#OCTOFEST 70% + 85% OFF!
Belajar Data Online 6 Bulan Anti Ribet cuma Rp. 150K!
0 Hari 0 Jam 49 Menit 51 Detik

Sekelumit Tugas Data Scientist dalam Ranah Oil & Gas

Belajar Data Science di Rumah 07-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-02-1-2023-08-07-213607_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist memiliki peran yang sangat penting dalam industri minyak dan gas karena menghadapi tantangan yang semakin kompleks dan memerlukan pengelolaan data yang efisien untuk mengambil keputusan yang tepat. Selain itu, Industri minyak dan gas menghasilkan data yang sangat kompleks dan besar, termasuk data geologi, data operasional, data produksi, dan data lingkungan. Oleh karena itu, seorang Data scientist dipercayakan untuk memiliki kemampuan untuk mengelola dan menganalisis data ini dengan menggunakan teknik pemrosesan data dan analisis statistik. 


Dengan keberadaan data scientist, perusahaan minyak dan gas memiliki akses ke wawasan yang lebih mendalam dan analisis yang canggih, yang mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih baik, peningkatan efisiensi, dan keunggulan kompetitif di pasar yang kompetitif.


Insinyur perminyakan dan ahli geosains menghabiskan banyak waktu untuk mencari, mengumpulkan, dan menganalisis data. Data besar dalam industri minyak dan gas sangat relevan karena mencakup volume yang besar, ragam data, dan kecepatan perkembangannya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penggunaan Big Data sangat penting untuk meningkatkan efisiensi eksplorasi, transportasi, dan pemrosesan minyak dan gas. Namun, pada tahun 2012, sebagian besar perusahaan minyak dan gas belum mengenal atau menerapkan Big Data dalam teknik perminyakan. 


Sejalan dengan pentingnya tugas dan wewenang data scientist dalam ranah oil and gas atau perminyakan, berikut akan dibahas terkait apa saja tugas-tugas yang mereka tanggung dalam ranah tersebut? Simak yuk sahabat DQLab!


1. Pemahaman Mendalam Tentang Data

Data scientist memiliki keahlian dalam mengumpulkan, membersihkan, mengolah, dan menganalisis data dari berbagai sumber yang relevan dalam industri minyak dan gas. Mereka dapat mengelola data kompleks dan berukuran besar yang dihasilkan dari survei seismik, sensor peralatan, log sumur, dan sistem lainnya. 


Data scientist dapat mengidentifikasi potensi inefficiency dan kesalahan dalam operasi minyak dan gas dengan menganalisis data produksi dan proses operasional. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan produksi, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi keseluruhan.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Prediksi dan Peramalan

Dalam industri yang sangat ketergantungan pada peralatan, data scientist dapat memanfaatkan analisis prediktif untuk mengidentifikasi tanda-tanda potensial kegagalan peralatan penting sebelum terjadi, memungkinkan perawatan preventif yang tepat waktu. Data scientist dapat membangun model prediktif untuk memperkirakan potensi cadangan minyak dan gas, perkiraan produksi di masa mendatang, dan harga minyak. Informasi ini membantu perusahaan dalam perencanaan strategis dan pengambilan keputusan yang lebih baik.


3. Optimalisasi Produk dan Efisiensi

Dengan analisis data, data scientist dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan proses produksi, merencanakan pemeliharaan peralatan secara lebih efisien, dan mengurangi downtime. Hal ini berkontribusi pada peningkatan produktivitas dan penghematan biaya operasional. Data scientist dapat mengidentifikasi potensi inefficiency dan kesalahan dalam operasi minyak dan gas dengan menganalisis data produksi dan proses operasional. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan produksi, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi keseluruhan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Risiko Keamanan dan Penemuan

Data scientist dapat menerapkan analisis data untuk mengidentifikasi dan mengurangi risiko operasional, termasuk risiko lingkungan, kecelakaan kerja, dan masalah keamanan infrastruktur. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan keberlanjutan operasi. Data scientist dapat membantu mengidentifikasi cadangan baru dan potensi sumber daya yang belum termanfaatkan dengan analisis data geologi dan reservoir yang mendalam.


Itulah tadi sederetan tugas-tugas yang dikerjakan oleh data scientist ketika berada dalam ranah oil and gas. Jika kamu ingin menjadi seorang data scientist handal, kamu bisa belajar bareng DQLab! DQLab merupakan platform pembelajaran online yang berfokus pada data science. Selain menyediakan kursus dan pelatihan interaktif, situs ini juga menyediakan proyek-proyek data science yang dapat kalian kerjakan. Kalian dapat memanfaatkan studi kasus tersebut sebagai sumber inspirasi dan ide untuk portofolio. 


Platform ini juga memiliki berbagai tingkat kesulitan. Mulai dari pemula hingga tingkat lanjutan, sehingga kalian dapat memilih ide kasus yang paling sesuai dengan kemampuan kalian. Dengan mengerjakan proyek-proyek di DQLab, pasti kalian akan memperoleh pengalaman praktis dan membangun portofolio yang kuat.


Tahukah kalian kelebihan lain dari DQLab? Bahkan juga diintegrasikan dengan ChatGPT! Manfaatnya apa, ya?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk membuat portfolio yang menarik! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :