3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 56 Menit 58 Detik

Sepenting Apa Bootcamp Data Analyst Bagi Pemula Data?

Belajar Data Science di Rumah 23-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-03-2024-01-23-171155_x_Thumbnail800.jpg

Bootcamp data analyst merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh seorang pemula dalam meraih karir sebagai data analyst. Bootcamp data analyst bukan hanya sekadar program pelatihan. Lebih daripada itu, keberadaannya justru menjadi landasan awal yang kuat bagi seorang pemula yang ingin memasuki dunia analisis data. 


Dalam menghadapi persaingan pasar kerja yang semakin ketat, pemahaman mendalam tentang dasar-dasar analisis data, metode statistik, dan pemodelan machine learning menjadi kunci keberhasilan menjadi seorang data analyst idaman perusahaan.


Bootcamp data analyst adalah program pelatihan intensif yang dirancang khusus untuk memberikan pemahaman mendalam tentang analisis data. Biasanya berlangsung dalam periode singkat, bootcamp ini fokus pada keterampilan praktis dan aplikatif yang dibutuhkan dalam pekerjaan sehari-hari sebagai seorang data analyst. 


Peserta bootcamp mendapatkan kesempatan untuk memahami konsep-konsep dasar analisis data, mengasah keterampilan pemrograman, dan mempraktikkan penerapannya pada proyek-proyek nyata. Lantas seberapa pentingkah bootcamp data analyst dapat menjadi solusi bagi pemula yang ingin berkarir di dunia industri teknologi dan data? Ada baiknya kamu perlu menyimak artikel berikut ini buat tahu jawabannya. 


Simak yuk sahabat DQLab!


1. Dibekali dengan Dasar Analisis Data yang Kuat 

Bootcamp data analyst memberikan dasar yang kokoh dalam pemahaman konsep-konsep analisis data. Peserta diajarkan tentang pengolahan data, statistik, dan visualisasi data, membantu mereka mengembangkan intuisi analitis yang diperlukan untuk membuat keputusan berbasis data. Konsep dasar seperti data cleansing, eksplorasi data, dan pembuatan laporan menjadi landasan yang tak tergantikan bagi seorang data analyst.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Penguasaan Pemodelan Machine Learning

Dengan perkembangan teknologi, pemodelan machine learning telah menjadi elemen penting dalam analisis data. Bootcamp tidak hanya memperkenalkan konsep-konsep dasar machine learning, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menerapkan pemodelan pada proyek-proyek kecil. Hal ini membantu peserta dapat meresapi pengalaman praktis dalam menghadapi tantangan nyata yang mungkin dihadapi di lapangan.


3. Pemahaman Bahasa Pemrograman dan Tools Analisis Data

Seorang data analyst perlu memiliki pemahaman mendalam tentang alat dan teknologi yang digunakan dalam industri. Bootcamp data analyst membimbing peserta dalam menguasai bahasa pemrograman seperti Python atau R, serta memahami berbagai alat analisis data seperti SQL, Excel, dan platform analisis data modern


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Mempersiapkan Kandidat yang Siap Pakai dan Well-Prepared

Keberadaan bootcamp data analyst sangat membantu pemula yang ingin berkiprah menjadi seorang data analyst. Banyak perusahaan mencari profesional data yang memiliki keterampilan praktis dan dapat beradaptasi dengan cepat dengan perubahan teknologi. Tak heran, jikalau Bootcamp senantiasa membuka peluang bagi seorang pemula untuk membuktikan dirinya menjadi seorang kandidat yang well-prepared dan siap pakai.


Bootcamp data analyst bukan hanya sekadar program pendidikan, tetapi investasi pada diri sendiri menuju kesuksesan di dunia analisis data. Melalui kombinasi pemahaman mendalam, pengalaman praktis, dan jaringan profesional, seorang pemula dapat meraih langkah pertamanya dengan keyakinan penuh. Dengan demikian, bootcamp data analyst menjadi langkah strategis bagi mereka yang berani menjelajahi dan meraih peluang di tengah kompleksitas dunia data.


5. Butuh Berapa Lama untuk Belajar Tools Data Analyst?

Untuk pemula yang ingin mempelajari keterampilan pemrograman Python, Excel, dan SQL secara otodidak, dibutuhkan waktu yang bervariasi untuk menguasainya. Diperkirakan, membutuhkan waktu sekitar 4-12 bulan untuk menguasai Python, 3-6 bulan untuk menguasai Excel, dan minimal 3 bulan untuk menguasai SQL. Namun, jangan khawatir, karena waktu yang dibutuhkan ini dapat dipangkas menjadi 2-3 bulan saja jika kamu memilih untuk belajar melalui Bootcamp Live Class.


Dengan pendekatan yang intensif dan terstruktur seperti itu, kamu akan dapat mempercepat proses pembelajaranmu dan mencapai tingkat keahlian yang diinginkan dalam waktu yang lebih singkat. Bootcamp Live Class menawarkan pengalaman belajar yang berfokus, bimbingan langsung dari instruktur yang berpengalaman, dan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan keterampilan teknismu. Sehingga, bagi pemula yang ingin mempercepat perjalanan pembelajaran mereka, Bootcamp Live Class bisa menjadi pilihan yang tepat.


Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :