MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 11 Menit 4 Detik 

Seputar Fungsi Microsoft Excel yang Perlu Kalian Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/515064814dd76a613c57ee48cb147a7c_x_Thumbnail800.png

Dalam dunia yang semakin canggih, pengetahuan akan teknologi menjadi salah satu faktor penting dalam mencari pekerjaan, khususnya dalam bidang Data Science. Profesi turunan dari bidang Data Science menjadi profesi yang paling digemari masyarakat saat ini, profesi-profesinya adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Kebutuhan akan profesi-profesi tersebut semakin meningkat seiring bertambahnya tahun.


Namun dari ketiga profesi tersebut, dibutuhkan keahlian mengenai aplikasi pengolah data yang akan menjadi atribut pembantu dalam pekerjaan sehari-hari ketiga profesi tersebut. Aplikasinya adalah Microsoft Excel, DQLab kali ini akan memberikan kalian informasi seputar pengertian, alasan, fungsi, dan manfaat menggunakan Microsoft Excel atau Excel dalam pekerjaan kalian. Yuk, jangan sampai ketinggalan ya!



1. Pengertian Microsoft Excel

Secara pengertiannya, Microsoft Excel atau yang biasa kita sebut Excel merupakan sebuah aplikasi software yang biasanya digunakan untuk mengolah kumpulan data dengan otomatis lewat berbagai bentuk, seperti rumus, perhitungan dasar, pembuatan tabel, hingga manajemen data. Aplikasi ini muncul pertama kali pada tahun 1985, dan terus berkembang hingga saat ini menjadi versi 12.0.


Pada awal-awal kemunculan Excel, terdapat pesaing dalam bidang berbeda yang menuntut Excel. Namun, seiring berjalannya waktu, konflik tersebut dapat diselesaikan lewat jalur hukum dan hingga kini Excel menjadi salah satu aplikasi software lembar kerja atau spreadsheet yang sangat terkenal dan menjadi top of mind masyarakat luas.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mengapa Menggunakan Microsoft Excel?

Selain aplikasi pengolah data terpopuler, Excel juga memiliki kemampuan untuk mengatur data dalam jumat yang besar dengan teratur dan tertata. Apabila data yang kalian miliki diatur secara terorganisir, maka akan lebih mudah untuk kalian melakukan analisa dan memahami data yang kalian miliki untuk membuat visualisasinya.


Alasan lain mengapa kalian perlu menggunakan Excel adalah kecepatan menghitung angka oleh Excel yang dilakukan secara seketika, tentunya melakukan perhitungan dengan Excel jauh lebih mudah dibanding menggunakan kalkulator. Selain itu juga terdapat rumus-rumus fungsi yang semakin memudahkan kalian dalam operasi perhitungan.


3. Fungsi Microsoft Excel

Setelah beberapa informasi yang disampaikan mengenai Excel, terdapat beberapa manfaat yang dibahas secara singkat. Oleh karena itu agar teman-teman semakin memahami Excel dan mengetahui alasan mengapa harus menggunakannya, DQLab akan memberikan beberapa fungsi dari Excel. Yuk, simak baik-baik.


  • Dapat digunakan untuk mengolah data manajemen dan proses administrasi.

  • Dapat melakukan operasi tabel atau mengolah data pada tabel.

  • Membuat laporan keuangan dalam skala besar.

  • Membuat grafik untuk memasukkan data yang dimiliki.

  • Membuat data statistika untuk pembuktian hasil riset.

  • Memiliki lembar kerja yang dapat diakses bersama orang lain.


4. Manfaat Menggunakan Microsoft Excel

Terlepas dari fungsi dan lainnya, Excel memiliki manfaat dalam berbagai bidang pekerjaan, seperti bisnis, akuntansi, administrasi, dan masih banyak lagi. Secara umum, Excel bisa digunakan untuk menghitung laba atau rugi suatu perusahaan, menghitung profit perusahaan dalam kurun waktu tertentu, menyimpan data absensi, dan lain sebagainya.


Namun, hal lainnya yang perlu kalian ketahui adalah kalian bisa melakukan operasi perhitungan dasar seperti kali, bagi, kurang, dan tambah dalam Excel. Selain itu juga kalian bisa mencari rata-rata, nilai maksimum dan minimum dari data yang kalian miliki. Tidak lupa juga bahwa Excel juga menyediakan fitur untuk kalian memvisualisasikan data yang kalian miliki dalam bentuk grafik dan tabel.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Pahami Manfaat Lain dari Excel Bersama DQLab!

Memahami suatu aplikasi secara tuntas merupakan suatu keuntungan bagi setiap profesi pekerjaan, dalam kasus Excel ini tentunya menguntungkan untuk calon profesi data, seperti Data Analyst dan Data Engineer. Excel sangat berkaitan dengan Data Science yang menjadi dasar profesi-profesi tersebut, oleh karena itu DQLab hadir untuk membantu kalian mempelajari lebih banyak lagi seputar Excel dan Data Science. Caranya sangat mudah, kalian dapat sign up di DQLab.id, kemudian kalian akan langsung bisa mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’. Ayo, cepat daftar dan mulai pelajaran kalian bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!