GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 6 Jam 55 Menit 3 Detik 

Simak Benefit yang Bisa Diperoleh dengan Belajar Data Science Gratis

Belajar Data Science di Rumah 24-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/555f223f5cf9d4f74ae743208f8625ad_x_Thumbnail800.png

Belajar data science gratis, kenapa tidak? Topik data science makin gencar dibahas di berbagai platform baik media sosial, blog, dan lain sebagainya. Peralihan aktivitas ke digital mendorong perusahaan untuk menerapkan alat atau sistem yang baik untuk menyimpan dan mengelola data. Dalam perusahaan pasti perlu adanya evaluasi atau hal lainnya yang mendukung perkembangan bisnis perusahaan. Nah, perusahaan bisa menggunakan kembali data yang telah tersimpan sebagai bahan penelitian di dalam atau diluar perusahaan. Data yang diolah tersebut akan menghasilkan informasi atau insight bagi perusahaan dan menjadi dasar pengambilan keputusan selanjutnya. 


Data science adalah ilmu yang saat ini tenar digunakan untuk keperluan pengolahan data di perusahaan atau instansi pemerintahan. Data science berfungsi memudahkan proses pengolahan data hingga penyajian data agar lebih efektif dan efisien. Ilmu ini menerapkan algoritma yang sanggup mengolah data dalam jumlah besar dan beragam untuk menemukan pola serta insight dibalik suatu kumpulan data. Tugas ini dikerjakan oleh seorang praktisi data seperti Data Scientist dan Data Analyst. Lahirnya data science juga menarik banyak orang untuk mempelajarinya baik orang dengan latar belakang STEM maupun yang tidak. Belajar data science gratis mulai banyak dicari terutama para pemula yang penasaran dengan data science. Lalu, apa saja sih benefit yang bisa didapatkan jika kita belajar data science gratis? Yuk, simak dibawah ini!


1. Pemahaman Data Science

Benefit pertama yang diperoleh saat belajar data science gratis adalah kamu akan lebih memahami secara mendalam tentang data science. Sebelum terjun lebih dalam menggunakan metode atau tools data science, ada baiknya memahami terlebih dahulu data science. Dengan begitu kamu akan tahu pengertian data science, asal-usul data science, tujuan diterapkannya data science, bahasa pemrograman yang digunakan untuk data science, jenis-jenis data pada data science, hingga bagaimana menemukan pola atau informasi yang ada di balik suatu kumpulan data. DQLab menyediakan modul untuk belajar data science secara gratis bagi siapa saja seperti pemula yang tertarik belajar data science.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Pemrograman Dasar 

Data science terdiri dari tiga bidang ilmu yaitu matematika, statistika, dan pemrograman. Jika kamu belajar data science, maka kamu juga harus belajar pemrograman. Dengan belajar data science gratis, kamu akan belajar bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk data science yaitu Python dan R mulai dari dasar. Biasanya yang dipelajari yaitu pengenalan bahasa pemrograman, library yang tersedia untuk data science, bagaimana cara menuliskan kodenya, fungsi-fungsi yang memudahkan pengolahan data science, dan pada kondisi seperti apa fungsi tersebut bisa digunakan. Kamu bisa mengulanginya terus menerus agar tidak lupa dan terbiasa menuliskan kode-kode program baik dengan Python ataupun R. Di DQLab jika kamu mengalami kesulitan menyelesaikan pembelajaran atau modul, kamu bisa bertanya di grup discord. Grup discord ini menghubungkan teman-teman lainnya yang sedang belajar data dan juga mentor data. 


3. Sertifikat Gratis

Benefit selanjutnya saat kamu belajar data science gratis melalui kursus data science adalah mendapatkan sertifikat gratis. DQLab mempunyai dua modul gratis yaitu untuk belajar Python dan R. Setiap modul yang sudah berhasil diselesaikan akan mendapatkan sertifikat yang menunjukkan bahwa kamu sudah mempelajari materi tersebut dengan baik. Nah, sertifikat ini bisa kamu unggah di media sosial seperti Instagram atau LinkedIn sebagai bukti pencapaianmu. Sertifikat yang diperoleh dari hasil belajar juga bisa menambah nilai kemampuanmu di bidang data, loh! Namun tentu ini juga tergantung keputusan masing-masing perusahaan. Meski begitu, jangan patah semangat untuk terus belajar dan mengumpulkan sertifikat sebagai bukti pencapaian belajarmu. Pasti akan ada perusahaan yang tertarik dengan kemampuanmu. Good luck!


4. Komunitas Belajar Data Science

Belajar data science sekarang dapat dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja. Meski secara online, kamu tetap bisa berkomunikasi dengan teman-teman lain yang juga sedang belajar data science. Nah, komunitas ini akan membuat proses belajarmu lebih menyenangkan dan kamu juga bisa lebih bersemangat. Sekarang ini banyak komunitas data science yang bisa kamu ikuti. Disana kamu bisa mendalami ilmu data science bersama para mentor ataupun teman-teman senior di bidang data dan juga memperluas koneksi dengan orang-orang yang sudah terjun di bidang data. Dengan begitu kamu pun bisa menyerap ilmu lebih dan pengalaman-pengalamannya. DQLab juga sering mengadakan webinar ataupun workshop data science yang berkolaborasi dengan mentor data, perusahaan, atau universitas. Stay tune terus di Instagram dan website DQLab supaya tidak ketinggalan informasinya, ya!


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Perdalam Skill Data Science untuk Gapai Karir di Bidang Data

Siapa saja bisa berkarir di bidang data baik yang memiliki latar belakang IT maupun tanpa latar belakang IT. Saat ini banyak orang yang beralih profesi di bidang data. Hal ini menjadi fenomena tersendiri karena pentingnya data di era digital. Beberapa profesi yang banyak dicari di perusahaan antara lain yaitu Data Engineer, Data Scientist, Data Analyst, Business Intelligence, dan lain sebagainya. Python, R, SQL, Excel, Tableau adalah beberapa tools yang harus dikuasai jika ingin berkarir di bidang data. Tips untuk kamu yang ingin berkarir di bidang data, pahami terlebih dahulu tanggung jawab profesi tersebut dan skill apa saja yang wajib dikuasai agar kamu fokus mempelajarinya. Jangan lupa untuk mulai menyusun portofolio datamu, ya! Daftar di DQLab.id dan mulai belajar data science, yuk!




Penulis: Dita Kurniasari 

Editor: Annissa Widya


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :