Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Simak Macam Operasi Python & Perbedaannya

Belajar Data Science di Rumah 15-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-01-2023-07-15-024122_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi saat ini menuntut beberapa orang agar bisa terus update terhadap perkembangan ilmu dan teknologi sehingga bisa menyeimbangkan atau menyelaraskan dengan keadaan masa kini. Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan menguasai bahasa python. Bahasa python hampir sama dengan bahasa pemrograman lainnya yang memiliki berbagai macam operasi yang dapat diterapkan dalam python. 


Mode operasi dalam python terdiri dari berbagai macam, bagi pengguna baru ada kalanya masih belum menyadari mode operasi apa yang sedang mereka gunakan. Beberapa mode operasi yang dapat diterapkan dalam python antara lain mode operasi script, mode operasi interactive, atau bahkan bisa pula dilakukan dengan cara menginstall Thony IDE. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait macam operasi dan beberapa perbedaannya, yuk simak artikel berikut ini!


1. Mode Operasi Script

Mode operasi yang dapat diterapkan dalam python salah satunya adalah mode operasi script. Mode operasi script ini pengguna dapat menuliskan program python di dalam file yang nantinya dapat disimpan dan dieksekusi menggunakan command prompt dan dapat kita lihat sewaktu-waktu. Metode ini juga cocok untuk menulis kode yang panjang. Dalam penggunaannya, pengguna perlu membuka IDE (integrated Development Environment) seperti PyCharm atau VisualStudio Code.

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Mode Operasi Interactive

Jenis mode operasi yang dapat diterapkan di python lainnya adalah mode operasi interactive, yaitu menjalankan perintah untuk mengeksekusi program atau kode per baris sehingga pengguna dapat memahami eksekusi kode dengan baik. Mode operasi ini cocok digunakan untuk menjalankan python dengan kode singkat dan bisa digunakan pada command prompt atau terminal. Mode operasi interaktif ini dikenal sebagai REPL juga, yaitu merupakan singkatan dari Read, Evaluate, Print, dan Loop. 

Python


3. Perbedaan Script vs Interactive

Pada bagian sebelumnya kita telah mengetahui secara singkat terkait mode operasi script dan mode operasi interactive. Masing-masing mode operasi script ini memiliki karakteristik serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa perbedaan antara mode operasi script dan mode operasi interactive antara lain:

  • pada mode script, program python ditulis di dalam file sedangkan dalam mode interaktif pernyataan ditulis di dalam command prompt

  • pada umumnya mode script lebih cocok digunakan untuk program yang panjang, dan dalam mode interaktif lebih cocok untuk program yang singkat atau pendek.


4. Menginstall Thony IDE

Selain dua mode operasi di atas, pengguna juga dapat memilih dengan menginstall Thony IDE. Dalam menginstall ini pengguna tidak perlu menginstall python secara terpisah karena Thony IDE termasuk merupakan shortcut untuk menggunakan python. Berikut ini langkah-langkah menjalankan python menggunakan Thony IDE.

  • Download dan install Thony IDE di komputer

  • Buka menu File > New, lalu save file dengan ekstensi .py

  • Tuliskan kode python untuk program yang ingin dibuat, lalu simpan file

  • Jalankan program yang telah ditulis 

Python



Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Mode operasi dalam python terdiri dari berbagai macam dan dapat digunakan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan pengguna. Namun sebelumnya kita juga perlu mempelajari secara singkat terkait dasar0dasar bahasa python yang dapat dipelajari di modul-modul yang ada di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login