PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 1 Jam 42 Menit 34 Detik

Siap Jadi Ahli, Ini Pilihan Bootcamp Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 01-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7334c61d2be62d98505f65357ac3c9eb_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi data analyst semakin banyak dicari oleh perusahaan karena perkembangan teknologi terutama semakin berfokusnya setiap kegiatan melalui bentuk digital. Sehingga untuk mengetahui kebutuhan pasar, perusahaan perlu praktisi yang mampu mengolah data dengan handal. Inilah mengapa banyak orang ingin mengasah skill di bidang data untuk menjadi data analyst.


Kalian salah satu orang yang tertarik menjadi data analyst? Sebelum membahas rekomendasi data analyst yang bisa kalian ikuti, alangkah lebih baiknya memiliki gambaran umum terlebih dahulu apa peran data analyst di perusahaan dan bagaimana prospek kerjanya. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan lebih detail hal tersebut, sembari kalian temukan rekomendasi bootcamp terbaik yang bisa diikuti.


1. Mengapa Data Analyst Kini Sangat Dibutuhkan?

Data analyst adalah seseorang yang menganalisa data untuk mencari cara dalam memecahkan masalah dalam bisnis. Dengan banyaknya data yang tersedia, seorang data analyst mampu menerjemahkan data-data yang berupa angka-angka menjadi laporan yang dapat dipahami manajer dan para stakeholder. Dengan menjadi data analyst, kalian bisa bekerja di banyak industri termasuk bisnis, keuangan, sains, kedokteran, bahkan pemerintahan. 


Sebuah data bernilai sangat penting bagi sebuah perusahaan. Jika data tidak dapat diolah dengan cara yang tepat, maka data-data yang sudah dikumpulkan tidak bernilai apapun. Banyak perusahaan yang mulai menyadari akan pentingnya peranan data analyst dalam membantu mereka membuat keputusan dengan data yang ada. Dengan adanya data analyst sebuah perusahaan dapat menemukan jalan keluar dalam permasalahan yang dihadapi dan juga dapat membuat keputusan untuk perkembangan bisnisnya. Berbagai macam keputusan seperti pengembangan produk baru, pasar baru yang akan ditargetkan, investasi baru yang akan dibuat, hingga menargetkan pelanggan baru.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Prospek Kerja Data Analyst

Data analyst tentu akan dibutuhkan di bermacam jenis industri. Terlebih kini semakin banyak perusahaan yang menerapkan era digital. Sehingga ketersediaan data juga semakin melimpah. Alhasil, pekerjaan data analyst memiliki prospek kerja yang sangat cemerlang. Berikut gambaran contoh data analyst di berbagai macam industri supaya kalian dapat memahami pentingnya pekerjaan seorang data analyst.

  • Di bidang retail. Pekerjaan data analyst di bidang retail yaitu mencari hubungan antara produk dari suatu transaksi penjualan. Perusahaan ritel akan menganalisis pola perilaku konsumen dalam melihat riwayat transaksi, keranjang belanja, dan sebagainya. Hal tersebut bertujuan untuk memposisikan produk yang berkecenderungan akan dibeli secara bersamaan dengan memberi rekomendasi produk terhadap konsumen. Dengan begitu, penjualan akan meningkat, dan barang yang tidak laku akan berpeluang untuk dibeli dan lebih menarik apabila diletakan dengan tepat atau sering disebut dengan istilah “MBA (Market Basket Analysis)”.

  • Di bidang marketing. Pekerjaan data analyst dalam bidang marketing juga tak kalah penting. Dalam bidang marketing, mengenali kebutuhan yang berbeda dari tiap pelanggan sangat penting untuk rencana pemasaran yang produktif. Sebab, setiap konsumen memiliki keinginan yang berbeda-beda. Dari sini lah seorang data analyst dibutuhkan untuk melakukan customer segmentation berdasarkan karakteristik konsumen berdasarkan usia, profesi, tempat tinggal dan lainnya. Hal ini bertujuan agar penjualan lebih terarah dan mengetahui peluang yang ada.


3. Bagaimana Cara Menjadi Data Analyst?

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dan siapkan jika ingin menjadi data analyst. Berikut cara menjadi data analyst dan proses yang perlu kalian lakukan.

  • Kuasai fundamental data analyst. Data analyst merupakan bidang ilmu yang memiliki tiga pilar utama yaitu matematika, statistika dan programming. Oleh karena itu, konsep dasar yang wajib kamu kuasai untuk menjadi seorang data scientist adalah seputar metode-metode matematis dan statistika yang sering digunakan untuk pengolahan data. Dimana setelah kita memahami perhitungan dasar matematika dan statistika tersebut, selanjutnya kita harus bisa menggabungkannya dengan teknologi untuk mengolah data dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. 

  • Praktik menggunakan tools umum data analyst. kamu juga harus update terkait tools-tools apa saja yang lebih efektif untuk melakukan pengolahan data kamu sehingga dapat membantu percepatan proses kerja kamu. Adapun beberapa tools yang sering digunakan oleh data scientist meliputi, advanced spreadsheet SPSS/Excel, Tableau dan Storytelling, Google Analytics, Talend, Power BI, Python/R serta SQL. 

  • Mengikuti bootcamp, webinar, atau kursus. Alternatif lain yang bisa kamu pelajari mengenai data analisis adalah dengan rajin mengikuti webinar, bootcamp hingga kursus data analyst. Dengan begitu, bukan hanya pengetahuan yang berharga yang akan kamu dapatkan.  Tapi, kamu juga bisa memperluas relasi, menambah wawasan seputar data science dari sudut pandang praktisi data yang berkompeten di bidangnya.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


4. Siapkan Diri dengan Mengikuti Bootcamp di DQLab

Bagi kalian yang pemula tak perlu bingung mencari bootcamp yang cocok karena DQLab adalah salah satu platform belajar yang tepat. DQLab memiliki fasilitas Live Class Bootcamp Data Analyst untuk kalian yang ingin belajar secara intensif bersama praktisi handal di bidangnya. Program ini memberikan beragam manfaat seperti bonus kelas persiapan untuk mengetahui pemahaman awal peserta, bimbingan belajar dan konsultasi intensif, materi dan video yang dapat dipelajari selamanya, dan komunitas yang suportif. Menariknya, bootcamp ini terdiri dari dua jenis yaitu:

  • Bootcamp Data Analyst with Python & SQL

  • Bootcamp Data Analyst with Excel


Bootcamp Data Analyst with Python & SQL

Bootcamp Data Analyst with Python & SQL akan mengasah kemampuan Sahabat DQ dalam mengaplikasikan bahasa pemrograman Python dan SQL dalam persiapan karir sebagai Data Analyst. Beberapa materinya yaitu memahami coding dasar dengan Python secara bertahap, melakukan pengolahan data dengan SQL untuk pengambilan data, pengurutan, penyaringan, sampai penggabungan data, pengolahan data dasar dengan Python, dan masih banyak lagi.



Program bootcamp lainnya yang disediakan DQLab adalah Bootcamp Data Analyst with Excel. Pada bootcamp ini Sahabat DQ akan mempelajari analisis data dan reporting menggunakan Excel. Kebanyakan dari pengguna Excel tidak menyadari fungsi-fungsi Excel sangat membantu pada proses analisis data. Di sini, kalian akan lebih mahir menggunakan Excel untuk kebutuhan laporan. Beberapa materi yang diberikan yaitu menggunakan fitur formatting, filter, dan sorting, hingga menghasilkan chart sederhana pada Excel, menerapkan Data Storytelling & Visualisasi, melakukan analisa hasil eksplorasi data yang telah diolah dengan teknik yang tepat, dan masih banyak lainnya. 

Data Analyst

Yuk, tunggu apalagi segera Sign Up dan nikmati proses pembelajaran intensif dengan para ahli di bidangnya! Persiapkan diri kalian untuk menjadi seorang Data Analyst yang mahir bersama DQLab.


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya  


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login