TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 26 Menit 25 Detik 

Simak Keunikan dan Menariknya Ilmu Data Science

Belajar Data Science di Rumah 16-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0d4e4e45c909adc56de4906c02cdf929_x_Thumbnail800.jpg

Salah satu keunikan dari ilmu Data Science yakni cakupan ilmu yang menggabungkan banyak ilmu, mulai dari ilmu matematika, statistics, engineering, dan bisnis. Menyeimbangkan pengetahuan dalam berbagai bahasa pemrograman komputer dengan pengalaman canggih dalam penambangan data dan visualisasi sehingga dapat membuat keputusan lebih baik. Profesi yang bergerak dalam bidang data Science memiliki berbagai macam jenis yaitu data scientist, data analyst, data engineer dan masih banyak lagi profesi lainnya. Menurut DJ Patil, U.S Office Data Analyst, data scientist adalah seseorang yang bisa menghasilkan insight dan visualisasi atas data yang telah diolah. Artinya adalah seseorang yang bisa menceritakan sesuatu dari kumpulan data yang banyak. Profesi data scientist merupakan seorang profesional yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan sejumlah besar data untuk menganalisis informasi ke dalam rencana yang dapat ditindaklanjuti untuk perusahaan. Dilansir dari Forbes, data science merupakan ilmu yang kian diminati di era big data khususnya di Indonesia sendiri. Hal ini ditunjang juga melalui ulasan yang dipublikasikan oleh Harvard Business Review yang menyatakan bahwa pekerjaan dalam bidang data science dinilai menggiurkan dan menjanjikan. Dengan demikian pantas kiranya apabila disematkan julukan "the sexiest job of the 21st century" akibat permintaan profesi bidang ranah data yang semakin banyak diminati.


Menurut Glassdoor, pada tahun 2016 Data Science adalah bidang pekerjaan dengan bayaran tertinggi. Tentu saja, hal ini mengikuti hukum dasar ekonomi yaitu penawaran dan permintaan. Di mana permintaan akan Data Science yang sangat tinggi, sementara penawarannya terlalu rendah. Meski begitu, industri ini masih di atas rata-rata dalam hal gaji. Hal yang sama terjadi pada industri saat ini. Permintaan akan talenta dengan skill pengolahan data menjadi sangat tinggi, sementara sumber daya manusia yang ada masih terbatas, sehingga gajinya masih terbilang tinggi dan membuat banyak orang ingin mempelajari Data Science. Melihat perkembangan dan situasi ranah data science, sahabat data tentunya penasaran apa sih yang menyebabkan data science ini terbilang unik, menarik dan banyak diminati oleh kalangan data enthusiast. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai apa saja keunikan dan menariknya ilmu data science yang kini menjadi incaran bagi jobseekers maupun yang masih dalam tahap belajar ilmu data science. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi bagi kalian calon praktisi data maupun data enthusiast. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1.Bisa Menghasilkan Insight Walaupun Datanya Tidak Terstruktur

Ada lebih banyak data daripada yang bisa dianalisis, untuk mendapatkan informasi yang menarik berdasarkan data mentah yang telah diolah. Dalam konteks tersebut, data science adalah sarana kami untuk membantu menjinakkan informasi yang tidak terstruktur dan mengumpulkan wawasan (insights). Seperti halnya, seorang sosiolog budaya dan mempelajari ilmu data penting bagi saya karena orang-orang mengunggah banyak teks yang mungkin memberitahu kita tentang pandangan dunia dan nilai-nilai mereka, jika saja kita tahu cara menganalisisnya. Berdasarkan penuturan dari pakar professional data, mengatakan bahwa menariknya ilmu data terdapat tiga jenis hasil yang signifikan: penemuan, wawasan, dan inovasi. Sebagai ilmuwan di bidang data, mereka selalu melakukan analisis data, dan menemukan algoritma yang menarik secara matematis yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi kumpulan data besar dengan cara baru untuk mencapai hasil yang baru.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2.Layaknya Seorang Detektif untuk Menemukan Teka-Teki suatu Data

Menjadi ilmuwan data pada dasarnya memiliki pekerjaan sebagai detektif, seperti halnya tokoh Sherlock Holmes modern. Industri ini sangat bagus untuk mereka yang memiliki pikiran ingin tahu yang suka memecahkan teka-teki sehari-hari. Bekerja dengan data memungkinkan Anda bermain dengan pengetahuan. Menurut Godefroy Clair, CTO Flylab sebuah perusahaan pesawat terbang mengungkapkan bahwa ilmu data adalah cara untuk menjadi seorang detektif. Untuk setiap kasus baru, Anda harus masuk ke bidang baru untuk mencoba memahami cara kerjanya, memijat data sampai Anda memahaminya, mencoba memperoleh semua pengetahuan di bidang tersebut tanpa menjadi spesialis. Dan karena saya sangat ingin tahu tentang teknik yang sangat berbeda dalam sains, bagi saya, itulah yang saya inginkan.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


3.Bisa Dipelajari oleh Siapa Saja 

Kebayang tidak sahabat data jika ilmu data science merupakan gabungan dari semua disiplin ilmu. Kabar baiknya ilmu Data Science merupakan bidang ilmu yang bisa dipelajari oleh siapapun, tanpa membutuhkan background pendidikan tertentu. Memang, bagi mereka yang memiliki latar belakang pendidikan Science, Technology, Engineering, Math (STEM) akan memudahkan mereka dalam memahami ilmu Data Science. Tapi tidak menutup kemungkinan, kamu yang tidak memiliki background pendidikan STEM juga bisa bersaing dengan mereka yang sudah lebih dulu memiliki bekal Data Science


4.Permintaan Profesi Ranah Data yang Semakin Besar

Di Indonesia, perkembangan teknologi mulai membawa Indonesia ke arah revolusi industri 4.0. Revolusi industri gelombang keempat ini diawali dengan revolusi internet yang dimulai tahun 90-an. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bahkan pernah menyebutkan, saat ini Indonesia sedang menyusun roadmap industri 4.0 yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri nasional di kancah global. Serta, dapat menjadikan Indonesia sebagai 10 besar ekonomi dunia di tahun 2030. Walaupun sejumlah profesi akan hilang dan dikerjakan oleh mesin, namun sejumlah lapangan pekerjaan baru justru akan muncul. Salah satunya adalah pekerjaan yang berkaitan dengan data. Sebuah data menyebutkan, profesi Data Scientist kini semakin banyak dicari. Lowongan pekerjaan untuk ranah tersebut meningkat sebesar 75 persen pada periode Januari 2015 hingga Januari 2018 di Amerika Serikat. Sementara itu, pencarian posisi Data Scientist oleh para pencari kerja meningkat sebesar 65 persen dalam periode yang sama


5.Belajar Data Science Di Rumah Aja Yuk Bersama DQLab!

Tidak memiliki background di bidang IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa untuk mendapatkan kesempatan untuk menguasai ilmu data science secara otodidak di rumah aja. Data science identik dengan ilmu yang paling "hot" di industri data. Dengan mempelajari Data Science, kamu akan terlatih dan terbiasa untuk menghasilkan informasi dari olahan data mentah dan insight yang valuable. Apalagi sekarang ini, profesi data scientist menjadi salah satu profesi yang termasuk kedalam "Sexiest job of the 21st century" versi Harvard Business Review. Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara otodidak, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id/signup. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan cobain free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten!


Penulis: Reyvan Maulid Pradistya


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!