12.12 SUPER SALE! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 6 BULAN hanya Rp 100K!
0 Hari 9 Jam 0 Menit 59 Detik

Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat!

12-November-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e14d27640252c6e3b8161030ae9cd0a8_x_Thumbnail800.png

Rumus Excel tentunya sangat bermanfaat untuk mempermudah proses pengolahan data. Selain itu, dengan adanya rumus Excel ini, maka proses preprocessing dan pengolahan data tak perlu memakan waktu lama. Microsoft Excel menyediakan banyak pilihan preset rumus yang bisa digunakan untuk mendapatkan jumlah, rata-rata, dan juga kalkulasi lainnya.

Namun yang perlu diperhatikan dalam penggunaan rumus ini adalah bagaimana agar argumen yang diperlukan dapat tersusun dengan benar. Beda urutan dari penulisan argumen ternyata bisa menyebabkan perbedaan hasil, loh.

Rumus Excel bisa digunakan untuk perhitungan sederhana dan juga kompleks. Jika kalian berpikir rumus Excel hanya digunakan untuk angka, mungkin ini saatnya kalian mengubah pemikiran tersebut. Pada dasarnya, rumus atau formula Excel ini bisa digunakan untuk data berupa angka, teks, tanggal, ataupun kombinasi dari jenis-jenis data tersebut. Namun yang perlu diingat, agar rumus tersebut dapat berfungsi, jangan lupa tambahkan tanda sama dengan (=) di depannya ya.

Berikut ini akan dibahas empat rumus Excel yang dapat membantu proses pengolahan datamu sehingga tidak memakan waktu yang cukup lama. Yuk, ikutin terus ya!


1. Fungsi Logika

Salah satu fungsi Excel yang paling sering digunakan adalah fungsi logika. Fungsi ini bertujuan untuk membandingkan data dalam dua atau lebih kondisi. Manfaatnya adalah dapat membantu kita dalam mengambil keputusan saat mengevaluasi rumus dan fungsi di Excel. Berikut lima jenis fungsi logika beserta contoh penggunaannya.

  • Fungsi IF

    Rumus IF berguna untuk menghasilkan nilai dimana jika kondisi yang dicek Benar/True maka akan dikembalikan ke sebuah nilai. Dan jika kondisi yang dicek Salah/False maka akan dikembalikan ke nilai lainnya.

Rumus Fungsi IF:

=IF (logical_test, value_if_true, value_if_false)

Excel

  • Fungsi IFERROR

    Fungsi IFERROR digunakan untuk mengecek jika terjadi kesalahan rumus atau error.

Rumus Fungsi IFERROR:

=IFERROR(value, value_if_error)

Excel

  • Fungsi AND

    Fungsi AND digunakan untuk melakukan uji logika yang menghasilkan nilai True jika semua argumen yang diuji bernilai benar dan jika semua atau salah satu argumen bernilai salah akan menghasilkan False.

Rumus Fungsi AND:

=AND (logical1; logical2; ...)

excel

  • Fungsi OR

    Fungsi OR digunakan untuk melakukan uji logika yang menghasilkan nilai True jika semua atau beberapa argumen yang diuji bernilai benar dan jika semua argumen bernilai salah akan menghasilkan False.

Rumus Fungsi OR:

=OR (logical1; logical2; ...)

Excel

  • Fungsi NOT

    Kebalikan dari fungsi AND, fungsi NOT berguna untuk membalikkan nilai logika True menjadi False dan sebaliknya.

Rumus Fungsi NOT:

=NOT(logical)

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi Teks

Mengingat data yang ada saat ini tidak hanya dalam bentuk data terstruktur saja, maka tidak heran ketika data yang ada saat ini sering tidak seragam atau lebih berantakan. Misalkan dalam data teks, tidak jarang ada penulisan yang memiliki cara penulisan yang berbeda namun memiliki makna yang sama. Hal ini akan membuat komputer kebingungan dan mengelompokkan data yang memiliki makna sama tersebut ke kelompok yang berbeda. Nah, hal ini dapat diatasi dengan rumus untuk teks yang ada di Excel. Berikut tujuh jenis fungsi teks pada Excel beserta contoh penggunaannya.

  • Fungsi LOWER() digunakan untuk mengubah semua huruf menjadi huruf kecil. 

    Rumus: =LOWER(Teks)

  • Fungsi UPPER() digunakan untuk mengubah semua huruf agar menjadi huruf kapital. 

    Rumus: =UPPER(Teks)

  • Fungsi PROPER() digunakan untuk mengubah huruf awal dari setiap kata menjadi huruf kapital.

    Rumus: =PROPER(Teks)

  • Fungsi TRIM() digunakan untuk menghapus spasi yang berlebihan.

    Rumus: =TRIM(Teks)

  • Fungsi LEFT() digunakan untuk mengambil beberapa teks dari arah kiri.

    Rumus: =LEFT(Teks; [JumlahKarakter])

  • Fungsi RIGHT() digunakan untuk mengambil beberapa teks dari arah kanan

    Rumus: =RIGHT(Teks; [JumlahKarakter])

  • Fungsi MID() digunakan untuk mengambil beberapa teks dari posisi awal atau tengah.

    Rumus: =MID(Teks; AwalKarakter; JumlahKarakter)

  • Fungsi FIND() digunakan untuk mencari teks atau karakter dalam suatu kata atau kalimat di dalam sel.

    Rumus: =FIND(find_text; within_text; [start_num])

  • Fungsi CONCATENATE() digunakan untuk menggbungkan teks dalam satu sel.

    Rumus: =CONCATENATE(Teks1; Teks2; ...)

  • Fungsi LEN() digunakan untuk mencari atau menghitung banyaknya jumlah karakter suatu kata atau kalimat dalam sel. 

    Rumus: =LEN(Teks)


Excel

Excel

Excel



3. Fungsi Pencarian

Fungsi pencarian pada Microsoft Excel yang sering digunakan adalah fungsi VLOOKUP() yang mencari data secara vertikal dan HLOOKUP() yang mencari data secara horizontal. Misalkan kita ingin mencari data tertentu yang sesuai dengan kata kunci yang kita miliki. Jika datanya hanya berjumlah sedikit seperti 5 atau 10 data, mencari dan mencocokkan secara manual masih tidak masalah, namun bayangkan jika data yang ada terdiri dari ribuan rows dan berpuluh-puluh column. Wah, tentunya akan sangat sulit dan memakan banyak waktu kan jika harus mencari secara manual. Nah, itulah mengapa fungsi VLOOKUP() dan HLOOKUP() menjadi sesuatu yang harus dikuasai.

Selain dua fungsi di atas, berikut beberapa jenis Fungsi Pencarian yang juga dapat digunakan di Excel:

  • Fungsi INDEX() digunakan untuk mendapatkan nilai berdasarkan data atau informasi kolom dan baris tertentu.

    Rumus: =INDEX(array, row_num, column_num)

  • Fungsi MATCH() digunakan untuk mendapatkan urutan angka dari posisi sebuah nilai data. Biasanya fungsi ini digunakan bersamaan dengan fungsi INDEX().

    Rumus: =MATCH(lookup_value, lookup_array, match_type)

  • Fungsi OFFSET() digunakan untuk memindahkan dan membuat sebuah referensi range data yang telah ditentukan.

    Rumus: =OFFSET(reference, rows, cols, [height], [width])

  • Fungsi ADDRESS() digunakan untuk membuat teks alamat cell/range berdasarkan informasi posisi sebuah nilai.

    Rumus: =ADDRESS(row_num, column_num, abs_num, a1, sheet_text)

  • Fungsi INDIRECT() digunakan untuk membuat referensi cell/range dari sebuah gabungan teks dan value tertentu.

    Rumus: =INDIRECT(ref_text; jenis_ref)


4. Fungsi Statistik (Count)

Dalam beberapa keadaan, tidak jarang kita dihadapkan dengan data yang null atau kosong. Tentunya dengan adanya nilai null membuat hasil analisa menjadi tidak tepat. Fungsi Count ini bisa membuat kita menemukan berapa jumlah cell yang memiliki data kosong dan terisi. Berikut beberapa fungsi statistik (dalam hal ini fungsi Count) yang sering digunakan menurut versi DQLab:

  • Fungsi COUNT() digunakan untuk menghitung jumlah cell yang berisi angka.

    Rumus: =COUNT(cell awal:cell akhir)

  • Fungsi COUNTA() digunakan untuk menghitung jumlah cell yang berisi data baik itu berupa angka, teks, dan lainnya.

    Rumus: =COUNTA(cell awal:cell akhir)

  • Fungsi COUNTBLANK() digunakan untuk menghitung jumlah cell yang kosong. 

    Rumus: =COUNTBLANK(range)

  • Fungsi COUNTIF() yang digunakan untuk menghitung jumlah cell yang sesuai dengan satu kriteria tertentu.

    Rumus: =COUNTIF(Range; Kriteria)

  • Fungsi COUNTIFS() yang digunakan untuk menghitung jumlah cell yang sesuai dengan beberapa kriteria tertentu.

    Rumus: =COUNTIFS(criteria_range1; criteria1; [criteria_range2; criteria2]¦)

  • Fungsi MIN() digunakan untuk mendapatkan nilai terendah dari sekumpulan nilai.

    Rumus: =MIN(cell awal:cell akhir)

  • Fungsi MAX() digunakan untuk mendapatkan nilai tertinggi dari sekumpulan nilai.

    Rumus: =MAX(cell awal:cell akhir)

  • Fungsi RANK() digunakan untuk mendapatkan ranking atau urutan peringkat nilai.

    Rumus: =RANK(Angka;Referensi;[order])


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Pelajari Lebih Banyak Rumus Excel Dasar untuk Terjun ke Dunia Kerja Bersama DQLab

Excel memiliki ratusan fungsi dan seorang Data Scientist pada umumnya menggunakan fungsi-fungsi ini untuk melakukan analisis data. Untuk menjadi Data Scientist, kamu perlu belajar menggunakan Excel dan paham bagaimana cara mengoperasikannya. Sama seperti mempelajari rumus matematika, pastinya dalam matematika kita akan mempelajari tentang penjumlahan, pengurangan perkalian dan pembagian.

Jika kamu penasaran dengan rumus-rumus dasar Excel dan penerapan rumus lainnya, kamu bisa bergabung dengan DQLab dengan membuat akun gratis di DQLab.id. Nikmati pengalaman belajar Excel bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan mencoba modul platinum Excel untuk menguji kemampuan Excel kamu yang bisa kamu akses selamanya.


Persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Daftar Gratis & Mulai Belajar

Mulai perjalanan karier datamu bersama DQLab

Daftar dengan Google

Sudah punya akun? Kamu bisa Sign in disini