Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Shortcut untuk Permudah Penggunaan Excel, Catat!

Belajar Data Science di Rumah 19-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-08-2023-11-17-183939_x_Thumbnail800.jpg

Di era modern, perkembangan software inovatif berkembang pesat terutama software yang dirancang untuk menganalisis, memanipulasi, dan memvisualisasikan data. Walaupun saat ini sudah banyak tools olah data yang powerful, excel tetap menjadi salah satu tools pilihan untuk manajemen dan olah data, salah satu alasannya karena excel memiliki fungsi dan fitur yang bervariasi untuk berbagai tujuan.


Bahkan CEO Microsoft menyatakan bahwa excel merupakan satu-satunya produk microsoft yang paling banyak digunakan dibandingkan produk microsoft yang lain. Hmm menarik, ya?


Menurut hasil survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga survei independen, dari ratusan staf kantor yang menjadi responden menyatakan bahwa lebih dari 10% pekerjaan kantor mereka menggunakan spreadsheet, serta 30% menyatakan  menggunakan excel untuk penelitian, development, dan finance.


Excel memiliki ratusan fungsi yang bisa membantu kita untuk mempercepat pekerjaan. Uniknya, excel tidak hanya menyediakan fitur powerful, tetapi juga menyediakan cara cepat untuk menggunakan fitur tersebut, salah satunya adalah shortcut. Dengan shortcut ini, kita cukup menggunakan keyboard untuk bekerja dengan excel. 


Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa shortcut fungsi excel yang paling banyak digunakan oleh excel user. Penasaran apa saja shortcut tersebut? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Paste Special

Excel

Copy paste merupakan salah satu fungsi paling sederhana dan paling banyak digunakan di excel. Namun, untuk menyalin sebuah data pada excel tidak selalu mudah, terutama untuk menyalin rumus atau formula. Jika kita hanya mem-paste hasil copy-an rumus, maka hasil copy paste tersebut akan error.


Oleh karena itu, kita perlu menggunakan fungsi paste yang lain, yaitu paste special. Dengan menggunakan fungsi ini, kita bisa memilih elemen dari sel mana yang akan disalin. Jika fungsi copy paste biasa memiliki shortcut ctrl+c dan ctrl+v, maka untuk paste special, shortcut yang digunakan adalah ctrl+c dan ctrl+alt+v.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Undo dan Redo

Excel

Undo dan redo merupakan fungsi yang paling banyak digunakan ketika kita ingin mengurungkan perubahan yang telah dilakukan. Fungsi undo akan terus mengembalikan excel pada keadaan sebelumnya, sedangkan redo akan terus mengubah excel ke keadaan setelah ada perubahan.


Undo dan redo seperti ying and yang yang saling melengkapi. Shortcut undo adalah ctrl+z, namun apakah kamu tahu shortcut untuk redo? Yaps ada juga loh shortcut untuk redo. Kita bisa menekan ctrl+y untuk menggunakan fungsi redo. 


3. Menambah Beberapa Baris

Kelebihan dari excel adalah kita bisa menambah atau menghapus baris dan kolom tanpa mengubah struktur data. Jika biasanya untuk menambah baris kita perlu menggunakan mouse, klik kanan dan add rows, maka dengan shortcut ctrl, shift, dan + kita bisa menambahkan beberapa baris pada lembar kerja. Bagaimana, sejauh ini sangat mudah bukan menggunakan shortcut excel?


4. Mencari Data Duplikat

Seseorang yang sudah terbiasa menggunakan excel pasti tahu fungsi excel yang satu ini. Ya, excel bisa mencari data duplikat atau data ganda pada rentang tertentu di satu spreadsheet sekaligus menghapusnya.


Salah satu cara untuk mengidentifikasi adanya duplikat data pada rentang tertentu adalah dengan memberikan highlight pada data ganda tersebut. Menu identifikasi duplikat ini ada di conditional formatting. Namun jangan khawatir, ada shortcut yang bisa digunakan untuk identifikasi data duplikat, yaitu dengan menekan alt+h+l.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Selain untuk manajemen data, excel juga banyak digunakan untuk mengolah data. Bahkan saat ini excel sudah memiliki rumus statistika kompleks untuk pengolahan data. Dalam berbagai bidang industri, fungsi excel beraneka ragam. Yuk mulai mengenal bagaimana cara bekerja di dunia industri menggunakan excel bersama DQLab! 


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.


Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login