Raih Beasiswa & Jadi Data Analyst untuk Petinggi Perusahaan di Indonesia

Seluk-Beluk Job Description Principal Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 08-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d401e7e20a556eb2a8ff12c29d3fae5c_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi data scientist memiliki banyak sekali jenjang karir yang dapat ditempuh sesuai dengan skill dan pengalaman. Mulai dari data scientist tingkat entry-level hingga data scientist manager. Semakin tinggi jabatan yang diemban oleh data scientist maka semakin menunjukkan pengalaman dan keahlian yang beragam. Tidak terbatas pada satu bahasa pemrograman saja yang dikuasai namun dituntut untuk mengombinasikan antara bahasa pemrograman satu dengan yang lainnya sesuai kebutuhan. Salah satu jabatan yang akan dilalui oleh data scientist tingkat lanjut adalah principal data scientist.


Posisi ini terbilang unik karena tidak semua perusahaan memiliki posisi principal data scientist. Mungkin ada tapi secara penamaan saja yang membedakan antara satu posisi dengan posisi lain. Principal data scientist bertanggung jawab untuk membangun model algoritma data mining yang disesuaikan dengan kebutuhan manajemen perusahaan, melakukan evaluasi secara mendalam atas model yang telah dibangun sehingga harapannya dapat memberikan solusi terbaik demi kemajuan perusahaan. Jabatan principal data scientist menduduki posisi teratas di perusahaan. Tentunya mereka bekerja sebagai pengawas dan Eksekutor bagi data scientist lainnya. Lalu, apa saja job description dari Principal Data Scientist? Selengkapnya sahabat DQLab bisa baca lebih lanjut melalui artikel berikut ini.


1. Mengenal Posisi Principal Data Scientist

Principal data scientist merupakan jabatan tertinggi dalam hierarkhi posisi data scientist. Jabatan ini biasanya ada di kawasan Amerika Serikat. Mereka mengawasi dan mengarahkan pekerjaan ilmuwan data lainnya, sambil juga mengambil peran aktif dalam penelitian dan pengembangan itu sendiri.


Data Scientist


Mereka sering kali bertanggung jawab untuk mengembangkan metode dan pendekatan baru untuk menganalisis data yang akan berguna di seluruh perusahaan. Mereka juga dapat membantu mengembangkan program pelatihan atau pedoman untuk ilmuwan data lain dalam organisasi.


Baca Juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Job Description Principal Data Scientist

Principal Data Scientist biasanya memiliki berbagai tanggung jawab, yang dapat meliputi:

Data Scientist

  • Mengembangkan algoritma dan model penambangan data baru untuk digunakan dalam aplikasi

  • Menentukan teknik penambangan data mana yang paling efektif untuk proyek tertentu

  • Mengkomunikasikan hasil analisis kepada pemangku kepentingan bisnis dalam bahasa yang mudah dipahami oleh khalayak non-teknis

  • Membuat prototipe aplikasi perangkat lunak berdasarkan algoritma penambangan data untuk menunjukkan kelayakan sebelum mengembangkan produk jadi

  • Mengevaluasi solusi penambangan data yang ada untuk menentukan apakah solusi tersebut dapat diperbaiki atau jika diperlukan solusi baru

  • Mengidentifikasi sumber data yang mungkin berisi informasi relevan tentang konsumen atau pengguna produk atau jasa yang sedang dipelajari


3. Skill yang Dikuasai Principal Data Scientist

Principal Data Scientist membutuhkan keterampilan berikut untuk menjadi sukses:

Data Scientist

  • Matematika: Matematika adalah dasar dari ilmu data, dan sebagian besar Data Scientist memiliki latar belakang matematika yang kuat. Ini termasuk pengetahuan tentang kalkulus, statistik dan probabilitas. Penting juga untuk memiliki pengetahuan tentang ilmu komputer, karena sebagian besar pekerjaan ilmu data melibatkan pemrograman.

  • Algoritma: Algoritma adalah proses di mana Data Scientist membuat model dan membuat prediksi. Mereka adalah dasar data science dan Principal Data Scientist harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang cara membuat dan mengimplementasikan algoritma.

  • Machine Learning: Machine Learning adalah kemampuan untuk membuat algoritma yang dapat belajar dari data dan membuat prediksi. Ini adalah keterampilan penting bagi Data Scientist, karena merupakan dasar dari banyak proyek mereka. Ini juga merupakan bidang yang berkembang pesat, dengan banyak ahli memperkirakan bahwa ini akan segera menjadi keterampilan paling penting bagi Data Scientist.


Baca Juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Gaji yang Diperoleh Principal Data Scientist

Principal Data Scientist memiliki gaji yang tidak kalah besarnya dengan posisi lainnya di bidang data. Gaji seorang Principal Data Scientist dapat bervariasi tergantung pada tingkat pendidikan, pengalaman yang digelutinya bertahun-tahun, dan ukuran serta industri perusahaan. Mereka juga dapat memperoleh kompensasi tambahan dalam bentuk bonus atau komisi. 


Data Scientist


Berikut adalah rincian gaji yang didapatkan oleh Principal Data Scientist menurut situs Climb The Ladder:

  • Gaji Tahunan Median: $175.000 ($84,13/jam)

  • Gaji Tahunan 10% Teratas: $275.000 ($132,21/jam)


Pekerjaan Principal Data Scientist diharapkan tumbuh lebih cepat daripada rata-rata selama dekade berikutnya. Permintaan Principal Data Scientist diperkirakan akan meningkat karena bisnis berusaha memahami pelanggan mereka dan mengoptimalkan operasi mereka. Principal Data Scientist akan diperlukan untuk mengatur, menganalisis, dan menginterpretasikan sejumlah besar data yang dihasilkan oleh teknologi baru, seperti sensor dan perangkat seluler.


Jadi, sudah kebayang kan ya bagaimana tugas-tugas yang dikerjakan oleh Principal Data Scientist. Tanpa mereka maka alur kerja dari data scientist pastinya berantakan dan tidak maksimal. Alhasil keputusannya pun juga tidak tepat sasaran. Principal Data Scientist diperlukan bagi perusahaan karena bisa menjadi sebuah perpanjangan tangan kepada pemangku kepentingan untuk bisa merumuskan kebijakan yang tepat bagi sebuah bisnis. 


Nah, apakah kamu pengen juga seperti mereka sahabat DQLab? Untuk menjawab kebutuhan kamu, sekarang ini DQLab punya tiga bahasa pemrograman yang bisa kamu kuasai. Ada R, Python dan SQL. Belajarnya juga seru karena pakai live code editor biar langsung sekalian praktik. Terus cobain modul gratis dari kita yaitu “Introduction to Data Science with R” dan “Introduction to Data Science with Python”. 


Kalau pengen nambah belajarnya gimana min? Bisa banget! Caranya gimana? Langsung aja yuk buat subscribe akun kalian menjadi member DQLab Premium. Kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, buruan bikin akunnya secara gratis dan lakukan SIGNUP dari sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid


Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :