SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 59 Menit 14 Detik

Siap Jadi Data Scientist? Kuasai Tugas Utamanya 2023

Belajar Data Science di Rumah 06-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/193967c61fb71ddf4b3d8881389e1611_x_Thumbnail800.jpeg

Data Scientist menjadi salah satu posisi yang memegang peranan penting dalam perusahaan. Seperti namanya, seorang Data Scientist akan bekerja menggunakan data untuk mendapatkan informasi. Seorang Data Scientist akan memanfaatkan data mentah yang kemudian diubah menjadi insight yang dibutuhkan untuk membuat bisnis berkembang dan bersaing dengan kompetitor nya.


Data Scientist akan menganalisis dan menginterpretasikan data dengan menggunakan teknik statistika dan matematika yang dikombinasikan dengan komputasi untuk bisa menghasilkan solusi yang imajinatif dalam menghadapi masalah. Tugas utama seorang Data Scientist adalah menemukan insight untuk membuat keputusan. Namun tugas ini bisa di break down menjadi beberapa bagian. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa tugas utama seorang Data Scientist. Apa saja sih tugasnya? Yuk, simak pembahasannya!


1. Mengumpulkan Data dari Berbagai Sumber

Data Scientist


Tugas seorang Data Scientist meliputi semua proses dalam pengolahan data, termasuk mengumpulkan data yang ada dari berbagai sumber. Biasanya baik itu perusahaan besar atau start up pasti akan memiliki database nya tersendiri. Data Scientist bisa mencari data yang sesuai dengan kebutuhannya di database tersebut. Data yang dipilih haruslah bisa memberikan insight yang bermanfaat untuk case yang sedang dihadapi. Namun jika tidak menemukannya di internal, maka Data Scientist bisa menggunakan data eksternal yang berhubungan dengan permasalahan yang ingin diselesaikan. Tentu saja mereka juga harus memastikan keakuratan dan kesesuaian data yang digunakan.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menemukan Pola dan Trend Data

Data Scientist

Setelah mendapatkan data, Data Scientist bisa melakukan eksplorasi data agar bisa menemukan pola dari data serta melihat trend nya. Biasanya, keadaan yang terjadi di masa lalu akan berulang mengikuti pola yang ada di dalam data, sehingga hal ini bisa dijadikan dasar dalam pembuatan prediksi. Selain bertugas untuk mengolah data agar menemukan informasi, Data Scientist juga berperan besar dalam mencari prediksi. Meskipun ada kemungkinan jika prediksi tersebut tidak terjadi, namun setidaknya jika akurasinya tinggi pasti akan mendekati keadaan yang sebenarnya.


3. Menggunakan Kemampuan Bisnis untuk Menemukan Insight

Data Scientist

Data Scientist dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengolah data dengan menggunakan berbagai metode, sehingga bisa mendapatkan insight atau informasi dari data. Sehingga sudah menjadi kewajiban dari seorang Data Scientist untuk bisa menentukan metode mana yang tepat digunakan untuk masalah yang sedang dihadapi.


Namun tidak hanya itu, Data Scientist juga harus memiliki ketajaman bisnis. Pada dasarnya, untuk bisa memberikan insight dari data, mereka harus mengenal bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga dengan memanfaatkan ketajaman bisnis, mereka bisa menghasilkan informasi yang tepat dan benar-benar dibutuhkan.


4. Mengkomunikasikan Hasil Temuannya & Memberikan Rekomendasi

Data Scientist

Data Scientist memegang peranan penting dalam perusahaan khususnya dalam proses pembuatan keputusan. Tapi apakah Data Scientist bisa membuat keputusan begitu saja? Tentu saja tidak, karena yang bisa membuat keputusan adalah para stakeholder. Data Scientist berperan dalam memberikan rekomendasi keputusan yang bisa diambil berdasarkan insight yang telah didapatkan dari data. Untuk kemudian apakah rekomendasi tersebut akan diikuti 100% atau tidak, akan dikembalikan lagi ke keputusan para stakeholder.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Data Scientist kerap kali menjadi mimpi bagi banyak orang.Tidak ada salahnya mengikuti kursus Data Science untuk bisa memberikan bekal agar menjadi Data Scientist yang profesional. DQLab menjadi salah satu lembaga kursus Data Science yang bisa dicoba. Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia, serta mentor yang kompeten di bidangnya. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2023. Tunggu apa lagi?


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login