IT'S PAYDAY! Yuk Mulai Belajar Data Bersama DQLab dengan Paket Premium Selama 6 Bulan hanya Rp 139,000.  DAFTAR

Pakai Kode: DQPAYNOV. Berakhir 2 Days 13 Jam : 42 Menit : 29 Detik

Selamat Hari Guru! Siap Hadapi Pendidikan 2022 dengan Melek Data

Belajar Data Science di Rumah 25-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d27b6aca17f915c888620319ce054282_x_Thumbnail800.jpg

“Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”, begitulah semboyan Ki Hadjar Dewantara yang ditujukan untuk para guru, sebagai pengajar sekaligus pendidik bagi bangsa Indonesia. Maksud dari semboyan sang pelopor pendidikan kaum pribumi di zaman penjajahan Belanda ini adalah ketika di depan guru harus memberi teladan yang baik, memberikan semangat kala berada di tengah, dan memberi dorongan saat berada di belakang. 


Tentunya dalam memperingati Hari Guru yang jatuh pada hari ini, tepat di tanggal 25 November 2021, kita sebagai bangsa Indonesia bisa lebih menghormati jasa-jasa para guru, baik yang masih hidup maupun yang sudah tiada. Bertepatan dengan Hari Guru, nampaknya ilmu data menjadi fokus baru bagi para tenaga pendidikan, sekaligus juga bagi para murid atau mahasiswa untuk siap hadapi era transformasi digital.


Sahabat Data DQLab, yuk kita dengarkan apa kata mereka tentang hari guru!


1. Sebagai Guru juga Harus Update dan Upgrade

Bagi Arif Laksito selaku dosen di Universitas AMIKOM Yogyakarta ini, seorang pengajar khususnya dosen harus bisa untuk selalu update dan upgrade mengenai ilmu data. Begitu pun dengan para mahasiswa yang diharapkan untuk serius dalam belajar, sebab itulah kunci utama dalam mempelajari ilmu data, serta menerapkannya dalam bidang lain. Arif juga berharap agar para dosen dan mahasiswa lebih meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya data.


“Sebagai pengajar di era digital ini, saya berharap baik murid maupun pengajar memiliki pengetahuan dan kesadaran akan data. Sehingga kedepannya, pengajar dapat memberikan insight berdasarkan data dan murid dapat mengikuti perkembangan teknologi kedepannya,” begitu tutur Arif Laksito - Dosen IT Universitas AMIKOM Yogyakarta


Baca juga : Belajar Data di Era New Normal : Pengalaman seru member DQLab Bangun Proyek Data Hingga Sharing Langsung bersama Mentor DQLab!


2. Pernah Menjadi Guru, Kini Menjadi Data Engineer

Bachtiyar yang kini berprofesi sebagai data engineer, ruapanya ia pernah menjadi seorang guru les matematika. Oleh sebab itu, dalam memperingati Hari Guru ini, ia berharap ke depannya agar pengajar dapat semakin sejahtera dan dapat membangun hubungan yang baik dengan para murid. Seperti semboyan Ki Hadjar Dewantara, Bachtiyar berharap hubungan yang dibangun tidak sebatas pengajar dan murid, melainkan juga sebagai rekan yang sama-sama bertujuan untuk mencapai pendidikan sesuai dengan “Tut Wuri Handayani”.


3. Seorang Data Analyst juga Bisa Berbagi Ilmu Sebagai Mentor

Seorang data analyst yang satu ini memiliki background pendidikan di bidang teknik komputer. Berbekal ilmu teknik yang dimilikinya, ia terus berusaha mencari celah untuk terus performing di tahun pandemi ini. Meskipun ia bukan sebagai pengajar, Tantut memiliki passion untuk berbagi ilmu. Karena baginya, kini ilmu tidak hanya didapatkan di sekolah, tetapi kita juga bisa mendapatkan ilmu baru setiap harinya dari keseharian yag kita jalani.


“Saya berharap, ke depannya saya dapat terus berbagi ilmu Data Science kepada rekan-rekan yang tertarik untuk mempelajari Data Science,” ujar Tantut Wahyu - Data Analyst RupaRupa.com


Baca juga : Tanpa Punya Background IT, Yevon Mulai Bangun Karir Sebagai Data Analyst Lewat Job Connector DQLab!


4. Ayo Bersama Membangun Pendidikan Indonesia lewat Data Science!

Dalam membangun serta meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, bukan hanya berangkat dari niat keseriusan dari para guru, melainkan juga para muridnya. Ketika guru dan para muridnya bersinergi menyatukan tekad, hal ini akan melahirkan semangat pendidikan yang baik di negeri ini. 


Pentingnya peran data science di era saat ini juga tidak boleh disepelekan. Kemajuan teknologi yang kian canggih perlu diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusianya. Salah satunya dengan mempelajari data science. Di DQLab, kamu bisa mulai belajar data science secara bertahap dimana saja dan kapan pun kamu mau. Kamu akan dibimbing langsung oleh para mentor yang merupakan senior pakar data, yang tentunya sudah memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Ayo saatnya akses materi pembelajaran data science di DQLab.id!


DQLab juga memberikan kesempatan kepada para tenaga pendidikan sebagai apresiasi memajukan pendidikan di Indonesia. Kamu guru? Yuk isi form ini dan nikmati reward special dari DQLab!

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!