FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 48 Menit 57 Detik 

Siap Jadi Data Scientist Melalui Pelatihan di DQLab

Belajar Data Science di Rumah 25-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5cd243a6f385ce361b2b8bc0e38cf346_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi data scientist sangat membantu perusahaan dari berbagai industri untuk mengembangkan produk dan mengambil keputusan lebih lanjut berdasarkan peluang yang ada. Ini karena akibat dari perkembangan teknologi dan transformasi digital. Dengan adanya data scientist, maka keputusan lebih akurat dan berdasarkan data valid. Tidak mengherankan jika sekarang banyak lulusan baru dari latar belakang mana pun ingin berkarir menjadi data scientist.


Namun, seorang data scientist membutuhkan skill yang cukup kompleks. Itulah mengapa sangat penting bagi Sahabat DQ mempersiapkan diri sedini mungkin. Bagaimana cara mempersiapkan diri agar memiliki kemampuan tersebut? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!


1. Mengapa Data Scientist Sangat Dibutuhkan?

Data Scientist

Pada dasarnya data scientist bekerja untuk memahami dan menganalisis data sehingga mendapatkan insight yang bisa digunakan untuk mengambil keputusan ke depannya. Pada lingkup bisnis, data scientist berkolaborasi dengan berbagai tim untuk mendapatkan hasil analisis yang mendalam. Umumnya data scientist bekerja sama dengan data engineer, data analysis, developers, dan stakeholder terkait. Kegiatan yang dilakukan di antaranya mengumpulkan, mengolah, membersihkan, dan menganalisis data dari beragam sumber. Setelah itu, dengan mengeksplorasi data akan didapatkan solusi yang nantinya sebagai bahan diskusi untuk kebutuhan bisnis yang lebih luas. 


Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk mengejar karir di bidang ilmu data. Bidang ini cocok untuk seseorang yang suka dengan tantangan, tidak bekerja dalam ritme yang monoton, dan senang memecahkan masalah, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Data scientist harus terus mengikuti tren dan perkembangan teknologi terbaru, bekerja dalam lingkungan yang sangat dinamis. Lebih lanjut, berdasarkan riset yang dilakukan Statista, bidang data akan terus tumbuh secara signifikan di berbagai perusahaan beberapa tahun ke depan. Hal ini wajar karena semakin berkembangnya teknologi, maka seluruh aspek bisnis akan bergantung pada data dan kemampuan Artificial Intelligence. 


Berikut sejumlah tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang data scientist.

  1. Mengidentifikasi sumber pengumpulan data untuk kebutuhan bisnis.

  2. Memproses, membersihkan, dan mengintegrasikan data.

  3. Pengumpulan data otomatis dan proses manajemen.

  4. Menganalisis data dalam jumlah besar untuk memperkirakan tren dan memberikan laporan dengan rekomendasi.

  5. Berkolaborasi dengan tim bisnis, teknik, dan produk.

  6. Mengembangkan, mengimplementasikan, dan memelihara database.

  7. Menghasilkan informasi dan wawasan dari kumpulan data dan mengidentifikasi tren dan pola.

  8. Menyiapkan laporan untuk tim eksekutif dan proyek.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Kemampuan Apa yang Dibutuhkan?

Data Scientist

Dalam melakukan pekerjaannya, seorang data scientist harus memiliki sejumlah kemampuan, baik secara soft skill dan hard skill. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Statistika. Statistika dan matematika adalah skill utama yang harus dimiliki oleh seorang data scientist. Ini karena pekerjaan mereka adalah mengolah data dan berhubungan dengan angka-angka. Namun, tidak harus level ahli, kalian cukup menguasai dasarnya saja seperti statistika deskriptif dan membaca peluang.

  • Bahasa pemrograman. Dalam mengolah data, data scientist memerlukan tools. Nah, untuk menggunakan tools tersebut, data scientist harus memakai bahasa pemrograman. Bahasa yang paling sering dipakai adalah Python dan R, karena menyajikan fitur numeric dan scientific yang mempercepat proses pengolahan data. 

  • Machine learning. Machine learning adalah mesin yang diciptakan untuk membantu membuat analisa dan keputusan yang tepat berbasiskan data. Dengan membuat machine learning, perusahaan bisa memanfaatkan data dengan maksimal. Untuk, itu kemampuan ini juga sangatlah penting untuk dikuasai. 

  • Data storytelling. Data storytelling adalah kemampuan untuk menyampaikan hasil analisis data dengan baik. Kalian harus pintar dalam melakukan komunikasi, agar tidak informasi tersampaikan dengan jelas. Ini juga akan berdampak pada pengambilan keputusan ke depannya.


3. Bagaimana Cara Menjadi Data Scientist?

Data Scientist

Jika kalian mulai tertarik untuk menjadi seorang data scientist, maka ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan. Apa saja hal tersebut? Yuk simak selengkapnya.

  • Meningkatkan skill. Seperti pemaparan di atas bahwa ada sejumlah daftar kemampuan yang harus kalian miliki untuk menjadi data scientist. Skill tersebut perlu dibangun agar kalian semakin mahir ketika mengelola beragam jenis data. Skill yang bisa kalian asah adalah pemahaman statistika, dan penggunaan tools data scientist terutama Python dan R. 

  • Memperbarui CV. Dokumen ini menjadi surat perkenalanmu dengan rekruter. Oleh karena itu penting bagi kalian memperbarui CV sehingga terlihat profesional dan masuk sebagai calon kandidat data scientist. Kalian bisa menambahkan sejumlah proyek yang berkaitan dengan data scientist. Dengan proyek tersebut, kemampuan kalian terlihat jelas karena teraplikasikan dalam menyelesaikan masalah.

  • Membangun portofolio. Dalam curriculum vitae, kalian hanya menjelaskan karya secara singkat. Di portofolio, kalian menunjukkan kepada rekruter hasil yang lebih detail. Tips membangun portofolio di antaranya memanfaatkan repository data seperti google dataset search, data.gov, dan lainnya, sesuaikan portofolio dengan bidang perusahaan, serta rapikan data dan analisa sebaik mungkin sehingga orang awam dapat memahaminya.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Ikuti Pelatihan di DQLab

Mulai bingung memilih tempat pelatihan atau kursus yang tepat? Yang mampu membantumu meningkatkan skill, membangun portofolio, dan mempercantik CV. DQLab adalah jawaban bagi kalian. Semua kemudahan dan kualitas yang diberikan akan membantu Sahabat DQ mempersiapkan diri menjadi data scientist. DQLab juga menyediakan sejumlah modul pembelajaran gratis, loh untuk kalian coba praktikkan. Sehingga kalian memiliki gambaran umum belajar melalui DQLab.


Data Scientist


Jika kalian terdaftar sebagai member Platinum, kalian bisa mengakses semua modul pembelajaran. Mulai dari R, Python, SQL, dan Excel. Skill kalian akan lebih matang lagi.


Data Scientist


Yuk, segera lakukan Sign Up dan persiapkan diri untuk menjadi seorang data scientist profesional bersama DQLab!


Penulis: Dita Feby

Editor: Annisa Widya


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :