TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 3 Jam 24 Menit 39 Detik

Serba-Serbi Portofolio Data Analyst, Cek Disini!

Belajar Data Science di Rumah 13-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-03-2024-02-12-161129_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst atau biasa disebut sebagai salah satu profesi kekinian ini menjadi incaran banyak kalangan atau para pencari kerja. Data analyst merupakan bagian dari profesi praktisi data yang secara umum bertanggung jawab terhadap proses analisis data perusahaan. Untuk menjadi seorang data analyst diperlukan beberapa berkas yang perlu dilengkapi untuk meyakinkan para recruiter, salah satunya adalah  portofolio data analyst.


Bagi seorang pelamar kerja, menyiapkan curriculum vitae adalah salah satu berkas yang wajib dilengkapi. Bagi seorang praktisi data, selain curriculum vitae praktisi data juga perlu melampirkan portofolio data. Portofolio data ini berisi hasil kerja dalam mengerjakan project analisis data yang bisa menunjukkan seberapa besar skill menganalisis data yang dimiliki.


Pada bagian ini kita akan mengenali beberapa hal terkait portofolio data analyst dan mengapa perlu dilampirkan terutama pada saat melamar kerja.


1. Portofolio Data

Portofolio data analyst merupakan salah satu berkas penting yang perlu dilampirkan pada saat melamar pekerjaan. Portofolio data ini analyst ini dapat dikatakan juga sebagai tempat pembuktian diri mengenai skill atau kemampuan kita dalam menganalisis data untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu. Kita pun perlu selalu mengupdate portofolio data analyst agar pembaca mengetahui sejauh mana kemampuan kita.

Data Analyst


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pentingnya Portofolio Data

Portofolio data bagi seorang data analyst merupakan salah satu dokumen penting yang perlu dilampirkan pada saat melamar pekerjaan. Mengapa portofolio data penting dimiliki? terdapat beberapa alasan yang bisa menjawab hall tersebut. Portofolio data ini memiliki beberapa manfaat seperti menunjukkan keahlian dalam bekerja atau mengerjakan project, dapat menjadi storyteller bagi para pembaca, sebagai media dalam penyampaian hasil analisis data, dan masih banyak lainnya.


3. Elemen Portofolio Data

Seperti yang telah diketahui bahwa portofolio data merupakan bagian yang penting dan perlu disampaikan. Untuk lebih memahami portofolio data yang akan dibuat, kia perlu mengetahui elemen apa saja yang perlu disampaikan dalam portofolio data. Beberapa elemen portofolio data tersebut adalah identitas atau profil diri, list project analisis data yang pernah dikerjakan, tautan link hasil project, testimoni klien, kontak yang bisa dihubungi, dan lainnya.

Data Analyst


4. Tips Membuat Portofolio Data

Membuat portofolio data mungkin terlihat mudah namun perlu dipelajari tips and trick untuk membuat portofolio data agar lebih menarik. Berikut beberapa tips dan trick yang bisa diterapkan ketika akan membuat portofolio data, yaitu:

  • melengkapi profil atau identitas diri, sebagai pengenalan diri secara singkat

  • melampirkan pelatihan atau sertifikasi yang pernah diikuti

  • sampaikan dengan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami

  • buat visualisasi data semenarik mungkin, dan 

  • update portofolio data

Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Data analyst adalah suatu profesi yang bertanggung jawab menganalisis data. Untuk menjadi data analyst sebaiknya kamu bisa membangun portofolio data dari sekarang dan itu bisa dimulai dengan mengerjakan beberapa modul di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :