DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 15 Jam : 35 Menit : 9 Detik

Yuk, Simak Cara Menganalisis Data dengan Excel!

Belajar Data Science di Rumah 08-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6041a3283e21624cf4db7f2ac7985231_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data merupakan suatu proses pengolahan data sehingga menjadi informasi yang diperlukan untuk memecahkan suatu permasalahan. Tujuan analisis data adalah untuk mendeskripsikan data yang kita miliki agar mudah dipahami kemudian menarik kesimpulan dari hasil analisis tersebut.


Analisis data terbagi menjadi analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang sifatnya kualitatif (tidak dalam bentuk angka). Sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang sifatnya kuantitatif (dalam bentuk angka).


Mau tau lebih lanjut terkait analisis data? Yuk kita bahas bersama DQLab!


1. Mengapa Kita Perlu Menganalisis Data?

Data merupakan informasi yang kita dapatkan baik itu secara langsung (data primer) maupun secara tidak langsung (data sekunder). Terkadang data yang kita dapatkan belum sesuai dengan yang kita inginkan. Jika kita membiarkan data tersebut begitu saja maka kita tidak bisa mendapatkan informasi apaun. Oleh karena itu kita perlu menganalisis data tersebut sehingga didapatkan hasil akhir berupa informasi yang valid.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Excel Sebagai Salah Satu Software Analisis Data

Excel merupakan salah satu software yang sering digunakan dikarenakan penggunaannya yang cukup mudah. Excel tidak hanya dapat digunakan untuk mengumpulkan dan menghitung data saja, tetapi Excel juga dapat digunakan untuk menganalisis data yang tergolong cukup mudah.


3. Analisis Data Menggunakan Excel

Jika kita ingin menganalisis data dalam Excel maka kita harus mengaktifkan Analysis ToolPak Excel. Setelah diaktifkan, maka kita dapat memilih beberapa analisi yang tersedia di Excel seperti Analisis Anova, Analisis Korelasi, Analisis Kovarian, Statistik Deskriptif, Exponential Smoothing, F-Test Dua Sampel untuk Variansi, Analisis Fourier, Histogram, Moving Average, Fungsi Angka Acak, Rank dan Persentil, Analisis Regresi, Sampling, T-Test dan Z-Test.


Baca juga : Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat


4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!