GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 45 Menit 51 Detik 

Simak 4 Skill Wajib Data Scientist, Bekal Berkarir 2022

Belajar Data Science di Rumah 22-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/07491e094db530142f72a50620cc6560_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman apakah kalian pernah mendengar ilmu data science? Ya, data science merupakan ilmu yang mempelajari tentang data. Saat ini data science pun sudah semakin banyak diketahui dan dipelajari oleh orang-orang terutama yang ingin menjadi data scientist.


Dengan demikian, tidak heran pula jika kita sering menjumpai banyak orang yang bertanya atau mencari tahu apa saja skill data scientist. 


Menjadi seorang data scientist saat ini adalah salah satu profesi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan usia dan berbagai latar belakang pendidikan. Data scientist secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan mulai dari mengumpulkan data, mengintegrasi data, preprocessing data, analisis data, sampai interpretasi data dan menyampaikan hasil analisis kepada klien.


Kini yuk simak apa saja skill yang harus dimiliki data scientist!


1. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan kumpulan kode yang berisi perintah untuk dieksekusi oleh komputer. Bagi data scientist, memiliki skill bahasa pemrograman ini adalah suatu keharusan. Dengan mengerti dan menguasai bahasa pemrograman yang nantinya akan diaplikasikan dalam proses analisis data akan memudahkan data scientist. 


Beberapa contoh kegunaan bahasa pemrograman adalah data scientist dapat menentukan data mana yang akan diolah serta prosedur pengolahan data yang sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Terdapat beberapa macam bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh data scientist yaitu Python, R, Microsoft Excel, SQL.


data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Ilmu Peluang

Salah satu skill yang tidak kalah pentingnya untuk dimiliki oleh data scientist adalah ilmu peluang atau yang biasa dikenal dengan ilmu statistik. Seperti yang kita ketahui bahwa ilmu statistik dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti memprediksi prakiraan cuaca, menghitung peluang suatu kejadian, dan masih banyak lainnya. 


Statistik pun memiliki beberapa teknik yang perlu dikuasai untuk membantu proses pengolahan data science. Oleh karena itu, bagi data scientist pun perlu memiliki kemampuan statistik dari dasar agar pada saat proses pengolahan data dapat menerapkan teknik analisis data statistik yang sesuai dengan keperluan dan tujuan penelitian.


data scientist


3. Data Mining

Data mining atau penggalian data merupakan metode atau proses mengekstraksi pola dari suatu data. Data mining ini tidak hanya dipelajari oleh orang yang belajar matematika, statistika dan ilmu komputer dalam perkuliahan saja. Akan tetapi, penerapan data mining ini sudah sering diterapkan untuk mempermudah pekerjaan bahkan oleh perusahaan-perusahaan besar. 


Apalagi saat ini kita sedang di era big data, yang mana proses pengolahan datanya sangat kecil kemungkinannya jika dilakukan secara manual sehingga memerlukan data mining untuk memudahkannya. So, terus pelajari dan kuasai data mining ya!


data scientist


4. Data Storytelling

Seperti yang telah kita ketahui bahwa storytelling adalah proses menceritakan suatu peristiwa dengan bahasa serta visual yang mudah dimengerti oleh pendengar atau audience. Begitu pula dalam hal data, skill data storytelling adalah nilai tambah bagi data scientist. 


Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan 'bahasa data' tidak semuanya dimengerti oleh pendengar. Oleh karena itu skill storytelling dalam hal data ini menjadi penting agar pendengar dapat mengerti apa yang disampaikan dan hasil analisis data yang telah dikemas dengan singkat, padat, jelas, dan menarik.


data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Menjadi seorang data scientist sama seperti profesi lainnya, yaitu memerlukan skill atau kemampuan khusus untuk memudahkan dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya. Beberapa skill data scientist itu dapat kalian pelajari dan kalian asah di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama terkait perekrutan profesi data analyst baik sebagai pekerja tetap atau sebagai informasi magang.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :