GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 46 Menit 55 Detik 

Rumus Perkalian di Excel untuk Pembuatan Laporan

Belajar Data Science di Rumah 15-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7eb1189589bdb85230350bcefad2dac7_x_Thumbnail800.jpg

Keberadaan rumus perkalian di excel jadi memudahkan kita untuk mencari nilai perkalian tanpa harus menghitungnya secara manual. Seperti yang telah diketahui, bahwa Microsoft Excel merupakan software spreadsheet yang sangat powerful dikelasnya, tanpa harus memakan banyak space di RAM PC jika dibandingkan dengan software lainnya yang cukup berat. Microsoft excel sangat populer digunakan di bidang akademik dan juga perkantoran untuk melakukan pengolahan data-data yang meliputi rumus perkalian di excel. Microsoft Excel juga menyediakan banyak fungsi, dan rumus dasar excel hingga advanced serta shortcuts yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Oleh karena itu, excel masih menjadi andalan di berbagai kalangan untuk melakukan pengolahan data. 


Namun, masih ada sebagian orang yang belum memahami fungsi rumus di dalam excel. Sehingga menganggap aplikasi ini cukup sulit untuk dioperasikan. Padahal jika sudah bisa memahami penggunaan rumusnya, maka akan semakin mempermudah pekerjaan sehari-hari kita terutama dalam pembuatan laporan. Untuk itu, artikel ini akan membahas tentang rumus perkalian di excel untuk memudahkan pekerjaan kita. Yuk, langsung saja kita simak!


1. Menggunakan Operator Asterisk (*)

Untuk membuat formula untuk mengalikan dua angka kamu dapat menggunakan simbol asterisk atau bintang (*). Sebagai contoh, untuk mengalikan 3 dengan 7 maka kamu dapat mengetik =3 * 7. Gunakan format yang sama untuk mengalikan angka dalam dua sel: = A1 * A2 mengklasifikasikan nilai-nilai dalam sel A1 dan A2. Anda dapat mencampur dan mencocokan * dengan operator aritmatika lainnya, seperti penjumlahan (+), pengurangan (-), divisi (/),dan eksponensial ?(^). Dalam kasus ini, ingat bahwa excel melakukan operasi dalam urutan: tanda kurung terlebih dahulu, diikuti oleh eksponen, perkalian, divisi, penjumlahan, dan pengurangan. Dalam formula berikut berikut =3 * 4 + 5 * 7, excel melakukan dua operasi multiplikasi terlebih dahulu, memperoleh 12 + 35, dan menambahkan produk untuk mencapai 47. Lantas, bagaimana jika kamu ingin menambahkan 3 + 5 sebelum melakukan multiplikasi? Gunakan tanda kurung, excel akan selalu mengevaluasi apapun dalam tanda kurung sebelum melanjutkan perhitungan yang tersisa. Misalnya, =3 * (3 + 5) * 6, excel menjumlahkan 3 dan 5 terlebih dahulu, menghasilkan 8. Kemudian berlipat ganda = 3 * 8 * 6 dan mencapai 144.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Multiplikasi dengan Product Function     

Ketika kamu perlu mengalikan beberapa angka, kamu dapat menghargai produk rumus pintasan, yang mengalikan semua angka yang kamu sertakan dalam tanda kurung sebagai berikut:

  • Angka atau formula yang dipisahkan oleh komax seperti: = PRODUCT (3,5 + 2,8,3.14) dan ini setara dengan = 3 * (5 +2) * 8 *3.14

  • Referensi sel dipisahkan oleh koma, seperti: =PRODUCT(A3, C3, D3, F3) dan ini juga akan setara dengan =A3*C3*D3*F3

  • Berbagai sel yang mengandung angka atau berbagai rentang yang dipisahkan oleh koma, seperti: =PRODUCT(F3:F25), yang mana ini akan sama dengan =F3*F4*F5*(dan seterusnya sampai ke)* F25 atau =PRODUCT(F3:F25, H3:H25)

  • Setiap kombinasi angka, rumus, referensi sel dan referensi jangkauan

Dalam setiap kasus, excel mengalikan semua angka untuk menemukan produk. Jika sel dalam kisaran kosong atau berisi teks, excel meninggalkan nilai sel itu dari perhitungan. Jika sel dalam range adalah nol, product juga akan nol.


3. Multiplikasi  Rentang dengan Fungsi Product

Sama seperti kebanyakan fungsi excel, fungsi PRODUCT juga dapat kamu gunakan untuk menyelesaikan perkalian data dalam satu range sekaligus. Sebagai contoh, kamu ingin mengalikan angka yang berada di cel c2 hingga c10 maka penulisan rumusnya sebagai berikut : =PRODUCT(C2:C10) yang artinya hitung perkalian dari cell C2 hingga C10. Rumus ini hanya menggunakan satu argumen yaitu number 1.


4. Rumus Perkalian dengan Paste Special

Misalnya kamu memiliki data pada cell A2 sampai A11. Masing-masing cell akan kamu kali dengan angka pada cell C2. Kemudian hasilnya akan langsung kamu timpa ke cell A2 sampai A11. Ini merupakan trik sederhana untuk mengubah angka yang sudah ada dengan perkalian. Caranya, silahkan tahap-tahap berikut:

  • Pertama, klik kanan pada Cell C2 kemudian pilih Copy. Atau Anda juga bisa menekan Tombol CTRL dan C pada keyboard secara bersamaan.

  • Kedua, blok range data awal yaitu A2:A11 Kemudian klik kanan range tersebut dan pilih paste special

  • Ketiga, pada Window Paste Special, lihat bagian Operation. Kemudian pilih Multiply dan klik Ok.   


Baca juga : Permudah Pekerjaanmu Menggunakan Rumus Excel Dasar


5. Pelajari Rumus Perkalian di Excel dan Rumus Lainnya Bersama DQLab! 

DQLab selalu melakukan update baik dari segi materi maupun sistem, salah satu buktinya adalah dengan adanya modul platinum yang menyajikan materi-materi tentang excel dari mulai rumus-rumus dasar yang mudah dan cepat hingga tingkat lanjut. Selain itu juga di modul excel kamu juga dapat menikmati materi data cleaning menggunakan microsoft excel juga. Bersama DQLab kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :