[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 46 Menit 23 Detik 

Simak Cara Menjadi Data Engineering bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 23-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bf56143ec92e0dd75092531abadd15b3_x_Thumbnail800.png

Data Engineering merupakan salah satu profesi bidang data yang tidak kalah menariknya dengan Data Scientist dan juga Data Analyst. Pada dasarnya, posisi Data Engineering merupakan posisi dengan peranan yang cukup penting bagi keberlangsungan Data Scientist dan Data Analyst karena Data Engineering bertugas untuk menyiapkan data mentah yang belum memiliki susunan yang rapi menjadi data yang siap untuk digunakan oleh Data Scientist dan juga Data Analyst.

Lalu jika seorang Data Engineering memegang peranan yang sangat penting, bisakah posisi tersebut ditempati oleh pemula? Tentu saja bisa, bahkan meskipun orang tersebut tidak memiliki background STEM sekalipun. Namun, proses pembelajaran yang dibutuhkan jika tidak memiliki background pendidikan STEM sebelumnya harus lebih ekstra dibandingkan dengan yang lainnya. Nah, dalam artikel ini akan dibahas bagaimana caranya untuk menjadi seorang Data Engineer bagi pemula. Penasaran kan? Yuk, check it out!

1. Pahami System Scripting

Data Engineering akan banyak bermain dengan scripting, entah itu dalam proses mendapatkan data atau mungkin dalam proses manajemen data. Scripting ini merupakan proses penerjemahan perintah menjadi kode-kode yang dapat digunakan untuk mendapatkan data, menerjemahkannya, dan juga manajemen data. Data mentah yang tidak diubah melalui proses ETL tentunya akan menambah pekerjaan dari Data Analyst ataupun Data Scientist sehingga waktu yang ada tidak dapat digunakan secara efektif.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Kuasai Beberapa Bahasa Pemrograman

Berkaitan dengan system scripting, maka hal lain yang harus kamu miliki sebagai bekal untuk menjadi Data Engineering adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini akan sangat berguna ketika kamu berhadapan dengan data mentah, misalnya untuk menarik data dari situs web, mengembangkan perangkat lunak, system scripting, serta untuk manajemen data agar menjadi lebih terstruktur dan mudah diolah. Contoh bahasa pemrograman yang harus dikuasai adalah Python, SQL, Java, dan masih banyak lagi.

3. Cloud Platform

Langkah selanjutnya adalah dengan mulai belajar dan memahami cloud platform. Cloud platform merupakan tempat penyimpanan yang memungkinkan kita untuk menyimpan data dalam berbagai volume bahkan dalam ukuran yang sangat besar sekalipun. Pada dasarnya cloud computing ini merupakan teknologi yang menggabungkan teknologi komputerisasi dengan server internet, sehingga penggunanya dapat mengakses datanya kapanpun dan dimanapun selama tersedia internet. Amazon Web Service menjadi salah satu cloud platform yang paling banyak digunakan.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                       

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!