GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 16 Menit 23 Detik 

Rumus Lengkap Excel Terupdate untuk Dunia Kerja

Belajar Data Science di Rumah 09-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/488a096f5ea38dce0b931aa00ed15450_x_Thumbnail800.jpg

Sahabat data mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya Excel. Yup, salah satu produk Microsoft ini merupakan software yang dibuat untuk memudahkan pengolahan data angka. Excel bisa dipasang di berbagai sistem operasi seperti Windows dan MacOS. Cara instalasinya juga dapat ditemukan dengan mudah di internet maupun buku-buku yang membahas aplikasi Excel. Bentuk lembar kerja Excel berupa kumpulan kolom dan baris yang disebut worksheet dan terdapat kolom formula untuk menerapkan rumus di atas worksheet.


Excel sangat bermanfaat di bidang akuntansi, pengelolaan data, manajemen data, kalkulasi matematis, analisis data, operasi tabel, dan pembuatan grafik atau visualisasi data. Banyak menu dan fitur yang bisa digunakan untuk pekerjaan tersebut contohnya fitur Data Analysis, macam-macam pilihan grafik, fitur untuk menyambungkan Excel ke software analisis lainnya, fitur Pivot Table, dan lain sebagainya. Untuk melakukan pengolahan data, Excel menyediakan berbagai formula atau rumus yang memiliki kegunaannya masing-masing. Nah, kali ini kita akan bahas rumus Excel yang sering digunakan di dunia kerja. Yuk, simak artikel ini sampai habis!


1. SUM

excel

Penjumlahan merupakan rumus dasar matematika dan kita bisa menerapkannya di Excel dengan menuliskan rumusnya langsung di kolom. Misalnya untuk melakukan penjumlahan sederhana yaitu 7 di sel A1 dan 8 di sel B1. Formulanya bisa dituliskan =7+8 atau dengan klik selnya sehingga menjadi =A1+B1. Output yang dihasilkan akan sama hanya saja penulisan formula atau rumusnya yang berbeda. Namun cara ini kurang efektif untuk data yang sangat banyak, sehingga lebih baik gunakan fungsi yang disediakan yaitu SUM


Fungsi SUM biasanya digunakan untuk operasi penjumlahan. Penggunaan fungsi SUM adalah dengan menuliskannya di kolom fx yang terletak di bagian atas sheet dimana rumusnya yaitu =SUM(number1, number2,...). Kamu juga bisa menggunakan cara cepat yaitu pilih sel yang ingin kamu tempatkan hasil penjumlahannya kemudian klik fungsi AutoSum lalu blok baris atau kolom yang akan dijumlahkan. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. MIN and MAX

excel

Suatu kumpulan data biasanya terdiri dari berbagai jenis data dan tidak selalu urut. Bagaimana caranya mencari data dengan nilai maksimal atau nilai minimum dengan cepat? Kita bisa menggunakan fungsi MAX untuk mencari nilai paling tinggi pada suatu kumpulan data. Penulisan rumusnya yaitu =MAX(number1, number2, ….) dimana number1, number2, dan seterusnya dapat berisi range data yang akan dicari nilai tertingginya. 


Sedangkan untuk mencari nilai paling kecil atau minimum kita bisa menggunakan fungsi MIN pada Excel digunakan untuk mencari nilai terendah pada suatu kumpulan data. Penulisan rumusnya yaitu =MIN(number1, number2, ….). Sama dengan fungsi MAX, number1, number2 dan seterusnya berisikan range data yang akan dicari nilai terendahnya. 


3. AVERAGE

excel

Ketika kita ingin menghitung nilai rata-rata pada suatu kumpulan data, Excel menyediakan fungsi AVERAGE. Fungsi ini berjalan seperti fungsi SUM yang melakukan perhitungan di belakang layar. Penggunaannya sama dengan fungsi lainnya yaitu menuliskannya di kolom fx. Penulisan fungsi AVERAGE yaitu =AVERAGE(number1, number2, ….). Atau bisa juga dengan cara cepat yaitu blok range data yang ingin dihitung nilai rata-ratanya dan isikan di fungsi AVERAGE. Fungsi ini hanya berlaku untuk data numerik atau data angka. Fungsi ini sangat memudahkan kita mencari nilai rata-rata lebih cepat dan akurat. 


4. MATCH

excel

Match adalah fungsi di Excel yang digunakan untuk mencari posisi nilai pada suatu range dalam baris atau kolom tertentu. Penggunaan fungsi Match menghasilkan sebuah angka yang melambangkan posisi data yang dicari pada baris atau kolom tersebut. Fungsi Match dapat digunakan mulai dari Excel 2003. Penulisan rumus atau formula dengan Match yaitu sebagai berikut:


MATCH(lookup_value; lookup_array; [match_type])


Dengan keterangan sebagai berikut:

  • lookup_value adalah nilai atau data yang dicari pada baris atau kolom tertentu

  • lookup_array adalah rentang sel atau range data yang akan dicari

  • match_type berisi argumen untuk metode pencarian data yang diinginkan. Ini bersifat opsional. Secara default argumen ini adalah 1. 


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Belajar Rumus Excel Lainnya di DQLab

Menarik, bukan belajar Excel? Selain tidak perlu menggunakan programming untuk pengolahan data, fitur-fiturnya juga sangat mendukung proses analisis data. Formula atau rumus yang sudah kita bahas di poin-poin di atas hanyalah sebagian kecil dari semua rumus yang ada di Excel. Contohnya yaitu rumus untuk penerapan metode statistik. Kamu bisa mempelajari macam-macam rumus Excel dari buku, internet, atau dengan ikut kursus data bersama DQLab. Tersedia modul platinum untuk belajar Excel dari tingkat basic hingga advanced. Yuk, daftar sekarang di DQLab.id dan pelajari banyak rumus Excel bersama mentor data!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!