GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 0 Menit 28 Detik 

Simak Manfaat Machine Learning untuk Industri di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 01-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9a89ca70bfbf846980742bff0af223fe_x_Thumbnail800.jpg

Teknologi yang semakin maju saat ini banyak memberikan manfaat dalam mempermudah pekerjaan manusia. Hal ini juga berdampak dalam bisnis. Salah satu teknologi yang sedang hangat diperbincangkan adalah machine learning. 


Apa itu? Machine learning adalah sistem yang mampu belajar dengan sendirinya tanpa harus diprogram ulang secara berkala. Tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar, machine learning juga dapat diterapkan untuk perusahaan kecil tergantung tujuan dibangunnya machine learning.


Seringkali machine learning dan AI dianggap sama. Keduanya memang saling terkait dimana machine learning adalah bagian dari AI. Machine learning dikembangkan berdasarkan disiplin ilmu seperti matematika, statistika. Untuk menerapkan machine learning kita perlu paham dulu data yang digunakan serta tujuan membangun machine learning. 


Sehingga kita dapat menentukan algoritma apa yang tepat. Hal ini krusial karena akan berdampak pada hasil atau output nantinya. Jika algoritmanya kurang tepat maka bisa jadi output kurang maksimal dan tidak bisa menyelesaikan masalah. Lalu sebenarnya seperti apa sih manfaat machine learning di lingkup industri digital? Simak dibawah ini, yuk!


1. Membantu Pemrosesan Big Data

machine learning


Penggunaan aplikasi atau software yang hampir mencakup seluruh aktivitas manusia sekarang ini cukup memberikan dampak baik positif maupun negatif. Salah satunya yang terlihat adalah data yang semakin bertumpuk. Selama terjadi aktivitas pada aplikasi atau software maka data akan terus bertambah. Machine learning dapat menjadi solusi dalam memproses data-data tersebut. 


Data dengan berbagai macam jenis, jumlah yang banyak, dan bertumbuh dalam waktu yang relatif singkat disebut Big Data. Jika diproses secara manual tentu akan sangat lama dan mungkin saja terjadi human error. Dengan machine learning pekerjaan tersebut akan sangat terbantu karena dapat memproses Big Data yang mana hasilnya dapat digunakan sebagai pertimbangan keputusan bisnis kedepannya. 


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Sistem yang Otomatis

machine learning


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa machine learning merupakan sebuah sistem yang mampu belajar sendiri tanpa arahan atau campur tangan manusia. Algoritma machine learning memungkinkan sistem bekerja secara otomatis sesuai dengan perintah yang diterapkan dan akan menghasilkan output yang sesuai. 


Dalam bisnis algoritma machine learning sudah digunakan contohnya seperti chatbot dan image recognition. Sebenarnya fitur ini tanpa disadari sudah kita gunakan seperti chatbot. Jika kita ingin mencari informasi mengenai suatu hal pada sebuah aplikasi kita akan menanyakannya pada cs. Di fitur chat ini kita saat kita menanyakan hal yang sering ditanyakan oleh pelanggan lain, chatbot akan menjawab pertanyaan tersebut secara otomatis. 


3. Identifikasi Trend Lebih Mudah

machine learning

Dalam bisnis mengetahui trend yang sedang berkembang di masyarakat merupakan hal penting. Dengan mengetahui trend, perusahaan dapat memperbaharui strategi pemasaran atau bahkan meluncurkan produk baru. Sehingga perusahaan dapat bersaing dan lebih maju dari kompetitornya. 


Machine learning berguna untuk memperoleh data penjualan atau data lainnya dari bisnis yang berjalan tersebut. Algoritma machine learning akan melakukan prediksi terhadap trend di masa depan yang mana informasi ini dapat menjadi informasi yang berguna bagi perusahaan. Informasi ini bisa menjadi solusi permasalahan yang ada seperti rekomendasi produk, memberikan penawaran, giveway, dan lainnya yang dapat memaksimalkan keuntungan untuk perusahaan. 


4. Mempermudah Terkait Operasional

machine learning


Penerapan machine learning dalam bisnis juga dapat memudahkan sistem operasional di perusahaan. Selain itu juga dapat diandalkan untuk melakukan inovasi produk dalam bisnis. Perusahaan dapat menerapkan machine learning dalam penyediaan layanan misalnya analisis komentar pelanggan sehingga dapat menjadi evaluasi bisnis atau perusahaan. Hasil evaluasi yang diperoleh dari analisis bisa menjadi penentu langkah bisnis kedepannya agar perusahaan semakin maju. 


Dalam suatu perusahaan biasanya ada yang namanya evaluasi kinerja karyawan. Nah, machine learning juga bisa loh dipakai untuk keperluan tersebut. Disamping lebih cepat informasi yang didapatkan mengenai kinerja karyawan, juga dapat menjadi pertimbangan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan yang berdampak pada peningkatan kinerja.

 

Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Dari yang sudah dibahas pada poin-poin diatas, sahabat DQ sudah paham bukan seperti apa manfaat machine learning dalam bisnis. Melihat kebutuhan tersebut, sekarang skill machine learning menjadi skill wajib jika ingin menjadi praktisi data seperti Data Analyst dan Data Scientist. 


Pemula juga bisa loh jadi praktisi data. Dengan tekun berlatih dengan data dan metode-metodenya adalah langkah awal menjadi praktisi data handal. Bingung mulai dari mana? Yuk, bergabung kursus data science di DQLab.id! Tersedia modul-modul terstruktur yang akan membantu kamu belajar data dari nol. Dapatkan juga sertifikat di setiap penyelesaian modulnya. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :