3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 57 Menit 1 Detik

Siap Berkarir dengan Siapkan Portfolio Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 05-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-02-2024-02-05-114839_x_Thumbnail800.jpg

Masih ada banyak orang yang belum menyadari manfaat dari portofolio yang baik untuk melamar suatu pekerjaan. Terlebih lagi, jika kalian ingin berkarir di bidang data scientist. Hal ini dikarenakan hampir semua lowongan data scientist mensyaratkan portofolio untuk bisa masuk ke dalam perusahaan mereka. Portofolio ini penting untuk menginformasikan skill dan hasil project yang pernah kalian buat kepada recruiter. Oleh karena itu, penting sekali untuk kalian mengetahui contoh portofolio data scientist untuk kalian jadikan sebuah referensi.


Portofolio ini adalah sebuah alat informasi yang dapat menampilkan skill, pengalaman, dan juga pencapaian apa saja yang sudah kalian miliki untuk menarik perhatian dari seorang recruiter. Pada umumnya, ada beberapa hal yang recruiter lihat dari sebuah portofolio data science yaitu seperti track record dan dampak terhadap sebuah bisnis, kemampuan teknik, dan juga kemampuan kalian dalam menemukan insight baru.


Nah, pada artikel kali ini, kita akan melihat contoh-contoh ide portofolio yang akan menarik perhatian para recruiter, apa sajakah itu? Yuk kita simak pembahasan dibawah ini!


1. Menganalisis Tingkat Bunuh Diri Global

Ide yang pertama adalah menganalisis tingkat bunuh diri secara global. Dalam project ini kalian bisa menemukan beragam data dari berbagai macam sumber resmi global. Contohnya seperti kalian mengambil data dari berbagai program kesehatan dunia untuk menentukan tingkat bunuh diri di berbagai wilayah di dunia ini. 


Dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu dapat memungkinkan kalian menghadirkan library yang memungkinkan kalian dapat mempelajari kumpulan data tersebut dan mendapatkan wawasan baru. Kalian juga bisa mencari hubungan antara tingkat pendapatan dan tingkat bunuh dirinya atau bisa melihat iklim yang berbeda untuk melihat perbandingannya dalam hal bunuh diri.

Data Scientist

Credit by VOA Indonesia


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menggunakan Visualisasi Data untuk Peristiwa Sejarah

Ide selanjutnya yang bisa kalian jadikan referensi adalah data yang berasal dari peristiwa sejarah. Kalian bisa menggunakan teknik visualisasi data untuk bisa mengilustrasikan peristiwa sejarah penting seperti penyebaran Virus Black Death di seluruh Eropa pada abad ke-14. 


Penggunaan kumpulan data historis ini memungkinkan kalian untuk membuat visualisasi inovatif tentang penyebaran penyakit ini. Selain itu, kalian juga bisa menganalisis peristiwa lainnya seperti imigrasi selama dan setelah Perang Dunia II atau seberapa cepat televisi domestik menyebar ke seluruh dunia.

Data Scientist

Credit by fikti-umsu


3. Menerjemahkan Segmen Berita

Ide lainnya adalah kalian bisa menggunakan skill analisis data untuk menerjemahkan segmen sebuah berita. Ada beberapa library yang bisa membantu kalian untuk melakukan hal ini, yang akan mengambil data dari sebagian besar situs berita. Dengan adanya data ini, kalian bisa menggunakan model bahasa alami untuk menerjemahkan segmen berita dengan mudah dari satu bahasa ke bahasa lainnya. 


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Virtual Assistant

Ide lainnya adalah Virtual Assistant. Mungkin diantara kalian sudah tidak asing dengan istilah ini, asisten virtual atau Virtual Assistant adalah sebuah pekerjaan online yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membantu seorang klien dalam mengerjakan urusan administrasi dalam sebuah bisnis. 


Profesi sebagai Virtual Assistant ini dapat dilakukan oleh siapa saja, tetapi harus memiliki kemampuan manajemen dan juga administrasi yang baik. Profesi menawarkan banyak sekali keuntungan seperti waktu kerja yang cukup fleksibel, dapat dilakukan dimana saja, dan juga memiliki potensi dalam menghasilkan pendapatan yang cukup banyak.

Data Scientist

Credit by Success Magazine


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Nggak usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu.


Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :