DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 15 Jam : 38 Menit : 13 Detik

Rumus IF 3 Kondisi Pada Excel Adalah Hal Fundamental yang Harus Dikuasai

Belajar Data Science di Rumah 15-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fbfe4ec4458c9bae17a233f327144099_x_Thumbnail800.jpg

Rumus IF 3 kondisi pada Excel merupakan salah satu hal dasar yang harus dikuasai oleh siapapun, terutama bagi kamu yang ingin bekerja dalam bidang data. Microsoft Excel pada dasarnya sangat mudah digunakan untuk melakukan proses cleaning data sebelum data tersebut dianalisis. Proses cleaning yang dimaksudkan ini bisa merupakan proses penghilangan variable yang tidak begitu dibutuhkan ataupun penambahan variabel yang sangat penting dengan mengoperasikan variabel-variabel yang ada telah ada sebelumnya.

Rumus IF merupakan salah satu function yang ada di Microsoft Excel yang sering dimanfaatkan dalam proses pengolahan data. Pada dasarnya fungsi ini digunakan untuk melakukan pengujian logika. Hal ini disebabkan karena fungsi ini dapat menghasilkan nilai tertentu jika keadaannya sesuai dengan kondisi yang ditentukan atau bisa disebut sebagai kondisi TRUE, serta dapat menghasilkan nilai lainnya jika keadaan yang terjadi berbeda dengan kondisi yang ditentukan sebelumnya atau bisa disebut sebagai kondisi FALSE.

Berikut ini akan dibahas mengenai fungsi IF pada 3 kondisi yang merupakan fungsi IF tingkat lanjut. Selain itu juga akan dibahas fungsi IF lainnya yang tidak kalah penting. Penasaran kan? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Bentuk Umum Rumus IF

Sebelum kita mulai membahas mengenai fungsi IF tingkat lanjut di Excel, kita harus memahami sebenarnya bagaimana sih bentuk umum dari rumus IF yang sederhana karena pada dasarnya rumus IF tingkat lanjut merupakan pengembangan dari rumus IF yang sederhana. Penulisan rumus ini dapat disesuaikan dengan komputer masing-masing, karena ada yang menggunakan koma (,) sebagai pemisahnya, ada juga yang dipisahkan keadaannya menggunakan titik koma (;). Rumus tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:

IF(kondisi; nilai_BENAR; nilai_SALAH)

Jangan lupa menambahkan tanda sama dengan agar rumus dapat dijalankan yaa!

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2. Rumus IF Tingkat Lanjut 3 Kondisi

Rumus IF 3 kondisi merupakan salah satu jenis rumus IF tingkat lanjut yang harus dikuasai. Umumnya, rumus ini tidak berbeda jauh dengan rumus IF sederhana. Pada rumus IF dengan 3 kondisi ini akan memiliki dua keadaan sehingga rumus ini juga terdiri dari dua function IF. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan bentuk umumnya:

=IF(kondisi1; nilai_BENAR1; IF(kondisi2; nilai_BENAR2; IF(kondisi3; nilai_BENAR3; nilai_SALAH)))

Fungsi IF yang kedua merupakan bagian dari fungsi IF yang pertama. Jadi ketika kondisi1 tidak terpenuhi, maka fungsi IF kedua akan dijalankan. Namun ketika telah terpenuhi, maka tidak perlu lagi dijalankan.

3. Contoh Penggunaan IF 3 Kondisi

Nah, agar lebih jelas dalam memahami penggunaan IF 3 kondisi di Microsoft Excel, maka kita misalkan kita memiliki 3 output dari berbagai jumlah activity yang dilakukan oleh pekerja lapangan di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Ketentuannya adalah sebagai berikut:

- Jika activity <= 2 maka outputnya adalah warning

- Jika activity 3-5 maka outputnya adalah great

- Jika activity >= 6 maka outputnya adalah excellent

Maka kita dapat menghitungnya dengan menggunakan rumus :

=IF(B2<=2, "Warning", IF(B2<6,"Great","Excelent"))

Gimana? Mudah banget kan? Jangan lupa praktekkan di rumah ya!

Baca juga : Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat!

4. Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Editor : Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!