GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 27 Menit 16 Detik 

Rumus Lengkap Excel 2022 Mulai dari yang Paling Dasar

Belajar Data Science di Rumah 22-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7266c604ae9c4f15faa734f00a591b03_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel merupakan software berbasis spreadsheet yang sangat powerfull di kelasnya dan memiliki 1.084.576 baris serta 16.384 kolom. Meskipun begitu excel tetap ringan dan tidak memakan banyak space di RAM PC jika dibandingkan dengan software sejenis lainnya yang cukup memakan space RAM. Microsoft excel sangat populer digunakan di bidang akademik dan juga perkantoran untuk melakukan pengolahan data-data. Microsoft Excel juga menyediakan banyak fungsi, dan rumus dasar excel hingga advanced serta shortcuts yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Oleh karena itu, excel masih menjadi andalan di berbagai kalangan untuk melakukan pengolahan data. 


Dengan tampilan yang nyaman dan user friendly serta dapat digunakan diberbagai operating system mulai dari windows hingga mac OS. Selain itu file .xls juga kompatibel di berbagai program lain. Tapi, alasan lain yang membuat excel dicintai para pengolah data karena bisa membaca file .csv yang biasanya sering digunakan para praktisi data sebagai sumber data mereka. Lalu, kira-kira apa saja rumus excel dasar andalan para praktisi data untuk melakukan pengolahan data ya? Yuk, simak jawabannya dibawah ini!


1. Dasar Penggunaan Case Function

excel

Ketika kamu telah mengumpulkan data baik menggunakan metode atau teknik pengumpulan data seperti scraping atau crawling data, pasti data yang kamu dapatkan tidak sepenuhnya bersih dan terstruktur. Oleh karena itu, biasanya sebelum mengolah data tersebut kita perlu melakukan data cleaning terutama jika kita ingin mengolah data text. Langkah pertama yang biasanya sering dilakukan adalah dengan menyamakan semua jenis karakter huruf tersebut menjadi upper atau lower case. 


Excel telah menyediakan fitur case function yang dapat kita gunakan untuk menyamakan jenis huruf ke dalam upper atau lower case tanpa harus coding seperti di python atau R. Biasanya dalam proses cleaning lebih sering menggunakan lowercase dibandingkan upper dan proper case.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Penggunaan VLOOKUP

excel

VLOOKUP (pencarian vertikal) merupakan fungsi Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam kolom yang disebut table array, setelah data yang dicari ditemukan, maka nilai akan dikembalikan di kolom yang berbeda dalam baris yang sama. Dalam VLOOKUP terdiri dari empat komponen yaitu, nilai yang ingin kita cari, range dimana nilai itu akan kita temukan dan nilai akan dikembalikan, jumlah kolom pada range yang telah ditentukan yang berisi nilai yang dikembalikan, dan nilai false (0) untuk kecocokan persis dengan nilai yang kita cari serta true (1) untuk perkiraan kecocokan.


Syntax :
                =VLOOKUP(value, range ,nomor_kolom,[true or false])


Dimana value adalah nilai pencarian, range adalah rentang yang berisi pencarian, nomor_kolom adalah kolom yang berisi rentang nilai yang dikembalikan, serta true or false itu berisi perkiraan kecocokan (true) atau kecocokan sama persis (false).


3. Penggunaan HLOOKUP

excel

HLOOKUP (pencarian horizontal) merupakan fungsi Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam baris untuk data yang cocok dan output dari kolom terkait. Ketika VLOOKUP mencari nilai dalam kolom, HLOOKUP mencari nilai dalam baris. 


Syntax :
        =HLOOKUP(value, range, nomor_baris, [true or false])


Dimana value adalah nilai pencarian, range adalah rentang yang berisi pencarian, nomor_baris adalah baris yang berisi rentang nilai yang dikembalikan, serta true or false itu berisi perkiraan kecocokan (true) atau kecocokan sama persis (false). Untuk syntax sebenarnya tidak jauh berbeda dengan VLOOKUP, yang membedakan hanya pada nomor baris atau nomor kolom tempat nilai yang dikembalikan.


4. Penggunaan Rumus IF Sederhana

Secara harfiah, fungsi IF artinya œkondisi yang biasa digunakan untuk mengetahui suatu kondisi dari data. Apabila suatu kondisi terpenuhi atau bernilai TRUE, maka fungsi IF akan memproses data tersebut. Tetapi, jika suatu kondisi tidak terpenuhi atau bernilai FALSE, maka fungsi IF tidak memproses data tersebut dan akan melanjutkan ke data selanjutnya.Selain itu  Selain itu fungsi IF pada excel biasanya diikuti oleh operator logika seperti AND, OR, dan NOT atau operator pembanding seperti <,>,=, <>,<=,>=.


Syntax:
                =IF(kondisi;jika_kondisi_benar;jika_kondisi_salah)


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Belajar Excel Pemula Hingga Mahir dengan Modul DQLab!

excel

Gabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning dengan konsep belajar yang fleksibel. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annisa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :