2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 36 Menit 5 Detik

Seni Portofolio Data Analyst, Persiapan Karir 2024

Belajar Data Science di Rumah 23-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-03-2024-04-23-180241_x_Thumbnail800.jpg

Sebagai seorang Data Analyst, membangun portofolio yang kuat adalah kunci untuk mendemonstrasikan kemampuan analitis dan menciptakan kesan yang menonjol bagi calon perekrut atau klien. Namun, portofolio Data Analyst tidak hanya terbatas pada satu jenis presentasi atau format saja. Ada berbagai macam jenis portofolio yang dapat dipilih, sesuai dengan preferensi individu dan tujuan karir.


Dalam artikel ini, DQLab akan memandu kamu melalui beragam jenis portofolio Data Analyst yang menarik dan memberikan wawasan tentang bagaimana kamu dapat menghadirkan kemampuan analisis data dengan cara yang paling sesuai dan efektif. Penasaran apa saja? Yuk kita bahas bersama!

 

1. Proyek Analisis Data Penjualan

Deskripsi Proyek: Analisis data penjualan untuk perusahaan ritel besar, menggunakan dataset transaksi penjualan dan data pelanggan. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengidentifikasi tren penjualan, profil pelanggan, dan merekomendasikan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan.


Setelah menentukan proyek, kumpulkan data penjualan yang relevan. Data ini dapat berupa dataset transaksi penjualan, data pelanggan, data produk, dan data pemasaran yang relevan dengan proyek. Bersihkan dan siapkan data untuk analisis, termasuk menghapus data yang tidak diperlukan, mengisi nilai yang hilang, dan mengkonversi format data jika diperlukan.


Lakukan analisis data penjualan dengan menggunakan alat analisis statistik dan visualisasi data. Identifikasi tren penjualan, musim penjualan, pola pembelian, dan perilaku pelanggan berdasarkan data yang ada. Gunakan grafik, diagram, dan visualisasi data lainnya untuk membantu menyajikan temuan analisis seperti hasil analisis tren penjualan, segmentasi pelanggan, dan rekomendasi strategi pemasaran berdasarkan temuan analisis.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python

 

2. Proyek Analisis Data Kesehatan

Deskripsi Proyek: Analisis data kesehatan masyarakat menggunakan dataset kesehatan populasi dari sebuah kota. Proyek ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kesehatan yang berkontribusi pada penyakit tertentu dan memahami tren kesehatan di wilayah tersebut.

Data Analyst

Persiapkan data kesehatan yang akan digunakan dalam proyek. Bersihkan data jika diperlukan dan lakukan analisis data menggunakan alat statistik dan bahasa pemrograman seperti Python, R, atau SQL. Buat visualisasi data yang informatif dan menarik untuk membantu menggambarkan temuanmu dan kesimpulan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan di wilayah tersebut.

 

3. Proyek Analisis Data E-commerce

Deskripsi Proyek: Analisis data e-commerce untuk perusahaan startup, menggunakan data transaksi online dan perilaku pengguna. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna, mengidentifikasi tren pembelian, dan memahami perilaku konsumen.

Data Analyst

Gunakan keterampilan analisis datamu untuk menyelidiki dan menganalisis data e-commerce. Gunakan teknik statistik dan metode analisis data yang relevan untuk menggali wawasan dari dataset. Identifikasi tren, pola, dan temuan menarik yang mungkin bermanfaat bagi bisnis e-commerce dan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan konversi dan loyalitas pelanggan.

 

4. Proyek Analisis Data Keuangan

Deskripsi Proyek: Analisis data keuangan untuk sebuah bank, menggunakan data transaksi nasabah dan performa keuangan. Proyek ini bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja portofolio investasi, mengelola risiko, dan memberikan wawasan kepada nasabah.

Data Analyst

Jangan lupa untuk menyertakan penjelasan tentang proses analisis yang kamu lakukan. Terangkan pilihan algoritma, pendekatan analisis, dan metode yang digunakan untuk memproses data keuangan. Ini akan menunjukkan kepada pembaca bagaimana penulis menghadapi tantangan analisis dan mengambil keputusan.

 

5. Proyek Analisis Data Sosial Media

Deskripsi Proyek: Analisis data sosial media untuk sebuah perusahaan teknologi, menggunakan data interaksi pengguna dengan platform. Proyek ini bertujuan untuk memahami perilaku pengguna, mengidentifikasi tren popularitas, dan memonitor sentimen pelanggan.


Pilih satu atau lebih proyek analisis data sosial media yang paling relevan dan menarik untuk dimasukkan dalam portofolio. Proyek ini harus menunjukkan kemampuan analisis data, kreativitas, dan cara kamu memecahkan masalah dalam konteks sosial media. Contoh proyek bisa meliputi analisis sentimen, analisis tren topik, atau identifikasi perilaku pengguna berdasarkan data sosial media.

 

Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 

 

Portofolio Data Analyst adalah salah satu berkas penting yang perlu dilengkapi oleh calon praktisi data. Seseorang dapat membangun portofolio data mulai dari kapan saja, salah satu caranya adalah dengan mencoba beberapa modul di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang!

 




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login