MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 28 Menit 34 Detik 

Rumus IF Lookup pada Excel untuk Para Pekerja

Belajar Data Science di Rumah 02-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/08ada919229d0f747db35f9857ed833d_x_Thumbnail800.png

Tentu saja, data memiliki value namun belum dapat digunakan untuk membuat keputusan berkelanjutan. Jangan khawatir Data Analysis Excel mempermudah pengelolaan bisnismu di berbagai industri dengan efisien dan akurat. Kemudahan ini, didapatkan karena implementasi beberapa fungsi yang digunakan dalam pengelolaan data. Terdapat lebih dari ratusan fungsi pada excel yang sering digunakan para Data Analyst untuk melakukan analisis terhadap data. 

 

Hasil analisis yang didapatkan tentu saja akan akurat, karena pengelolaan data yang dilakukan melibatkan fungsi-fungsi yang tepat berdasarkan data yang dianalisis. Fungsi utama yang senantiasa digunakan oleh seorang Data Analyst adalah SUMIF, VLOOKUP dan HLOOKUP, serta SUMPRODUCT. Ketiga kombinasi fungsi ini merupakan fungsi yang sangat tepat jika digunakan untuk menghitung average return, harga jual produk, hingga margin penjualan. 

 

Yuk intip bersama, Bagaimana data analysis excel dapat membantu analisis bisnismu lebih akurat bersama DQLab!

 

1. SUMIF : Rumus Wajib Seorang Data Analyst 

SUMIF atau penjumlahan bersyarat merupakan, rumus wajib yang harus diketahui oleh seorang Data Analyst. Karena, jika menggunakan SUMIF maka penjumlahan nilai berdasarkan beberapa kategori yang diinginkan dapat dilakukan dengan sangat mudah dan menghasilkan akurasi yang tepat. Kamu dapat menggunakan SUMIF untuk menentukan jumlah produk yang memberikan kontribusi untuk revenue terhadap bisnismu. 


excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Solusi Pencarian Data dengan VLOOKUP dan HLOOKUP

VLOOKUP atau Vertical LOOKUP adalah kebalikan dari fungsi HLOOKUP atau Horizontal LOOKUP. Kedua fungsi ini, dapat kamu gunakan secara sempurna untuk kasus yang membutuhkan solusi berupa pencarian data dengan menggunakan "kata kunci" tertentu pada kolom pertama di dalam sebuah tabel. Nantinya, tabel ini akan kamu gunakan untuk mengambil nilai dari sel manapun di baris yang sama dengan menggabungkan data secara bersamaan di beberapa titik. Pada kebanyakan kasus Data Analysis Excel, fungsi ini banyak digunakan pada kondisi real case seperti produsen dapat mengetahui besaran harga setiap produk tetapi distributor hanya dapat menyediakan barang atau unit yang akan dikirim. 


excel

VLOOKUP

excel

HLOOKUP

 

3. SUMPRODUCT

Dalam data analysis excel, SUMPRODUCT merupakan "gold data analysis" yang banyak sekali digunakan oleh seorang data analyst untuk mengetahui average return, harga jual produk, hingga margin penjualannya. Fungsi SUMPRODUCT akan mengalikan satu rentang nilai dengan korespondensi baris yang sesuai untuk menghasilkan output yang diinginkan oleh user. Contohnya, fungsi ini digunakan pada case perhitungan untuk mengetahui harga jual rata-rata keseluruhan produk melalui perkalian dengan harga dan kuantitas kemudian dibagi dengan total produk yang terjual. 


excel


4. =IFERROR : Kalau Error harus cetak  apa?

=IFERROR adalah sesuatu yang harus dimanfaatkan oleh setiap analis yang secara aktif menyajikan data. Menggunakan contoh sebelumnya, mencari teks/nilai tertentu dalam kumpulan data tidak akan menghasilkan kecocokan. Itu menyebabkan kesalahan #VALUE, dan meskipun tidak berbahaya, itu mengganggu dan merusak pemandangan.

 

Gunakan =IFERROR untuk mengganti kesalahan #VALUE dengan teks/nilai apa pun. Pada contoh di atas, sel kosong sehingga konsumen data dapat dengan mudah memilih baris mana yang mengembalikan nilai yang cocok.

Rumus:

=IFERROR(TEMUKAN“VALUE”,PILIH SEL,VALUE_IF_ERROR)

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Data Analyst Wajib Kuasai Excel

Untuk selalu upgrade kemampuan pribadi, proses belajar adalah salah satu jawaban untuk Sahabat DQ. Yuk belajar excel bersama DQLab Academy dan selesaikan Quiz Excel untuk evaluasi diri. 

Belajar Excel dari dasar sampai tingkat advance bersama Senja dan Aksara dengan live code editor anti ribet. Yuk sign up di DQLab.id atau isi form dibawah ini ya! 



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!