumus Fungsi Matematika (SUBTOTAL dan SUM)

Saatnya memasuki rumus fungsi yang akan sangat berguna dalam kegiatan pekerjaan sehari-hari kalian, yaitu rumus fungsi matematika. Kali ini DQLab akan membahas dua rumus fungsi yang sering digunakan, yaitu SUBTOTAL dan SUM. Kedua rumus fungsi ini berguna untuk menghitung subtotal dari data yang kalian miliki dan menjumlahkan data yang ada. Mari kita bahas sintaks penulisannya.


  • Fungsi SUBTOTAL

    =SUBTOTAL(KodeFungsi; Referensi; [Referensi2]; …)

  • Fungsi SUM

    =SUM(kolom1;[kolom2]; …)


4. Rumus Fungsi Statistik (AVERAGE, COUNT, MIN, dan MAX)

Tanpa kalian sadari, mungkin rumus fungsi yang terakhir ini sering kalian gunakan, yaitu rumus fungsi statistik. Rumus fungsi yang akan kita bahas adalah AVERAGE, COUNT, MIN, dan MAX. Masing-masing dari rumus ini dapat kalian pakai ketika akan menghitung rata-rata kumpulan data, menghitung banyaknya kolom yang berisi angka, mencari nilai terendah dan tertinggi dari kumpulan data yang kalian miliki. Ini dia sintaks penulisan masing-masing rumus fungsinya.


  • Fungsi AVERAGE

    =AVERAGE(kolom1; [kolom2]; …)

  • Fungsi COUNT

    =COUNT(kolom1; [kolom2]; …)

  • Fungsi MIN

    =MIN(kolom1; [kolom2]; …)

  • Fungsi MAX

    =MAX(kolom1; [kolom2]; …)


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Ayo, Pelajari dan Pahami Lebih Banyak Rumus Excel Bersama DQLab!

Rumus-rumus yang telah disampaikan sebelumnya hanya sebagian kecil dari rumus-rumus fungsi lainnya yang tersedia di dalam Excel. Rumus-rumus ini sangat berguna apabila kalian ingin menjadi profesi di bidang data. DQLab dapat memberikan kalian pengetahuan mengenai hal tersebut, caranya sangat mudah untuk mendapatkannya. Kalian cukup sign up di DQLab.id, kemudian kalian bisa langsung mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai salah satu pembelajaran yang kalian dapatkan. Yuk, cepat gabung bersama DQLab.id dan raih pengetahuan yang lebih luas lagi!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa WIdya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!