PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 41 Menit 33 Detik

Sambut 2021 dengan Kursus Data Science Gratis

Belajar Data Science 18-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/06db51aa249bf3cbf9447a948ec3502f_x_Thumbnail800.jpg

Tahun baru pastinya semangat baru. Apakah teman-teman memiliki resolusi untuk belajar skill baru? Kalian bisa coba untuk mulai belajar data science sebagai salah satu skill yang bisa dipelajari di tahun 2021 ini. Menurut laman Glints, bahwa skill data science menjadi skill yang paling dibutuhkan pada tahun 2021. Skill ini diperlukan perusahaan untuk dapat membuat keputusan yang lebih baik dan berdasarkan data di tahun 2021. Keterampilan yang dibutuhkan mencakup dasar-dasar analisis data dan pengetahuan tentang bagaimana data dikumpulkan, disimpan, diatur, dianalisis dan diinterpretasikan. Bagi teman-teman yang akan menekuni karir di bidang data, kursus data science gratis menjadi salah satu solusi untuk mulai belajar data. 


Salah satu kursus data science gratis yang menyediakan akses free module adalah DQLab. Paket kursus yang ditawarkan oleh DQLab bervariasi mulai dari gratis hingga berbayar. Materi kursus yang diajarkan disesuaikan dengan kebutuhan industri dan praktisi data seperti tersedianya tiga bahasa pemrograman seperti R, Python, SQL. DQLab menawarkan kursus data science secara gratis yakni menyediakan free access module atau akses modul gratis yaitu Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python. Penasaran dengan apa isi modul gratisnya yang bisa kamu pelajari? Pastikan jangan lewatkan kesempatan ini. Simak terus artikelnya sampai habis ya!


1. Akses Modul Gratis "Introduction to Data Science with R"

Module "Introduction to Data Science with R" ini membahas penggunakan DQLab LiveCode Editor dan dasar bahasa pemrograman R sebagai langkah awal menjadi data scientist. Modul ini terdiri dari 2 chapters dan 13 sub chapters. Kalian bisa akses modul gratisnya langsung di DQLab. Selanjutnya, kita akan bahas masing-masing chapter yang ada pada modul "Introduction to Data Science with R". Di chapter pertama, kamu akan mengenal metode belajar dengan Live Code Editor dan dasar-dasar pemrograman R. Mulai dari pentingnya penggunaan aplikasi R bagi seorang data scientist, kenapa harus R, praktik penggunaan angka dan perhitungan, dan penggunaan variabel dalam R. R adalah nama sebuah bahasa pemrograman sekaligus software untuk pengolahan data dan grafik. R sangat populer saat ini karena tiga hal berikut yaitu Banyak pilihan pengolahan data dengan jumlah fitur yang sangat komplit - dari grafik sampai machine learning. Lebih cepat dipelajari dan dijalankan untuk mengolah data dibandingkan dengan bahasa lain. R bersifat gratis dan open source yang artinya, tidak perlu biaya lisensi yang biasanya sangat mahal untuk software pengolahan data. Selanjutnya, pada chapter kedua kamu akan belajar penggunaan comment, vector dan fungsi summary untuk mengenal karakteristik data. Oleh karena itu, modul ini didesain dengan live code editor yang bisa kamu gunakan untuk berlatih langsung di environment DQLab tanpa instalasi software tambahan. Pastikan kalian selalu belajar dan banyak latihan terus ya!


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2.Akses Modul Gratis "Introduction to Data Science with Python"

Kedua, kamu juga bisa dapatkan akses modul gratis "Introduction to Data Science with Python". Modul ini akan memperkenalkan bahasa pemrograman Python sebagai salah satu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas dalam ranah data science. Modul "Introduction to Data Science with Python" terdiri dari 2 chapter dan 16 subchapter yang bisa kamu akses dan pelajari di DQLab. Sebagai general-purpose programming language, Python digunakan untuk berbagai macam permasalahan seperti: pengembangan aplikasi web ataupun mobile, data science, dll. Python masuk ke dalam kategori high-level programming language dikarenakan bahasa pemrograman Python yang mudah untuk dibaca dan dituliskan oleh manusia. Python adalah bahasa yang ditujukan untuk general-purpose programming, jenis high-level programming language dan berlisensi open source. Karena tiga karakteristik itulah, banyak pengembang membuat library python ditujukan untuk data science dan tentunya memudahkan pengguna dalam melakukan analisis dan membuat model prediktif dalam data science.Tidak hanya materi saja yang diajarkan, pada modul ini juga disajikan Quiz untuk mereview pemahaman kamu selama mempelajari materi. 


Pada chapter pertama, kamu akan mengenal metode belajar dengan Live Code Editor dan dasar-dasar pemrograman Python. Mulai dari list library pada python, struktur bahasa python hingga penggunaan variables dan comments dalam python. Adapun list library yang disediakan pada python yaitu pandas, numpy, scipy, matplotlib, seaborn dan scikit-learn. Sedangkan, pada chapter kedua modul ini lebih banyak membahas tentang tipe data pada Python dan menerapkan teknik memanggil library pada Python. Secara garis besar, ada berbagai tipe data di Python yaitu none, numeric, boolean, sequence, set dan map. Setelah belajar tipe data Python, di chapter ini kamu juga akan belajar cara menggunakan library python. Library python dapat diakses, kamu harus mengimport library-nya dulu. Ada dua cara untuk mengimport library yaitu menggunakan perintah import nama_library atau import nama_library as alias.


Baca juga: Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


3.Dapatkan "Certificate of Completion" Setelah Menyelesaikan Kelasnya!

Setelah menyelesaikan kedua modul tersebut, Selamat kamu telah berhasil. Nantinya kamu akan mendapatkan sertifikat selesai kelas atau "Certificate of Completion". Dengan menyelesaikan kedua modul tersebut, maka dapat dipastikan kamu mengambil langkah tepat untuk mulai berkarir sebagai calon praktisi data. Sertifikat juga bisa jadi bukti kamu untuk siap bersaing di industri Data. Pengen belajar banyak mengenai modul lainnya di DQLab? Jangan lupa untuk subscribe dan upgrade ke akun premium ya! Agar kesempatannya semakin besar untuk mengakses modul lebih banyak lagi. Keuntungan lainnya adalah kamu juga bisa mengikuti projects data challenge dari data mentor. Hal tersebut bisa kamu gunakan sebagai bekal untuk portofolio data kamu.


4.Yuk Cobain Akses Modulnya Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!



Penulis: Reyvan Maulid Pradistya

Editor : Annissawd


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login