DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 49 Menit 48 Detik 

Rumus Excel Dasar Bagi Pemula untuk Profesi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 01-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/66eaa31db03f4f3c5b091621f2e3d366_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan salah satu tools yang wajib dimengerti dan digunakan dalam bidang data, khususnya bagi profesi Data Scientist. Hal tersebut dikarenakan mereka bertanggung jawab untuk meriset, menganalisa dan mengelola data yang dimiliki. Data-data yang dianalisis nantinya akan menjadi suatu informasi yang berguna untuk mendukung pengambilan keputusan bagi sebuah perusahaan.


Oleh karena itu, Excel berfungsi sebagai tools yang penggunaannya ramah dan mudah dipelajari untuk para pemula Data Scientist. Excel dapat mempermudah pekerjaan kalian dalam hal mengelola angka karena bentuk tampilan software yang mudah dimengerti, storage data yang cukup besar, dan masih banyak lagi.


Namun untuk pengoperasiannya, kalian perlu memahami terlebih dahulu rumus-rumus Excel dasar yang sering digunakan. Yuk, kita simak bersama rangkuman dari DQLab.id untuk kalian para pemula!


1. Rumus Perhitungan : Average, SUM, dan Count

Nah, mari kita bahas mulai dari tiga rumus dasar Excel yang pertama. Ada rumus Average, SUM, dan Count, ketiga rumus ini bisa kalian temukan dalam tombol ‘AutoSum’ di tab ‘Formulas’ yang berada di bagian atas worksheet. Fungsi dari ketiga rumus tersebut berkaitan dengan operasi aritmatika dasar. Berikut rumus beserta fungsinya yang akan kita bahas satu persatu.


Rumus Excel                                      Fungsinya


Average                                               untuk mendapatkan rata-rata dari total data yang telah dibuat

                                                            =AVERAGE(kolom 1 : kolom 2)


SUM                                                    untuk menjumlahkan total data

                                                            =SUM(kolom 1 : kolom 2)


Count                                                  untuk menghitung jumlah data dari kolom yang terpilih

                                                            =COUNT(kolom 1 : kolom 2)



Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus Pencarian Nilai : MAX dan MIN

Kemudian terdapat dua rumus untuk pencarian nilai, yaitu MAX dan MIN. Seperti kepanjangannya, rumus MAX bisa kalian gunakan untuk mencari nilai maksimum/data terbesar, sedangkan rumus MIN dapat kalian gunakan ketika mencari nilai minimum/data terkecil data total data yang kalian miliki. Kedua rumus ini dapat dengan mudah membantu kalian dalam pencarian nilai.


Rumus Excel                  Fungsinya


MAX                               untuk mengetahui data tertinggi

                                       =MAX(kolom 1 : kolom 2)


MIN                                untuk mengetahui data terendah

                                       =MIN(kolom 1 : kolom 2)


3. Rumus Logika IF

Rumus logika IF merupakan salah satu rumus terpopuler di Excel, rumus ini digunakan saat data yang dimiliki mengalami kondisi tertentu. Kondisi tertentu yang dimaksud dikhususkan pada kondisi yang telah memenuhi syarat sehingga dapat diproses untuk mendapatkan hasil. Rumus IF ini bisa memberikan kalian perbandingan antara nilai dan perkiraan sehingga dapat menghasilkan 2 output, yaitu benar dan salah. Berikut penulisannya, =IF(logical_test,value_if_true,value_if_false). 


Dalam rumus ini juga terdapat 2 pengembangan, yaitu rumus IF OR dan AND. fungsi OR akan memberikan hasil ‘benar’/‘true’ apabila salah satu data yang diuji terpenuhi, dan akan menghasilkan ‘salah’/‘false’ apabila salah satu data yang diuji tidak terpenuhi. Kemudian untuk fungsi AND sendiri memiliki pengertian yang lebih mudah dipahami, fungsi ini akan menghasilkan jawaban ‘benar’ apabila semua data yang diuji terpenuhi, dan sebaliknya.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Rumus PRODUCT

Dalam Excel terdapat rumus dasar lainnya yang bisa memudahkan kalian, yaitu rumus Product. Mungkin rumus ini tidak terlalu sering dibahas, namun jangan salah, kegunaannya sangat membantu kalian untuk mengalikan semua angka dalam sel dan mengembalikan hasil kali. Rumus ini bisa dituliskan sebagai berikut, =PRODUCT(Sel A1 : Sel A2).


Rumus ini juga tidak terbatas untuk perkalian dalam dua row yang berbeda saja, namun juga bisa untuk 4 row sekaligus. Berikut penulisannya, =PRODUCT (Sel A1 : Sel A2, Sel C1 : Sel C2). Dan yang perlu kalian ingat untuk rumus ini adalah perkaliannya harus menggunakan bintang (*) dan hanya berlaku untuk tiap sel yang berisikan angka.


5. Kalian Pemula dan Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Data Science? Yuk, Bisa Dimulai Dari Sekarang!

Yuk pelajari rumus Excel dasar lainnya untuk kalian para pemula di bidang data. Kalian bisa mulai belajar bersama DQLab.id. Caranya hanya dengan sign up di DQLab.id dan kalian bisa menikmati modul gratis, Introduction Data Science with Python or R. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai belajar Data Science sekarang untuk tingkatkan kompetensi mu dan siap bersaing di era digital masa kini! 



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :