DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 53 Menit 3 Detik 

Siap Jadi Data Scientist dengan Kuasai 4 Non Technical Skill Ini

Belajar Data Science di Rumah 19-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bb6a5bb68ded92916488ca045487daad_x_Thumbnail800.png

Karena kamu menemukan artikel ini, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan profesi satu ini. Mengingat sejak beberapa tahun belakangan ini orang-orang khususnya di lingkup Tech Enthusiast terms tersebut sering diperbincangkan. Bahkan profesi ini mendapat julukan “The Sexiest Job of The 21st Century”. Sebelum ngobrol lebih jauh, sebenarnya apa sih data scientist? Sederhananya seorang Data Scientist bertanggung jawab untuk melakukan pengolahan data yang nantinya dari data tersebut dapat menghasilkan sebuah insight yang berbasiskan teknologi supaya dapat bermanfaat untuk kemajuan bisnis atau instansi. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang Data Scientist harus memiliki skill data scientist baik itu technical skill ataupun non-technical skills


Menurut Lisa Qian seorang Data Scientist Airbnb menyatakan bahwa seorang Data Scientist yang sukses tentunya memiliki latar belakang hardskill yang kuat, tetapi seorang Data Scientist terbaik juga harus memiliki softskill penting yang wajib dimiliki dan akan sangat bermanfaat ketika sudah terjun ke dunia profesional. Untuk itu, artikel ini akan merangkum 4 non-technical skill yang wajib dimiliki oleh seorang Data Scientist. Simak terus artikel ini, ya !


1. Curiosity

Mengutip dari frasa Albert Einstein yaitu “I have no special talent. I am only passionately curious “.Tidak perlu diragukan lagi bahwa frasa tersebut sangat tepat dan berkorelasi dengan pada Data Scientist. Curiosity atau keingintahuan didefinisikan sebagai rasa keinginan untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan. Sebagai seorang Data Scientist, kamu harus dapat mengajukan pertanyaan tentang data karena Data Scientist akan menghabiskan sekitar 80 persen dari waktu mereka untuk menemukan dan menyiapkan data mulai pertanyaan seperti apakah fitur-fitur itu bermakna dan apakah dapat mencerminkan apa yang kamu maksudkan ? atau apa artinya jika terdapat missing value, dan apa yang harus kamu mengatasinya ?


Curiosity penting karena bidang Data Scientist merupakan bidang yang berkembang sangat cepat, sehingga kamu perlu memperbaharui pengetahuan kamu secara teratur salah satunya dengan membaca konten online dan membaca buku-buku yang relevan dengan trend dalam Data Scientist. Selain itu, dengan memiliki rasa curiosity mungkin ketika kamu dihadapkan oleh banyak data kamu tidak melihat banyak insight dalam data tersebut. Tetapi, jika kamu memiliki rasa keingintahuan memungkinkan kamu untuk menyaring data tersebut untuk menemukan jawaban dari rasa penasaran kamu dan mendapat lebih banyak insight.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Communication Skills

Perusahaan mencari Data Scientist yang dapat dengan jelas dan lancar dalam menerjemahkan temuan teknis mereka ke departemen atau divisi non-teknis di perusahaan tersebut seperti divisi marketing. Untuk itu, Communication skills sangat penting dimiliki oleh seorang Data Scientist. Mengingat tugas dan tanggung jawab Data Scientist di perusahaan berkaitan dengan beberapa divisi bukan hanya divisi teknis saja, sehingga peran mereka yang menjembatani berbagai divisi yang ada di perusahaan tersebut. Sebagai seorang Data Scientist kamu harus bisa melakukan storytelling yang menarik dan mudah dipahami oleh orang lain. Misalnya, kamu menyajikan data berupa infografis dengan begitu akan membantu kamu untuk mengkomunikasikan insight tersebut dengan benar pada atasan kamu. 


3. Teamwork

Data Scientist tidak dapat bekerja sendiri, kamu harus bekerja dengan bagian eksekutif perusahaan untuk mengembangkan strategi, product design manager untuk menciptakan produk yang lebih baik, bekerja dengan tim marketing untuk meluncurkan campaigns yang lebih baik, atau bekerja dengan tim software developer untuk membuat data pipeline dan meningkatkan sistem workflow. Kamu benar-benar harus bekerja sama dengan semua orang di dalam suatu perusahaan, bahkan customer atau pengguna produk kamu sendiri. 


Tapi hal yang terpenting adalah sebelum kamu bekerja sama dengan tim lain, kamu terlebih dahulu akan bekerja sama dengan anggota tim kamu untuk mengembangkan permasalahan-permasalahan user untuk mengetahui tujuan dan data bisnis yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. Kamu perlu mengetahui pendekatan yang tepat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, data yang diperlukan dan cara menerjemahkan dan menyajikan hasil ke dalam apa yang dapat dengan mudah dipahami oleh semua tim yang terlibat.


4. Business Intuition

Seorang data scientist harus memahami bisnis proses suatu perusahaan atau organisasi untuk dapat memahami permasalahan yang perlu diselesaikan. Data scientist melakukan tugas dan peran ganda, dimana mereka tidak hanya harus tahu tentang hal teknis dibidang mereka sendiri dan bagaimana menavigasi data, tetapi mereka harus mengetahui proses bisnis dan bidang dimana mereka bekerja. Dengan memahami proses bisnis suatu organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja, cukup untuk menyelesaikan masalah saat ini dan mempertimbangkan bagaimana data dapat mendukung pertumbuhan dan kesuksesan di masa depan. Softskill ini merupakan langkah awal yang tepat dan wajib dikuasai oleh data scientist untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam suatu industri.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk, Kupas Tuntas Skillset untuk Menjadi Data Scientist di DQLab

Untuk berkarir sebagai data scientist tidak perlu memiliki background STEM, karena bahkan semua bidang pasti akan sering bersinggungan dengan data. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar data analyst dan data scientist. Tetapi, tidak punya waktu untuk pergi ke lembaga kursus dan memilih untuk belajar otodidak, dan malah overdosis informasi? Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita









Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!