PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 4 Menit 37 Detik

Seberapa Efektifkah Roadmap Data Engineer untuk Pemula?

Belajar Data Science di Rumah 29-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-04-2024-06-30-211629_x_Thumbnail800.jpg

Seorang data engineer bertanggung jawab untuk merancang, membangun, dan memelihara infrastruktur data dan sistem pengolahan data. Mereka bekerja dengan berbagai alat dan teknologi untuk memastikan bahwa data tersedia untuk diproses dan dianalisis dengan tepat waktu dan akurasi tinggi. Peran ini memerlukan pemahaman yang kuat tentang teknik pemrosesan data, manajemen database, dan pemrograman.


Bagi mereka yang tertarik memulai karir sebagai Data Engineer, memiliki roadmap atau peta jalan yang jelas bisa menjadi kunci kesuksesan. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat diikuti oleh pemula untuk menjadi seorang Data Engineer. Yuk simak penjelasan berikut sahabat DQLab agar kamu tidak salah jalur!


1. Pemahaman Dasar Matematika dan Statistik

Roadmap data engineer yang pertama yaitu pemahaman dasar matematika dan statistik sangat diperlukan untuk membangun landasan yang kokoh dalam mengolah data secara efektif. Pemahaman matematika seperti aljabar linear, probabilitas, dan statistik inferensial membantu dalam memahami pola-pola yang tersembunyi dalam data serta memvalidasi hasil analisis dengan tepat.


Dengan memahami statistik, seorang data engineer dapat mengambil keputusan berdasarkan bukti yang kuat dari data, menghindari bias, dan mengoptimalkan proses pengolahan data untuk menghasilkan insight yang lebih akurat dan bernilai bagi perusahaan.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Penguasaan Bahasa Pemrograman

Kemampuan dalam bahasa pemrograman seperti Python, SQL, dan Scala sangat penting. Python sering digunakan untuk analisis data dan automasi, SQL untuk mengakses dan mengelola database, sementara Scala sering digunakan untuk komputasi data besar.


3. Pemahaman Terhadap Sistem Database

Memiliki pengetahuan yang solid tentang sistem database relasional dan non-relasional seperti MySQL, PostgreSQL, MongoDB, dan lainnya, sangat diperlukan. Ini termasuk kemampuan untuk merancang skema database dan melakukan optimasi kinerja.


4. Mengetahui Alat dan Teknologi yang Menunjang Big Data

Mengingat volume data yang besar yang dikelola oleh perusahaan, pemahaman tentang alat dan teknologi big data seperti Hadoop, Spark, Kafka, dan sistem penyimpanan data seperti HDFS menjadi sangat berharga. Alat-alat ini dirancang khusus untuk menangani skala besar dan kompleksitas data, memungkinkan pengolahan data real-time, analisis yang mendalam, serta pengelolaan streaming data dengan efisiensi tinggi.


Kombinasi pemahaman mendalam tentang alat-alat ini memungkinkan seorang Data Engineer untuk merancang dan mengimplementasikan arsitektur data yang scalable, yang memenuhi kebutuhan organisasi dalam mengelola, mengakses, dan menganalisis data dengan efektif. Dengan kemampuan ini, seorang Data Engineer dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan berbasis data secara akurat dan cepat.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


5. Seberapa Efektifkah Roadmap Data Engineer untuk Karir Pemula?

Sesuai dengan pertanyaan yang diajukan pada judul, kira-kira efektif atau tidak sih roadmap data engineer untuk menunjang karir pemula? Jawabannya tentu sangat efektif. Hal ini karena mengikuti roadmap Data Engineer akan memberikan pemula landasan yang kokoh dalam mengembangkan keterampilan teknis yang sangat dicari di pasar saat ini.


Dengan memahami dasar matematika, bahasa pemrograman, dan sistem database, serta mendapatkan pengalaman praktis dengan alat-alat big data dan cloud computing, seseorang dapat membangun fondasi yang kuat untuk bekerja sebagai Data Engineer.


Dengan demikian, efektivitas roadmap Data Engineer untuk karir pemula tidak diragukan lagi. Ini bukan hanya tentang memperoleh keterampilan teknis, tetapi juga tentang membuka pintu menuju kesempatan karir yang menjanjikan di bidang yang terus berkembang pesat ini.


Dengan memiliki roadmap yang jelas, seorang data engineer dapat menjalankan pekerjaannya dengan lebih efisien, produktif, dan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan bisnis. Roadmap membantu dalam merencanakan, mengelola, dan mengukur perkembangan dalam bidang data engineering, sehingga menjadi alat penting dalam kesuksesan pekerjaan sehari-hari data engineer.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login