PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 36 Menit 49 Detik 

Sedang Belajar Data Science? Jangan Lupa Pelajari Bahasa Pemrogramannya Ini, Ya!

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/878e629f7d3915a5b571cfef644eb3f3_x_Thumbnail800.png

Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang mendasari beberapa profesi beken saat ini dan sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan maupun organisasi. Namun, meskipun Data Science memiliki banyak peminat, tidak sedikit juga yang kurang mengerti seperti apa Data Science, kegunaannya, hingga dapat menjadi profesi seperti apa.


Secara singkat, Data Science adalah ilmu yang mempelajari penggabungan dari ilmu komputer, matematika, dan statistik. Tujuan dari ilmu Data Science adalah untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan kumpulan data besar, baik yang terstruktur ataupun tidak terstruktur. Agar teman-teman semakin paham mengenai Data Science hingga pelatihannya, artikel ini perlu teman-teman baca. Yuk, simak bersama!


1. Mengapa Memilih Data Science?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ilmu Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang turunan profesinya sedang diincar banyak orang. Turunan profesinya adalah Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, dan masih banyak lagi. Namun yang menjadi incaran banyak orang hingga perusahaan adalah profesi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Dengan menjadi incaran banyak perusahaan saja sudah menjadi alasan utama mengapa kalian perlu belajar Data Science, tentunya karena menjanjikan. 


Ditambah lagi ketiga profesi tersebut merupakan profesi terbaik per hari ini yang semakin hari kebutuhan akan tenaga kerja tersebut semakin meningkat. Selain itu juga, kalian bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi tren yang terus berubah secara cepat. Apabila kalian mempelajari Data Science, tidak hanya kalian belajar dalam bidang tersebut saja, tetapi kalian juga dapat mempelajari bidang lainnya yang masih berkaitan dengan Data Science. Jadi dapat dikatakan bahwa kalian bisa mendapatkan banyak ilmu.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Skill Dasar Data Science

Ketika kalian memutuskan akan menggeluti suatu profesi, tentunya terdapat beberapa skill atau keahlian dasar yang perlu kalian pelajari untuk menopang pekerjaan kalian nantinya. Dengan skill dasar tersebut, diharapkan tenaga kerja dapat mengerjakan pekerjaannya dengan lebih efisien dan lebih akurat. Untuk profesi turunan Data Science terdapat tiga skill yang perlu dipelajari, yang pertama adalah pemrograman. Skill tersebut akan sangat membantu kalian yang akan menjadi seorang Data Analyst atau Data Scientist. 


Setidaknya kalian perlu memahami bahasa pemrograman Python. Skill yang kedua adalah statistika, pemahaman akan skill ini merupakan hal yang mendasar untuk profesi dalam bidang data. Selain bermanfaat untuk menentukan algoritma, skill ini juga dapat digunakan dalam pengembangan software machine learning, lho! Kemudian untuk skill yang terakhir adalah visualisasi data, skill ini diperlukan terutama jika kalian akan menjadi seorang Data Analyst karena kalian akan membantu dalam hal penentuan keputusan.


3. Bahasa Pemrograman yang Perlu Dipelajari

Salah satu yang pastinya akan kalian pelajari dalam ilmu Data Science adalah bahasa pemrograman, karena materi tersebut akan sering kalian temukan dalam pekerjaan kalian sehari-hari. Berikut beberapa bahasa pemrograman yang dapat kalian pelajari.

  • Python : Bahasa pemrograman ini open source dan cocok untuk kamu yang ingin mengembangkan web ataupun membuat suatu aplikasi.

  • Bahasa R : Sama seperti Python, Bahasa R juga open source dan dapat digunakan sebagai media analisis statistika dan grafik.

  • SQL : SQL merupakan bahasa query yang dirancang untuk proses analisis data.

  • Scala : Merupakan bahasa pemrograman yang menggabungkan paradigma pemrograman yang berorientasi pada objek dan fungsional

  • Julia : Bahasa pemrograman untuk proses analisa numerik dan visualisasi data

  • JavaScript : Bahasa pemorgraman yang digunakan untuk pengembangan website agar lebih dinamis dan interaktif.

  • MATLAB : Bahasa yang berbasis matriks, sebagai wadah untuk proses analisis data.

  • C/C++ : Bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk pembuatan suatu aplikasi.


4. Prospek Karir Data Science

Untuk prospek karir dalam ilmu Data Science, kalian dapat menjadi tiga profesi yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Terlebih untuk saat ini di Indonesia sendiri yang sangat dibutuhkan di berbagai industri adalah profesi Data Analyst dan Data Scientist. Kedua profesi ini dibutuhkan untuk mengolah dan menginterpretasikan kumpulan data untuk strategi perusahaan selanjutnya. 


Dilihat dari tugas profesi-profesi tersebut membutuhkan keahlian dan keterampilan dari segi hard skill dan soft skill. Oleh karena itu, meskipun Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer dibutuhkan oleh banyak perusahaan dalam berbagai bidang, pembelajaran untuk menjadi profesi-profesi tersebut tidaklah mudah.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Kuasai Data Science Bersama DQLab

Ilmu Data Science akan sangat menguntungkan bagi kalian yang sedang ingin mempelajari suatu hal yang baru, namun diperlukan keseriusan agar tidak sia-sia. Kalian bisa mulai belajar Data Science dari awal hingga ahli di DQLab, cukup sign up di DQLab.id, lalu kalian bisa langsung mengerjakan module "Introduction Data Science with Python and R" sebagai materi awal kalian di DQLab. Ayo, belajar Data Science bersama DQLab.id dan raih jenjang karir tertinggi dari salah satu profesinya!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :