PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 4 Menit 8 Detik

Serba Serbi Roadmap Roadmap Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 27-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-04-2023-10-31-085541_x_Thumbnail800.jpg

Sekarang data engineer adalah salah satu profesi impian bagi banyak orang yang ingin berkarir pada industri data. Tetapi, seorang pemula yang ingin masuk ke dalam dunia data ini haruslah dibimbing dan diarahkan ketika ingin sukses meraih karir sebagai seorang data engineer.


Ketika kalian ingin menjadi seorang data engineer maka kalian perlu sebuah panduan berupa roadmap data engineer agar kalian lebih siap dalam menghadapi dunia industri saat ini.


Roadmap data engineer ini menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Hal ini karena dapat memberikan arah dan juga panduan yang jelas bagi kalian yang ingin menjadi seorang data engineer profesional.


Dengan melihat situasi dan juga kondisi yang sangat membantu keberlangsungan praktisi data yang ada pada masa depan, roadmap ini bisa dijadikan suatu acuan belajar para pemula jika ingin mendalami dan serius berada di industri data ini. Penasaran bukan apa saja roadmap data engineer ini? DQLab sudah merangkumnya pada pembahasan kita kali ini. Mari kita simak pembahasannya di bawah ini!


1. Pendidikan dan Kualifikasi yang Relevan

Saat ini masih belum banyak program sarjana yang spesifik memberikan gelar pada bidang data science maupun data engineering khususnya di indonesia ini. Maka dari itu, kebanyakan perusahaan mencari seorang kandidat dengan latar pendidikan seperti analisis bisnis, ilmu komputer, atau software engineering.


Tetapi perusahaan juga sudah paham bahwa mengejar gelar tersebut membutuhkan komitmen, terutama dari segi waktu dan juga finansial. Bukan hal yang tidak mungkin ketika kalian berasal dari pendidikan yang sama sekali yang tidak relevan, kalian bisa mengganti pendidikan yang relevan tersebut dengan mengikuti program bersertifikat, bootcamp, ataupun online courser yang berkaitan dengan data engineer.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Mengetahui Tools Apa Saja yang Dipakai

Selain mengikuti kualifikasi atau pendidikan yang relevan, kalian perlu mengetahui tools apa saja yang digunakan oleh para data engineer dalam membantu mereka dalam bekerja. Kalian dapat memulai dengan Apache Hadoop dan Apache Spark untuk memproses dan mendistribusikan data.


Kalian juga perlu mengenali alat ETL seperti Apache NiFi, Apache Airflow, maupun Talend untuk bisa mengelola aliran data secara otomatis. Tidak lupa dengan platform cloud seperti GCP, AWS, maupun Microsoft Azure yang biasa digunakan dalam industri data engineering.


Dengan mengetahui tools yang digunakan oleh data engineer, bisa membuat kalian meningkatkan kemampuan dalam mengelola data dengan lebih efisien dan efektif lagi.


3. Membangun Portofolio Data Engineer

Hal yang tidak kalah penting adalah membangun portofolio milik kalian sendiri. Portofolio ini menjadi poin penting jika kalian ingin masuk ke industri data engineering ini. Portofolio ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kalian memiliki skill dan pengetahuan yang relevan dan juga dibutuhkan oleh perusahaan yang kalian lamar nantinya.


Kalian bisa membangun portofolio dengan berbagai macam bentuk seperti data cleaning, data modeling, sampai dengan visualisasi data.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Memperluas Relasi dan Networking

Selain beberapa hal tersebut, relasi dan networking juga penting bagi kalian ingin menjadi seorang data engineer. Kalian bisa masuk atau bergabung dengan komunitas data engineer dan bisa berpartisipasi dalam proyek yang terbuka.


Dengan bergabung dengan komunitas kalian bisa menambah pengetahuan lainnya dari orang-orang yang sudah lebih berpengalaman. Kalian juga bisa menambah relasi dan juga networking ketika kalian bergabung ke dalam komunitas data engineering ini.


Yuk, mulai berkarir atau switch karir di bidang data sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa belajar dari basic hingga advanced dan mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login