BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 59 Menit 31 Detik 

Sederetan Tugas Data Scientist Yang Perlu Kalian Tahu

Belajar Data Science di Rumah 08-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3c2af4220996700a536afded46ca0818_x_Thumbnail800.png

Presiden Joko Widodo memberikan pesan bahwa berbagai upaya terkait dengan penanggulangan dan penanganan pandemi COVID-19 benar-benar harus selaras dan berdasarkan data. Beliau mengatakan kita memiliki data-data dan setiap kebijakan yang kita lakukan serta keputusan yang ingin kita putuskan harus selalu berdasarkan dengan data science. Mendengar pernyataan Presiden, seakan memberikan sinyal jika penggunaan data benar-benar berarti dalam pengambilan keputusan suatu kebijakan pemerintah. Alasan inilah yang mendasari munculnya pernyataan œData is the new oil yang berarti data akurat merupakan sebuah kekayaan baru yang nilainya jauh lebih berharga dibandingkan dengan minyak itu sendiri. Presiden juga memberikan arahan agar apapun bentuk kebijakan yang dikeluarkan harus mengikuti saran para ilmuwan yang berkompeten di bidangnya. Hal ini dikarenakan penetapan kebijakan sejatinya bisa tepat sasaran sesuai dengan akar permasalahannya. Presiden menyebut secara khusus jika mereka perlu meminta saran kepada para ilmuwan data atau Data Scientist. Karena mereka justru lebih tahu bagaimana caranya permasalahan yang sedang terjadi dapat diselesaikan dengan beberapa metode dengan menggabungkan data-data yang ada. Data yang valid dan akurat dinilai sebagai sebuah kunci sukses dalam pembangunan.


Data scientist sebagai salah satu profesi khusus yang disebutkan oleh Presiden Joko Widodo memiliki tugas yang berat. Walaupun demikian mereka berhak untuk diganjar dengan gaji yang fantastis. Walaupun keren namanya tetapi tidak sekeren tugas-tugasnya. Presiden Jokowi juga berbicara soal bahasa pemrograman dalam jangka waktu kedepan. Bahasa kedepannya bukan hanya Bahasa Inggris saja, tetapi bahasa coding penting ke depan. Karena ke depan banyak pekerjaan-pekerjaan yang hilang, tapi juga muncul pekerjaan-pekerjaan baru. Kedepannya pekerjaan-pekerjaan strategis akan digantikan oleh pesatnya perkembangan teknologi. Tidak dapat dipungkiri jika kedepannya Data Scientist adalah salah satu pekerjaan yang bersinar di masa depan. Namun sebelum itu ada baiknya sahabat data perlu tahu dulu nih apa aja sih tugas-tugasnya seorang Data Scientist ini? Kok bisa presiden kita sendiri menyebutkan profesi yang paling mulia pekerjaannya karena erat kaitannya di ranah data. So, pastinya kalian benar-benar penasaran bukan? Sederetan tugas-tugas apa yang biasanya diambil alih langsung oleh para Data Scientist? Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas terkait sederetan tugas-tugas yang biasanya dikerjakan oleh seorang data scientist yang merupakan profesi populer dan sedang menjadi idaman dalam ranah industri data. Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys! Yuk, kita bahas satu per satu.


1. Menganalisis Data Perusahaan

Analisis data merupakan sesuatu yang pasti dilakukan data scientist. Untuk perusahaan skala menengah data scientist melakukan hal-hal seperti mengambil data dari database menggunakan query SQL, membuat tabel pivot dengan Microsoft Excel atau menggunakan software lainnya seperti SPSS, melakukan visualisasi data dalam bentuk grafik dan kadang kala menggunakan bantuan bahasa pemrograman untuk melakukan analisis data seperti R dan MATLAB. Beberapa perusahaan memberikan tugas untuk melakukan analisis akun Google Analytic perusahaan atau platform lain seperti PIWIK yang terkoneksi langsung dengan data penjualan perusahaan. Tugas-tugas seperti ini sangat cocok untuk seseorang yang mulai berkecimpung di profesi data scientist.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Quality Control Data Perusahaan

Perusahaan yang mempunyai trafik data yang tinggi baik data konsumen, penjualan, maupun statistik website membutuhkan seseorang yang mampu menyiapkan infrastruktur data. Dalam hal ini banyak perusahaan yang akan mencari "Data Scientist" dan "Data Engineer" untuk melakukan tanggung jawab ini. Dalam konteks ini, seseorang dengan latar belakang software engineer mempunyai peluang lebih untuk diterima sebagai kandidat yang dicari perusahaan. Infrastruktur data yang diinginkan tentu dengan struktur data yang baik, kemudahan akses serta kemudahan untuk melakukan analisis data.


3. Research The Data

Untuk tugas jenis ini biasanya sering dilakukan oleh data scientist yang bergerak di perusahaan dengan produk berupa jasa analisis data atau analytical platform. Misalnya: Google Analytic dan PIWIK. Untuk hal jasa analisis data, data scientist dengan latar belakang ilmu matematika, statistika, dan fisika akan lebih mudah melakukan hal ini. Latar belakang seperti ini mempunyai dasar yang kuat terhadap keilmuan tersebut yang erat kaitannya dengan penelitian. Sebagaimana kita ketahui produk yang dihasilkan ilmuwan mempunyai nilai yang sangat tinggi untuk pengembangan selanjutnya oleh praktisi terkait. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai metode penentuan keputusan konsumen pengguna jasa analisis data atau dapat diterapkan lebih lanjut pada produk analytical platform perusahaan.


4. Erat dengan Big Data

Perusahaan yang berurusan dengan big data sebagian besar merupakan perusahaan non-data. Berbeda dengan opsi nomor 3 dengan studi kasus perusahaan lain. Tugas ini berkaitan dengan melakukan analisis data perusahaan tersendiri dalam jumlah yang besar. Perusahaan jenis ini akan mencari tenaga data scientist yang lebih banyak dari perusahaan biasanya. Data scientist di bidang ini dituntut untuk mahir menggunakan platform big data seperti Hadoop, Hive dan Pig serta pemahaman menggunakan SAS dan R untuk mengurangi beban komputer melakukan analisis data. Pemahaman yang matang terhadap machine learning menjadi pertimbangan yang luar biasa penting di perusahaan jenis ini. Perusahaan jenis ini mempunyai trafik yang sangat tinggi seperti perusahaan telekomunikasi, perusahaan marketplace, dan lain-lain.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Persiapkan Dirimu Menjadi Data Scientist Idaman Perusahaan Bersama DQLab

Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama langsung apply dari akun kamu loh. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten! Buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :