BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 29 Menit 48 Detik 

Serba-serbi Big Data, Kelebihan hingga Kekurangannya di Real Case Industry

Belajar Data Science di Rumah 09-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8fdf2a4e2bc6364f69e0f860b8ee63d8_x_Thumbnail800.png

Big Data adalah sebuah tools yang memudahkan dan ampuh untuk mendapatkan sejumlah hal yang dibutuhkan agar mensukseskan tujuan organisasi atau bisnis. Memasuki era digital ini, sudah banyak dari mereka menggunakan Big Data Analytics dan ilmu Data Science lain didalamnya seperti penggunaan Machine Learning dan AI pada rekomendasi atau mengetahui kebutuhan pelanggan secara personalisasi. Salah satu contoh yang sedang terjadi adalah penanganan pemerintah pada COVID-19, tidak hanya di Indonesia melainkan seluruh dunia menerapkan Big Data Analytics untuk meyakinkan penduduk, membangun kepercayaan, serta memberikan informasi yang tepat agar mendorong khalayak ikut serta membantu menekan penyebaran virus serta pengobatan yang bisa dilakukan mandiri.


Maka untuk membantu mengatasi permasalahan dan solusi untuk decision making, Big Data sangatlah dibutuhkan karena dapat mengubah informasi data yang besar dan diproduksi setiap harinya menjadi wawasan yang berguna. Pada artikel DQLab ini akan membahas serba-serbi Big Data mulai dari mengapa membutuhkan Big Data, kelebihan hingga kekurangan yang dimilikinya. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut ini!



1. Apakah Kita Membutuhkan Big Data?

Big Data merupakan sebuah kumpulan data yang besar dan kompleks, membutuhkan praktisi data dan tools agar dapat mengekstrak data menjadi sebuah wawasan yang dapat digunakan. Big Data di era modern menjadi salah satu essentials atau strategi yang tepat baik pada bisnis maupun organisasi non-profit sekalipun agar bisa melakukan decision making yang tepat. Alasan lainnya mengapa Big Data menjadi primadona di industri yaitu adalah menjadi aspek penting di era digital ini karena prosesnya mulai dari mengumpulkan jumlah data yang besar, kemudian menganalisa, dan menginterpretasikan hasil analisis tersebut yang telah diperoleh.


Dengan demikian, dibutuhkannya keterampilan atau skill agar bisa mengekstrak data menjadi data yang bermanfaat. Jika Big Data tidak dikelola dan disimpan dengan baik, maka memungkinkan pada proses analisis tidak maksimal atau bisa dikatakan data tersebut dibuang menjadi "sampah".


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


2. Kelebihan Big Data

Big Data memiliki segudang manfaat positif bagi industri, karena dapat membantu memecahkan solusi dan membantu mencapai kesuksesan organisasi sesuai dengan tujuan mereka. Berikut beberapa manfaat atau kelebihan yang dimiliki Big Data:

  • Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan

    Untuk menciptakan sebuah produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan secara tepat, maka perusahaan biasanya akan menggunakan Big Data Analytics untuk menganalisis semua perilaku pelanggan seperti produk atau layanan apa yang akan dibeli lagi, metode pembayaran pelanggan, dan lain-lainnya.


  • Membantu Memaksimalkan Campaign bagi Marketer

    Dalam dunia digital marketing, sudah banyak menerapkan dan menggunakan Big Data agar kegiatan campaign sesuai dengan target yang diusungnya, karena dengan menyesuaikan target mulai dari jenis kelamin, letak geografis, usia, dan lainnya dapat mempengaruhi awareness suatu merek dengan baik. Pada marketing tradisional atau pemasaran tradisional mereka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan pelanggan baru karena segmentasi yang diukur tidak secara spesifik (umum) maka dengan Big Data Analytics akan membantu mengidentifikasi cara yang akurat mendapatkan pelanggan baru atau loyalitas pelanggan.


  • Melakukan Prediksi dan Strategi berdasarkan Data

    Data yang didapatkan dan dijadikan bahan untuk analisis ini didapatkan secara real-time data, sangat memungkinkan praktisi data seperti Data Scientist bisa melakukan analisis terhadap Big Data secara langsung dan cepat dalam membantu mengambil keputusan. Selain itu dengan Big Data dalam pengaplikasian organisasi atau bisnis bisa menghindari tindakan yang merugikan.


3. Kekurangan Big Data

Meskipun kelebihannya diakui membawa hal yang positif bagi organisasi atau bisnis, namun adapun beberapa kekurangan yang dimiliki Big Data mengingat setiap harinya teknologi akan terus berkembang maka akan menyesuaikan dan akan terus berubah. Berikut beberapa diantaranya yaitu:

  • Struktur Data Tidak Fleksibel

    Data yang dikumpulkan sebelum analisis, perlu disajikan kedalam bentuk yang teratur agar ketika proses analisis dapat menghasilkan data yang berguna. Namun, pada realitanya sumber yang didapatkan organisasi atau pebisnis memiliki beragam variasi jenis data. Variasi jenis data tersebut dapat membuat kesulitan karena jika informasi rusak atau data tidak terstruktur maka data menjadi sia-sia atau tidak berguna.


  • Membutuhkan Skill Analitik

    Skill analitik menjadi syarat wajib jika kamu menggunakan Big Data, namun tidak semua individu memiliki skill untuk melakukan analisis data. Dengan demikian, kamu perlu membutuhkan waktu lagi untuk mempelajari tools secara teknis melalui open source atau kursus online dan melatihnya dengan mengikuti program magang atau project lainnya.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis


4. Belajar Mengolah Big Data yang Aplikatif pada Real Case Industry bersama DQLab!

Big Data merupakan salah satu bagian dari Data Science, yang dimana sangat besar kemungkinannya untuk kamu mendapatkan keuntungan mempelajarinya. Data Science memberikan peluang lapangan kerja yaitu sebagai praktisi data di era digital dan juga membantu meningkatkan tujuan organisasi atau bisnis. Yuk, mulai dari sekarang persiapkan skill-skillnya dengan belajar bersama DQLab!


Untuk memulai pembelajarannya gampang banget sahabat data DQLab, kamu tinggal signup di DQLab.id atau klik tombol dibawah ini "Mulai Belajar Gratis" untuk mengakses module GRATIS œIntroduction to Data Science with R atau œIntroduction to Data Science with Python. Tunggu apalagi? Langsung daftar dan program yang tersedia di DQLab, selamat mencoba sahabat data DQLab!



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :