FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 30 Menit 15 Detik 

Serba Serbi Data Scientist, Yuk Kenali SQL Sebagai Tools Andalan

Belajar Data Science di Rumah 14-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9be6b94e237c58d1010896c83b3f1f45_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi khususnya teknologi digital, membuat eksistensi Data Scientist semakin dibutuhkan. Untuk menjadi seorang Data Scientist tentunya ada kualifikasi tertentu yang harus dipenuhi.


Bahasa pemrograman merupakan salah satu hal wajib yang harus dikuasai oleh orang yang ingin bekerja di role ini. Bahasa pemrograman dibutuhkan agar pekerjaan yang dikerjakan oleh praktisi data menjadi lebih mudah dan dapat selesai lebih cepat.


Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat dipilih, namun yang paling sering digunakan oleh Data Scientist secara umum adalah R, Python, dan SQL. Di artikel kali ini, kita akan fokus untuk membahas tentang bahasa SQL.


SQL sendiri akan banyak digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan database, misalnya membuat database, menambahkan data ke dalam database, atau bahkan menarik data yang ada.  Nah, penasaran kan tentang bahasa pemrograman yang satu ini? Yuk, simak pembahasannya!


1. Sekilas tentang SQL

data scientist

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language, dimana bahasa pemrograman ini dijadikan sebagai bahasa universal oleh berbagai vendor Relational Database Management System (RDBMS). SQL ini merupakan bahasa query yang memang dirancang untuk membantu dalam pengambilan serta pengelolaan informasi yang terdapat di dalam database.


Standarisasi SQL sudah dilakukan sejak tahun 1986 oleh ANSI (American National Standard Institute), itulah mengapa SQL dapat menjadi bahasa yang universal untuk semua software RDMBS.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Kegunaan SQL

data scientist

SQL menjadi salah satu bahasa pemrograman yang masih digunakan oleh banyak orang hingga saat ini. Ada beberapa kegunaan yang dimiliki oleh SQL, diantaranya adalah:

  • Mengeksekusi Query

    SQL mampu mengeksekusi query yang sudah dituliskan. Query-query ini bertujuan untuk memberikan perintah kepada sistem untuk mengelola sistem database.

  • Mengakses dan Memanipulasi Database

    Kegunaan selanjutnya adalah SQL dapat digunakan untuk mengakses serta memanipulasi database yang ada menggunakan query tertentu. Misalkan kita ingin menambah database, menghapus table, menambahkan isi tabel, atau bahkan mengakses data yang tersedia.

  • Mengatur Hak Akses User

    SQL dapat digunakan untuk mengatur hak akses table, view, dan prosedur yang tersedia dalam database. Sehingga akses pengguna dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


3.Data Definition Language

data scientist

Data Definition Language atau yang bisa disingkat menjadi DDL adalah kelompok query yang digunakan untuk membuat serta mengubah struktur database. Beberapa perintah yang tersedia dalam DDL adalah:

  • CREATE : dapat digunakan untuk membuat database, table, view, index, dll

  • DROP : untuk menghapus view, index,  tabel, database, dll.

  • ALTER : dapat dimanfaatkan untuk mengubah struktur table yang ada di database, misalnya melakukan penambahan, mengganti nama field, dll.


4.Data Manipulation Language

data scientist

Data Manipulation Language dikenal juga dengan DML merupakan kelompok query yang dapat digunakan untuk memanipulasi database serta berhubungan dengan proses pengolahan data. Beberapa perintah yang tersedia di dalam DML adalah:

  • SELECT : digunakan untuk memilih data yang ada di dalam database. Query ini akan sering sekali digunakan jika kita ingin menampilkan data.

  • INSERT : dapat dimanfaatkan untuk melakukan penginputan pada table yang ada di database

  • UPDATE : untuk melakukan pembaruan pada data record

  • DELETE : dapat dimanfaatkan untuk menghapus data record yang ada di dalam table.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Menguasai bahasa-bahasa pemrograman yang umum digunakan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan jika kita tertarik untuk menjadi Data Scientist. 


Sekarang, Sahabat DQ tidak perlu pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab bisa kamu jadikan tempat belajar ternyaman mu. Ada 3 bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari di DQLab saat ini, yaitu bahasa R, Python, dan juga SQL. Selain modul yang berbayar, kamu juga bisa menikmati free modul dari DQLab loh.


Caranya gampang banget, kamu cukup sign up menjadi member dan akan bisa menikmati modul-modul yang ada. Yuk, tunggu apa lagi?


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :