Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Seberapa Pentingkah Excel Bagi Pondasi Karir?

Belajar Data Science di Rumah 22-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e74974a1269197e788bc3ce10ae2d297_x_Thumbnail800.jpeg

Apakah sebagian besar dari kalian pernah membaca kualifikasi perusahaan dalam proses rekrutmen karyawan baru? Nah, jika kalian pernah melihatnya, tentunya tidak asing dengan syarat "mampu menguasai Microsoft Excel".


Ya, memang benar adanya bahwa perusahaan sangat membutuhkan seseorang yang menguasai Microsoft Excel. Hal ini dikarenakan pengaplikasian Microsoft Excel hampir selalu dibutuhkan dalam setiap pekerjaan.


Terutama bagi orang-orang yang bekerja di bidang Data, Finance, Marketing, dan bidang-bidang lain yang berkaitan dengan perencanaan budget, serta pelaporan kinerja dengan penginputan data.


Jika melihat perkembangan teknologi saat ini, rasanya hampir semua industri pasti membutuhkan proses penginputan data dan pelaporan kinerja. 


Oleh karena itu, bagi pemula data pastikan untuk tahu dan mengetahui beberapa alasan-alasan kenapa sih kita harus mempelajari Excel? Kalian bisa kepoin alasan-alasannya di postingan ini loh!


1. Software Andalan dari Berbagai Industri

Tidak dapat dipungkiri, jika sekarang ini Excel telah digunakan di hampir seluruh bidang pekerjaan manapun. Apapun jabatannya dan apapun posisinya, Excel akan selalu digunakan kapanpun dan dimanapun.


Terbukti dengan adanya kehadiran Excel mampu menggeser spreadsheet lainnya sehingga Excel didapuk menjadi salah satu software andalan dari berbagai industri.


Sebagai seorang pemula di bidang data, paling tidak kamu harus tahu apa saja fungsi-fungsi dasar yang dimiliki oleh Microsoft Excel. Seperti bagaimana caranya menjumlahkan total, rata-rata, menghitung rekapan penjualan, serta formula dasar lainnya.


Terlebih lagi, kini Excel menjadi salah satu skill yang harus dikuasai oleh kandidat pelamar kerja karena sekarang Excel menjadi sebuah requirements khusus untuk masuk ke dunia kerja. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cepat dan Mudah untuk Transform dan Cleaning Data

Jika kamu adalah salah satu dari orang-orang yang profesinya selalu bersinggungan dengan data banyak atau kamu tau orang yang berprofesi sebagai praktisi data, pasti ada banyak situasi dimana kamu perlu berurusan dengan data yang berantakan, yang mengandung missing value, punctuation, dan lain sebagainya.


Tentunya, sebelum kamu menggunakan data tersebut kamu akan melakukan cleaning data dan transform data. Biasanya untuk melakukan cleaning dan transform data akan memakan waktu yang cukup lama dan cenderung membosankan.


Buat kamu yang kebetulan bukan berasal dari background STEM terutama IT dan belum familiar dengan codingan mungkin akan takut duluan. Tapi, jangan takut, jangan khawatir karena Microsoft memiliki produk yang bisa melakukan cleaning data dan transforming dengan baik.


3. Manajemen dan Interpretasi Informasi Lebih Mudah

Excel tidak hanya sebuah lembar kerja berisi banyak kotak. Tools ini berguna untuk mengorganisir data dengan lebih mudah. Bayangkan kita punya ribuan data, bagaimana caranya kita mengurutkan ribuan data tersebut dari yang terkecil ke terbesar, atau berdasarkan urutan alfabet.


Untungnya, Excel punya fitur sort yang bisa membantu kita untuk mengurutkan data hanya dengan satu kali klik. Selain itu, Excel juga memiliki fitur lain seperti fitur memfilter data dengan kriteria tertentu, melakukan perhitungan matematika, bahkan kita bisa melakukan analisis statistik seperti forecasting dengan Excel.


4. Mempermudah Menyusun Laporan Keuangan

Penyusunan laporan keuangan sangatlah penting untuk memastikan dana perusahaan keluar kemana saja dan untuk apa saja. Salah satu software yang banyak perusahaan gunakan untuk menyusun laporan keuangan salah satunya adalah Microsoft Excel ini.


Microsoft Excel bisa menjadi alternatif software laporan keuangan. Dengan sifat software nya yang terdiri dari kumpulan baris dan kolom, akan memudahkan perancangan laporan keuangan berupa angka dengan fasilitas rumus perhitungan yang lengkap.


Rumus-rumus Excel akan membantu perhitungan angka dari data keuangan dengan cepat menggunakan fungsi penjumlahan, pengurangan, pembagian, rata-rata dan masih banyak ragam fungsi lainnya. Selain itu Excel juga memiliki kelebihan lainya yaitu memiliki banyak dukungan dari pihak ketiga.


Excel pada dasarnya dianggap sebagai standar terbaik untuk perangkat lunak spreadsheet dan dapat dinikmati pada sejumlah perangkat lain, termasuk smartphone dan tablet.


Kebanyakan program spreadsheet lainnya juga memperbolehkan untuk mengimpor lembar Excel ke format asli mereka dan mengekspor spreadsheet mereka sendiri sebagai file Excel. Dengan adanya banyak dukungan ketiga, kamu dapat menggunakan tools-tools yang tersedia di internet yang dapat semakin memaksimalkan kinerja Microsoft Excel.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Bingung mau kuasai skill Excel untuk persyaratan kerja dan skill wajib untuk pelamar kerja? Gausah ragu dan takut. DQLab jawabannya!


Jika kamu penasaran dengan Data Science dan ingin belajar Data Science dan Excel secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya di DQLab.id dan lakukan Sign Up untuk dapatkan info-info terbaru.


Yuk ikuti juga bootcamp Excel intensif selama tiga bulan bersama expert yang sudah berpengalaman di bidang Data Science. 


Bootcamp LiveClass ini akan dilaksanakan dari Bulan Januari hingga Maret 2023, terbuka untuk umum, dan dilaksanakan di Hari Sabtu dan Minggu jadi tidak akan mengganggu aktivitas kamu. Selamat belajar!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login